Billy Syahputra Selalu di Garda Terdepan Saat Takziah

0
50
Billy Syahputra

Billy Syahputra – Beberapa hari ini, nama Billy Syahputra akhirnya melambung tinggi sebab ikut menemani Amanda Manopo saat berduka karena berpisah dengan ibundanya. Sebelum Amanda Manopo, Ia juga sering menyempatkan takziah terlebih dahulu baik ke keluarga kerabat dekat maupun teman sejawat. Hal ini terbukti dari beberapa testimoni beberapa netizen yang biasanya mengamati aktivitas Billy pada unggahan media sosial maupun pemberitaan lainnya.

Sobat Cahaya Islam, sikap Billy Syahputra untuk menyegerakan takziah patut umat apresiasi. Sebab, tak semua umat dapat meluangkan waktunya, apalagi di masa pandemi sekarang menjadi salah satu faktor takziah mau tak mau harus ditiadakan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi lonjakan Covid-19.

Bagaimana Umat Merespon Sikap Billy Syahputra tersebut?

Sobat Cahaya Islam, perilaku Billy dalam merespon aktivitas takziah dapat umat teladani. Pandemi seharusnya tidak menjadikan umat berhenti mutlak untuk melakukan takziah. Sebab, takziah bisa saja umat lakukan tanpa harus melanggar protokol kesehatan.

Selain itu, urgensitas melakukan takziah adalah aktivitas sunnah yang wajib umat lakukan. Jadi, umat mendapat beberapa keistimewaan dari melakukan takziah. Namun, nampaknya aktivitas ini lama kelamaan mulai umat tinggalkan. Penyebabnya terkadang hanya hal sepele. Salah satu faktornya yakni karena takut akan pandemi.

Padahal, pandemi merupakan sebuah takdir dari Allah Ta’ala yang tak bisa umat hindari. Hanya saja, Allah SWT berikan sisi ikhtiar untuk manusia jalankan salah satunya dengan menjalankan protokol kesehatan. Tak ada jaminan memang bahwa umat akan terhindar dari virus walau datang ketika tak ramai orang bertakziah.

Hanya saja, umat dapat menjalankan aktivitas takziah melalui beberapa cara misalnya bila tidak datang tetap memberikan bantuan berupa do’a, dukungan moral maupun material. Memang cara tersebut tak dapat menggantikan aktivitas takziah secara mutlak, namun setidaknya dapat menjadi wasilah untuk meringankan beban umat berduka.

Apa Keistimewaan yang Umat dapatkan dari Melakukan Takziah?

Sobat Cahaya Islam, umat yang melakukan aktivitas kebaikan sesuai syariat Islam dengan ikhlas tentu akan mendapatkan balasan tersendiri dari Allah SWT. Hal tersebut sudah terjamin oleh Sang Pencipta. Tinggal umatnya apakah mau percaya dengan Allah SWT atau tidak. Berikut beberapa keistimewaan yang bisa umat dapatkan bila merutinkan aktivitas takziah :

1.    Mendapat Ridho dari Allah Ta’ala

Billy Syahputra

Hal pertama yang umat dapatkan yakni senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT. Umat muslim mana yang tak senang dengan ridho Allah SWT? Umat lebih baik tak disukai oleh para penduduk bumi daripada tak mendapatkan kasih sayang Allah yang tiada duanya. Masya Allah bukan?

2.    Senantiasa Menjadi Pengingat

Billy Syahputra

Selain mendapat ridho dari Allah SWT, umat juga memiliki pengingat tersendiri untuk selalu berbuat kebaikan dalam hidup. Seperti yang telah umat ketahui bersama, bahwa kematian adalah pengingat terbaik umat untuk agar dapat menghindari kemaksiatan. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yakni :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ : « أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ». قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ : « أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ ».

Artinya : Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.” “Lalu mukmin manakah yang paling cerdas?”, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259. Hasan kata Syaikh Al Albani).

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai artis Billy Syahputra dan urgensitas umat muslim untuk melakukan takziah. Semoga dengan adanya ulasan tersebut, umat dapat lebih berkomitmen untuk melakukan takziah walaupun di tengah pandemi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY