Hati Yang Bahagia, Ini Beberapa Hal Penting Yang Perlu Anda Lakukan Menurut Islam!

0
266
Hati Yang Bahagia dan Yang Perlu Dilakukan

Hati yang bahagia – Dalam hidup, tentu saja setiap orang mendambakan hidup yang bahagia. Bukan hanya kebahagiaan secara materi, namun juga kebahagiaan hati. Tanpa kita sadari, permasalah hidup yang begitu pelik seringkali membuat kita lupa untuk merasa bahagia. Sehingga hati banyak dirundung kekhawatiran, kesedihan, kekecewaan dan perasaan-perasaan tidak enak lainnya. Dan tentu saja ini membuat hidup kita menjadi tidak bahagia, karena hati yang tidak merasakan kebahagiaan.

Hati Yang Bahagia dan Yang Perlu Dilakukan

Kebahagiaan bukan hanya diwujudkan dengan pencapaian dalam hidup saja lho. Seperti prestasi yang tinggi, materi yang berlimpah, hidup yang serba enak. Tentu saja yang namanya hidup tidak akan terlepas dari masalah atau cobaan. Sehingga dalam posisi terbaik kita dalam hidup pun, selalu ada cobaan yang Allah selipkan. Lalu bagaimana untuk merasa bahagia dalam hati kita? Ada beberapa hal penting yang perlu untuk sobat CahayaIslam perhatikan.

Hati Yang Bahagia, Ini Hal Penting Yang Perlu Anda Lakukan Menurut Islam Untuk Berbahagia

Hati Yang Bahagia dan Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan

Hati yang bahagia bukan hanya menenangkan dan membuat hidup lebih tentram. Namun ini akan menjadi kekuatan bagi kita ketika kita merasakan kepahitan dalam hidup. Dengan senantiasa merasa bahagia, maka sebesar apa cobaan yang Allah SWT berikan akan mampu untuk dilewati. Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar hati senantiasa berbahagia. Seperti anjuran islam untuk bahagia.

Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.(1)

Sebagai seorang muslim, Allah bukan hanya memerintahkan untuk bergembira dengan segala rahmat yang Allah berikan. Namun juga Allah melarang kaum muslimin untuk lemah. Lalu hal penting apa saja yang harus dilakukan agar hati senantiasa merasa bahagia?

Bersyukur

Bersyukur adalah modal utama untuk kaum muslimin bisa berbahagia. Dengan bersyukur akan menghindarkan kita dari sifat mengeluh. Dan dengan itu hati akan selalu merasa bahagia. Ini karena kita tahu bahwa apa-apa yang Allah berikan adalah yang terbaik, dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Lalu kita akan bersyukur.

Berprasangka Baik

Hati Yang Bahagia dan Begini Menurut Islam

Nampaknya sederhana, namun ternyata sulit melakukannya. Kenapa kita tidak bahagia? Ini karena kurangnya diri kita untuk berprasangka baik. Baik kepada Allah atau kepada sesama. Berprasangka baik akan membantu kita untuk berpikir positif, dan ini membuat hati lebih tenang. Dengan ketenangan hati, maka akan mudah untuk merasa bahagia.

Hubungan Baik Dengan Sesama, Tidak Membenci

Agar hati bahagia, maka kuncinya adalah berhubungan baik dengan sesama. Dan jangan membenci, seburuk apapun perlakukan orang lain kepada kita. Karena membenci akan menjadi beban dan menghilangkan kebahagiaan dalam hati kita.

Dekat Dengan Allah SWT

Ini langkah penting untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup, yaitu dekat dengan Allah SWT. Sesulit apapun yang kita hadapi, seburuk apapun suasana hati kita. Semuanya akan baik-baik saja dengan adanya Allah, dan hati juga akan senantiasa bahagia.

Hati yang bahagia – adalah kunci untuk menikmati hidup dengan bahagia. Bahkan meskipun hidup tidak seindah dan sebaik yang dibayangkan. Namun kebahagiaan tentu saja berasal dari hati.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Yunus Ayat 58

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY