Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al Qur’an, Sudah Tahu?

0
171
cara menjadi orang sukses menurut Alquran

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an – Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam kehidupan oleh para umat muslimin yakni bagaimana cara menjadi orang sukses menurut Alqur’an.

Sukses itu maknanya luas, sehingga jika umat muslim menginginkannya maka perlu distandarisasi dengan pedoman berupa Alqur’an.

Sobat Cahaya Islam, kegigihan dan ketekunan untuk mempelajari cara menjadi orang sukses menurut Alquran tentu perlu strategi. Lantas, bagaimana umat muslim menyikapinya?

Pentingkah Mempelajari Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al Qur’an?

Di era serba canggih seperti sekarang, ada banyak cara menjadi orang sukses menurut Alqur’an. Hanya saja, di awal, pemuda perlu memahami bahwa menjadi sukses bukan hanya sekedar punya banyak uang, bergelimang harta maupun lainnya.

Sukses menurut Alqur’an yakni para pemuda mampu mengoptimalkan peran sebagai muslim sejati. Mengapa? Sebab tujuan utama kehadiran umat di dunia yakni lantaran untuk beribadah.

Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Sebagai bonus, kesuksesan yang diraih para pemuda muslim di dunia tentu juga dibarengi dengan beragam kenikmatan yang ada.

Misal berlimpahnya harta serta kehidupan yang berkecukupan pun juga dengan kebahagiaan dalam dunia.

Bila tidak kaya, apakah tidak sukses? Belum tentu. Sebab kenikmatan yang Allah berikan bukan hanya terlihat secara kasat mata saja.

Namun juga ada hal tidak terbersit yang Allah berikan. Misal berupa rezeki kesehatan serta keluarga yang menjadi qurrota a’yun. Lantas, bagaimana cara mensukseskan diri menjadi orang sukses?

Cara Menjadi Orang Sukses menurut Al Qur’an

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemuda muslim untuk bisa sukses ala Alqur’an. Beberapa diantaranya yakni :

1.    Menyegerakan Kebaikan

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mengamalkan salah satu ayat Alquran yakni untuk senantiasa berlomba – lomba dalam kebaikan.

cara menjadi orang sukses menurut Alquran

Kebaikan tentu saja harus dikejar dan selalu diusahakan. Sebab hadirnya juga perlu diupayakan. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 148 :

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Kesungguhan niat para pemuda muslim akan kebaikan tentu akan menjadi poin tambahan tersendiri bagi dirinya untuk menjadi sosok yang lebih bertaqwa.

Selain itu, berlomba – lomba dalam kebaikan juga dapat menjadi aktivitas yang bisa diteladani oleh pemuda muslim lainnya.  

2.    Menjaga Keluarga dari Api Neraka

Kesuksesan lainnya yakni sukses mewujudkan kehidupan bahagia layaknya kehidupan akhirat. Memang tidak ada manusia sekalipun yang memahami kondisi kehidupan di akhirat.

Gambaran yang Allah telah berikan baik melalui nash maupun hadits lebih dari cukup menjadi bukti akan adanya kemuliaan tersendiri di dunia dan rasa peduli yang tinggi.

cara menjadi orang sukses menurut Alquran

Penjagaan diri dan keluarga akan menjadi titik balik bagi para orangtua untuk memberikan ruang terbaik dan tepat bagi anak – anaknya.

Menjaga diri dan keluarga merupakan aktivitas untuk menjangkau surga yang kelak akan tempat peristirahatan para umat yang beriman dan bertaqwa. Kebersegaraan para orang tua juga perlu disupport dengan pemberian fasilits dan kebutuhan yang memadai. Hal ni sebagaimana yang telah Allah sampaikan dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara menjadi orang sukses menurut Alqur’an dan beberapa tips yang bisa dilakukan. Semoga ulasannya bermanfaat. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY