Bentuk Keluarga Anda Dengan Cara Ini

0
69
bentuk keluarga

Tanya jawab islam tentang keluarga Setiap pasangan tentu menginginkan keluarga yang ideal dan juga sesuai dengan syariat agama. Hal ini dikarenakan bentuk keluarga yang ideal merupakan tanda dari keberhasilan dalam membangun keluarga dan juga menata keluarga. Namun dibalik langkah untuk membentuk keluarga yang ideal. Kita perlu mengetahui bagaimana keluarga bisa dikatakan ideal menurut pandangan agama islam itu sendiri.

Pada ulasan mengenai keluarga, ada banyak pembahasan yang berkaitan dengan jalannya dan terbentuknya sebuah keluarga. Namun dalam ulasan ini, kita akan menelaah bagaimana keluarga ideal menurut islam dan bagaimana langkah membentuk keluarga yang ideal tersebut. Sehingga akan menciptakan keluarga yang benar-benar sesuai dengan aturan agama yang berlaku.

Keluarga yang ideal menurut islam umumnya adalah keluarga yang menanamkan nilai keagamaan didalamnya. Sehingga dapat disebut sebagai keluarga yang saleh atau beriman. Oleh karena itu, nilai agama sangat penting untuk menjadi pondasi membangun keluarga yang baik dan juga sesuai pandangan agama islam.

Dalam membangun keluarga ini, peran suami dan istri adalah terpenting. Itu sebabnya adalah penjelasan bahwa hubungan keduanya layaknya pakaian. Dimana keduanya adalah saling menutupi dan menjaga.

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. [1]

Seperti pada surat diatas yang menerangkan bahwa istri adalah pakaian untuk suami dan begitupun sebaliknya. Jadi, begini ulasan konsultasi syariah pernikahan dan langkah untuk menjadi keluarga ideal.

Bentuk Keluarga Anda Dengan Cara Ini

Tanya jawab islam tentang keluarga – Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membentuk keluarga yang ideal. Salah satunya adalah menjunjung prinsip untuk saling pengertian dan juga ridha. Dengan begini, keluarga akan bisa dijalankan dengan baik. Meskipun ditemukan adanya perbedaan dalam pemikiran, perbedaan pendapat dan hal-hal lain yang mungkin menjadi batu sandungan dalam biduk rumah tangga.

Hal lainnya untuk menuju keluarga ideal adalah dengan adanya saling menjaga interaksi yang baik. Dengan kata lain, membangun komunikasi yang baik agar menghindari adanya pertengkaran. Apalagi istri adalah makhluk yang berperasaan lebih peka sehingga akan mudah untuk merasa sedih dan lain sebagainya.

Tanya jawab islam tentang keluarga – juga menjelaskan bahwa untuk menuju keluarga ideal adalah dengan menjaga hak dan kewajiban dari keduanya. Sehingga hal-hal dalam rumah tangga dapat dijalankan dengan baik. Selain itu juga suami harus menyadari bahwa ia merupakan pemimpin dan pembimbing dalam rumah tangga bagi istri dan anak-anaknya.

Selain itu suami juga akan bertanggung jawab untuk menjaga stabilnya keluarga. Sehingga berbagai permasalah apapun bisa diselesaikan dengan baik. Karena adanya suami yang bertanggungjawab dan istri yang juga memberikan dukungan baik untuk keluarga yang ideal nantinya.

Istri merupakan surga bagi anak-anak dan juga harus bisa menjadi istri yang baik bagi suami. Ini adalah salah satu langkah untuk membentuk keluarga yang ideal. Istri harus bisa menjalankan perannya dengan baik. Bukan hanya soal mengurus suami atau rumah saja. Namun juga menjadi sebagai penenang, penyejuk bagi keluarganya.

Terlebih lagi seorang ibu merupakan madrasah pertama untuk anak-anaknya. Dalam tanya jawab islam tentang keluarga, juga disebutkan langkah untuk keluarga ideal ini adalah dengan menjalankan tugas untuk memantau anak-anak dengan bijaksana. Ini akan membantu anda mendidik anak dengan cara yang baik.

Jika beberapa langkah diatas sudah dilakukan, maka membentuk keluarga yang ideal sesuai dengan syariat agama akan lebih mudah. Seperti yang disebutkan pada tanya jawab islam tentang keluarga ini, beberapa hal diatas adalah langkah untuk memulai membentuk keluarga dengan sebaik mungkin. Semoga ulasan konsultasi syariah rumah tangga diatas memberikan anda pelajaran bermanfaat.


Catatan Kaki

[1] Q.S. l Baqarah (2) ayat 187

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!