Berhijab Tapi Pakaian Ketat, Apakah Tetap Berdosa?

0
599
Berhijab-Tapi-Pakaian-Ketat

Berhijab Tapi Pakaian Ketat – Akhir-akhir ini, banyak sekali konten video di TikTok maupun media sosial lain yang menampilkan Wanita yang berhijab tapi pakaiannya ketat. Bahkan, tak jarang mereka membuat konten yang vulgar sehingga menimbulkan banyak kecaman netizen. Pasalnya, banyak netizen yang menganggap hal itu merusak citra Islam dan Wanita Muslimah. Sobat Cahaya Islam mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana hukumnya berhijab tapi mengenakan pakaian yang ketat. Di sini, sobat Cahaya Islam akan menemukan jawabannya.

Berhijab Tapi Pakaian Ketat: Tidak Sesuai dengan Petunjuk Al-Qur’an

Berhijab atau menutup kepala (kecuali wajah) adalah perintah dalam Islam. Tapi, Wanita Muslimah tidak bisa asal-asalan dalam mengenakan hijab atau kerudung (khimar). Cara berhijab yang benar bis akita lihat dalam Al-Qur’an:

 وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ

“Dan hendaklah mereka (para Wanita) menutupkan kain kudung hingga ke dadanya.” (1)

Ayat di atas menjelaskan bahwa mengenakan kerudung bukan hanya bertujuan menutup rambut, tetapi juga leher dan dada sehingga tidak nampak lekukan-lekukan tubuhnya. Artinya, jika seorang Wanita memakai hijab tapi masih menampakkan lekukan-lekukan tubuhnya dengan memakai pakaian yang ketat, maka ia belum berhijab secara sempurna.

Berhijab Tapi Kelakuan Tidak Beradab, Haruskah Melepas Hijab?

Baru-baru ini, viral seorang artis TikTok Bernama Oklin Fia yang membuat konten jilat es krim yang dinilai tidak pantas bagi seorang Perempuan yang mengenakan hijab. Selain itu, masih banyak konten TikTok yang bahkan lebih parah dari itu dengan konten-konten vulgar yang peraganya adalah Wanita berhijab. Tak heran jika fenomena-fenomena ini membuat netizen geram. Saking geramnya, tak jarang netizen berkomentar untuk menyuruhnya melepas hijab.

Dalam kasus ini, kita harus bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Maksudnya, kita tidak boleh menyuruh seorang Wanita melepas hijabnya hanya karena ia berkelakuan tidak beradab. Pasalnya, berhijab adalah perintah dalam Islam. Jadi, seorang Wanita yang sudah berhijab sudah menaati salah satu perintah dalam Islam.

Meski begitu, jika ia masih berkelakuan tidak baik ataupun melakukan maksiat, maka itu urusan lain. Yang perlu kita salahkan adalah kelakuannya, bukan hijabnya. Maka, tugas kita adalah sebisa mungkin mengajak Wanita-wanita yang sudah berhijab agar memiliki adab dan budi pekerti yang baik, sebagaimana Islam telah memerintahkannya.

Tips Berhijab dengan Tidak Memperlihatkan Lekuk Tubuh

Ada beberapa cara agar berhijab menjadi sesuai fungsinya, yakni menghindarkan dari timbulnya nafsu laki-laki yang melihatnya. Salah satunya adalah dengan memakai hijab yang menutup hingga dada. Selain itu, pakailah pakaian yang longgar, tidak ketat. Atau, bisa juga dengan memakai jaket atau semacamnya.

Kemudian, memakai rok juga akan lebih baik karena bisa meminimalisir terlihatnya lekukan tubuh. Kalaupun harus menggunakan celana, pastikan memilih celana dengan bahan tebal dan ukuran yang cukup longgar. Yang tak kalah penting, seorang Wanita yang sudah mau berhijab harus memiliki adab yang baik sehingga mencerminkan Wanita Muslimah.


Referensi:

An-Nur Ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY