Brucellosis Adalah Infeksi Bakteri Baru yang Menggegerkan Warga China, Simak Solusi dari Islam Berikut Ini!

0
31

Brucellosis Adalah – Lagi-lagi publik kembali dibuat heboh akibat adanya wabah baru yang muncul dari China. Brucellosis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri hewan yang berpindah ke manusia. Sebanyak 3.245 warga China dilaporkan telah terjangkit infeksi ini.

Munculnya wabah baru ini diduga akibat terjadinya kebocoran sebuah pabrik biofarmasi yang terletak di salah satu sudut kota China. Bentuk serta penyebaran bakteri baru ini memang tak jauh berbeda dari Corona Disease-19 (Covid-19) yang kini telah mewabah sejak awal 2020 lalu. Brucellosis adalah infeksi yang berasal dari bakteri pada hewan yang dapat menyebar melalui udara.

Pada umumnya, orang bisa terinfeksi bakteri ini melalui makanan yang berasal dari hewan, misalkan susu mentah yang tak melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Selain melalui udara, bakteri ini juga bisa menginfeksi manusia pada saat bersentuhan langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Ada beberapa jenis hewan yang biasanya terinfeksi bakteri ini, misalkan sapi, kambing, domba, anjing dan babi. Saat Anda terinfeksi, gejalanya dapat muncul kapan saja, kadang muncul dalam beberapa hari bahkan beberapa bulan setelah Anda kontak langsung dengan hewan tersebut. Gejala infeksi brucellosis tak jauh berbeda dengan flu.

Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi bakteri ini, adalah dengan menjaga kebersihan diri. Terlebih bagi seorang muslim, dalam ajaran agama kebersihan merupakan sebagian dari keimanan.

Solusi Terhindar dari Brucellosis Adalah Menjaga Kebersihan, Bagaimana Islam Menjaga Kebersihan?

Salah satu upaya pencegahan dari berbagai penyakit yang dianjurkan Rasulullah adalah dengan menjaga kebersihan. Dalam Islam kebersihan serta kesehatan memang menjadi poin penting dan mendapatkan perhatian yang besar. Bahkan sebelum melakukan ibadah shalat atau membaca Al-Quran, Islam mewajibkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu.

Dalam hal menjaga kebersihan, Rasulullah SAW menerapkan beberapa ketentuan berikut,

Kebersihan Individu

Ketentuan yang ditetapkan dalam kebersihan individu ini adalah mandi dan berwudhu yang menjadi syarat sah atau tidaknya suatu ibadah yang kita lakukan.

Kebersihan Lingkungan

Jika individunya sudah bersih, namun lingkungannya belum, maka sama saja, berbagai penyakit masih bisa datang dengan mudah. Kebersihan lingkungan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW meliputi kebersihan air, jalanan, wadah bernaung, tempat ibadah, makan dan minum serta aspek lainnya yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Menjaga diri dari makanan yang haram juga menjadi bagian dari menjaga kebersihan. Karena dari makanan inilah sumber terbesar penyakit yang ada pada manusia. Misalkan larangan untuk mengkonsumsi makanan mentah.

Orang-orang yang bersih dan selalu menjaga kesucian diri tak hanya menjadi orang yang dicintai oleh Allah SWT, orang-orang ini juga mendapatkan fasilitas surga nantinya. Bahkan sangking cintanya Allah kepada mereka, Allah memperbolehkan untuk mereka masuk ke dalam surga melalui pintu apapun yang mereka sukai.

Nabi Muhhammad SAW telah menyinggung mengenai pentingnya menjaga kebersihan ini, serta ganjaran bagi mereka yang senantiasa menjaga kesucian diri dan lingkungannya,

“Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berdoa, aku bersaksi tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Lalu ia berujar, Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang disucikan (dibersihkan). Maka terbukalah seluruh pintu-pintu surga yang berjumlah delapan (bagi orang yang disucikan/dibersihkan) dari mana ia suka.” (HR. At Tarmidzi: 55)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!