Benarkah Warga LDII Jika Berjabat Tangan Dengan Selain Warga LDII Dicuci Tangannya?

0
666

Organisasi islam saat ini ada begitu banyak. Salah satu organisasi yang cukup populer dikalangan masyarakat kita dan kadang sering di perbincangkan dalam berita islam adalah LDII. Organisasi ini banyak dikatakan sebagai organisasi yang cukup eksterm. Sebenarnya ekstrem disini tidak berbahaya hanya saja bagi orang yang tidak berada di dalamnya akan merasa jika organisasi tersebut sangat berlebihan dalam menjalankan sebuah aturan agama. Aturan agama memang wajib untuk dilakukan namun ada banyak pandangan mengenai bagaimana cara untuk menjalankannya. Seperti yang sudah kita ketahui, imam untuk umat islam ada empat seperti imam syafii, imam maliki, imam hanafi, imam hambali. Keempat imam tersebut sebenarnya berasal dari guru yang sama namun tetap saja ada beberapa perbedaan meskipun tidak terlalu jauh. Bagi anggota organisasi LDII terdapat sebuah aturan mengenai hukum berjabat tangan dengan selain warga LDII. Di kalangan masyarakat muncul issue mengenai benarkah warga LDII jika berjabat tangan dengan selain warga LDII dicuci tangannya?

Pertanyaan tentang apakah benar warga LDII jika berjabat tangan dengan selain warga LDII dicuci tangannya? Ini bisa saja muncul karena ada seseorang yang pernah mengalaminya. Namun ada juga yang salah paham dengan hal tersebut. Sebenarnya bukan hanya setelah berjabat tangan saja bahkan ada yang mengalami hal yang lebih aneh lagi seperti mengepel masjid setelah di gunakan solat oleh orang yang bukan anggota LDII. Bagi orang awam akan bertanya tanya, sebenarnya apa motif dari hal tersebut. Sedangkan dalam kajian islam yang sering dijelaskan dalam ceramah agama, sesama manusia bukanlah najis hanya saja jika bukan muhrim memang dilarang bersentuhan. Jika ada seseorang selain anggota LDII ternyata diperlakukan seperti itu, justru hal tersebut akan membuat perpecahan yang jelas nyata antar umat islam.

Umat islam adalah saudara. Bukan terbatas pada organisasi yang di milikinya. Siapapun yang menggunakan dan mengikuti ajaran dari al qur’an dan sunnah memiliki pandangan yang sama dimata allah. Yang membedakan hanyalah akhlaknya. Pertanyakan tentang benarkah warga LDII jika berjabat tangan dengan selain warga LDII dicuci tangannya? Memang perlu untuk di jawab agar tidak terjadi hal-hal yang justru bisa membuat umat islam menghakimi suatu organisasi adalah sesat. Jika dianalisis, setiap organisasi memiliki kegiatan yang berbeda beda namun tujuannya haruslah sama dan pedomannya juga sama. Seperti NU dan Muhammadiyah. Kedua organisasi terbesar ini sebenarnya tidak jauh berbeda hanya saja kegiatannya beragam tergantung dari ulama yang mengajarkan di dalamnya. Meskipun banyak kegiatan yang berbeda, jika tujuannya baik dan bukan dimaksudkan untuk mengada adakan syariat baru tentu hal ini tidak dapat dikatakan sebagai bid’ah atau hal yang sesat.

Jawaban dari anggota LDII mengenai warga LDII jika berjabat tangan dengan selain warga LDII dicuci tangannya? Banyak yang membantahnya. Akan sangat sulit bagi anggota LDII jika harus mencuci tangan setelah bersalaman dengan yang bukan sesama anggotanya. Bahkan mereka mengatakan sebaiknya jika ada orang dari anggota LDII yang melakukan hal seperti itu ditegur karena tidak ada ajaran di dalam LDII yang mengajarkan seperti itu. Namun karena organisasi ini terbilang besar tentu akan ada yang memberikan pemahaman berbeda dengan pusat kepada anggota yang ada di bawahnya. Oknum seperti ini dapat meresahkan masyarakat dan menjadikan organisasi LDII bercitra buruk.

Benarkah warga LDII jika berjabat tangan dengan selain warga LDII dicuci tangannya? Bisa jadi muncul karena ada yang mengalami pengalaman tersebut sehingga menyimpulkan jika semua anggota LDII melakukan hal tersebut. Anggota dari organisasi ini adalah dari banyak pihak dan banyak dari pengurus LDII adalah orang yang terpelajar dan juga profesional sehingga akan sangat kecil kemungkinan jika orang yang mengetahui ajaran agama melakukan hal seperti yang dituduhkan. Namun memang tidak dipungkiri ada oknum yang melakukan hal tersebut. Maksud dari perilakukan seperti itu juga masih simpang siur.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!