Orang-orang yang Diberi Naungan Oleh Allah (Bagian 7)

0
396

Halo sahabat pembaca cahayaislam yang diridhoi oleh Allah. Sudah sejak beberapa minggu lalu terakhir kami membawakan pembahasan lanjutan dari seri 7 orang yang akan diberi naungan oleh Allah di hari kiamat. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merampungkan pembahasan tentang hadits Rasulullah yang tertera dalam riwayat Bukhari 6806. Penasaran siapa sih golongan orang ke 7 yang dijanjikan Allah mendapatkan naunganNya kelak di hari kiamat? Cek langsung aja deh:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلاَمٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّه …. وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا، حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا صَنَعَتْ يَمِينُهُ

Tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan dimana saat itu tidak ada naungan apapun kecuali naungan Allah di hari kiamat. Dan Seorang yang bershodaqoh sesuatu dan dia menyembunyikan shodaqoh tersebut hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di shodaqohkan tangan kanan-nya.

Orang yang suka Riya’ jangan harap mendapatkan naungan dari Allah!

Melakukan suatu pengamalan dalam konteks ini adalah bersedekah, merupakan suatu hal yang mulia dan baik untuk dilakukan. Namun, anda harus ekstra hati-hati dalam hal ini. Anda harus tahu betul apakah niyat anda dalam bersedekah itu sudah benar-benar mukhlis mencari rahmat dan ridho dari Allah, atau memang ada udang di balik batu?

Banyak fenomena di sekitar kita tentang seseorang yang beramal dan melakukan sedekah kepada orang yang membutuhkan, namun dia membawa pihak-pihak yang bisa mempublikasikan kegiatan tersebut kepada khalayak ramai. Atau gampangnya yang paling sederhana dan sering sekali terjadi di zaman sekarang adalah orang yang memposting amal sedekahnya di sosial media dengan niyat pamer. Bila anda termasuk orang-orang jenis ini, maka jangan harap anda termasuk dalam golongan ke 7 yang dimaksudkan dalam hadits ini.

*Artikel terkait pembahasan detail tentang hal ini bisa diintip DISINI

Rasulullah sendiri lebih menyukai kaumnya yang bersedekah dengan diam-diam tanpa orang mengetahuinya. Cukuplah Allah semata yang tahu tentang seberapa banyak jumlah sedekah yang kita berikan. Orang lain tak perlu tahu tentang hal itu. Dengan membudayakan hal tersebut (walau dalam sedekah sekecil apapun). Insha Allah sobat akan tercengang kelak di hari kebangkitan karena tiba-tiba Allah menghadiahi anda dengan sebuah naungan mulia dari-Nya kepada anda.

Nah, itulah kira-kira sedikit ulasan dari tim cahayaislam tentang tujuh golonga orang yang akan diberi naungan oleh Allah kelak di hari kiamat. Semoga kita bisa menjadi salah-satu dari mereka yang mendapatkan atas hal itu kelak nanti ketika hari kebangkitan tiba. Jangan lupa untuk komentar dan nantikan artikel-artikel kami lainnya ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!