Aktor Sahrul Gunawan Menikah Lagi, Jadi Ibadah Terlama dalam Islam?

0
323
aktor Sahrul Gunawan

Aktor Sahrul Gunawan – Beberapa waktu lalu, nama aktor Sahrul Gunawan menjadi sorotan warganet dan masyarakat Indonesia. Nama Sahrul Gunawan menarik perhatian setelah prosesi pernikahannya tersebar di sosial media.

Bukan hanya itu, banyak media yang memberitakan pernikahan aktor sekaligus politisi tersebut. Bahkan tidak sedikit ucapan selamat yang mengalir kepada kedua mempelai.

Pernikahan Aktor Sahrul Gunawan yang Menarik Perhatian

Berdasarkan informasi yang beredar, istri baru aktor Sahrul Gunawan bernama Dine Mutiara. Akad nikah antara Sahrul Gunawan dan Dine diselenggarakan di Gedong Putih kawasan Cihideung, Parongpong, tepatnya Kabupaten Bandung Barat.

Prosesi akad nikah itu disiarkan lewat channel YouTube bernama Dine with Sahrul Gunawan. Dalam video tersebut, tampak paman Dine yang menjadi wali nikah di pernikahan Sahrul Gunawan.

Menurut video yang tersebar, Sahrul Gunawan menikahi Dine Mutiara dengan mas kawin berupa perhiasan satu karat berlian dan emas seberat 100 gram.

Sahrul Gunawan pun menjawab akad nikahnya dengan Dine Mutiara dalam satu tarikan nafas. Saksi pun menyatakan bahwa akad yang Sahrul Gunawan ucapkan sah.

Karena itu, Sahrul pun resmi secara negara maupun agama menjadi suami Dine Mutiara yang sah. Menariknya, pernikahan antara Sahrul dan Dine tampak bernuansa serba berwarna putih.

Sekedar informasi, ini merupakan pernikahan yang kedua bagi Sahrul Gunawan.

Pernikahan dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, pernikahan kedua antara aktor Sahrul Gunawan dengan Dine Mutiara merupakan kabar yang membahagiakan. Bukan tanpa sebab, meskipun pernah gagal, namun Sahrul Gunawan tetap mantap untuk menjalankan pernikahannya dengan orang baru.

Dalam islam, pernikahan merupakan salah satu ibadah yang sangat lama. Bahkan banyak ayat Al Quran terkait pernikahan dan bisa dipetik sebagai pelajaran bagi orang-orang yang memutuskan hendak menikah.

Pasalnya tak hanya bernilai ibadah, terdapat nilai lain yang terkandung di dalam pernikahan menurut agama islam. Adapun salah satunya yaitu ketentraman batin ketika mempunyai pasangan dengan visi hidup yang sama.

Pandangan Islam Tentang Pernikahan

Menjadi salah satu sunnah nabi, terdapat banyak anjuran untuk menikah. Salah satu ayat yang kerap menjadi dasar untuk menikah lantaran Allah menciptakan setiap makhluk hidup berpasang-pasangan.

Berikut ini beberapa pandangan islam terkait pernikahan:

1.       Allah Menciptakan Manusia dengan Jodohnya

Dalam QS An Nisa ayat 1, Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu.” (QS An-Nisa: 1). 

Dari ayat di atas, bisa terlihat bahwa Allah SWT sudah menciptakan manusia dengan jodohnya. Selain itu, Allah SWT juga mengembang biakan manusia dari keduanya yaitu laki-laki dan perempuan.

aktor Sahrul Gunawan

2.       Pernikahan adalah Anjuran dalam Agama Islam

Allah SWT berfirman:

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ

Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS An-Nur: 32).

Berdasarkan ayat tersebut, jelas pernikahan merupakan anjuran dan menjadi kewajiban bagi mereka yang sendiri dan mampu. Apabila seseorang miskin, maka Allah memampukan dengan karunia-Nya.

3.       Pernikahan Merupakan Wujud Rasa Kasih Sayang

Dalam agama islam, pernikahan merupakan bentuk dan wujud dari rasa kasih sayang. Sebab, Allah menciptakan pasangan dari jenisnya sendiri agar manusia merasa tentram.

aktor Sahrul Gunawan

Allah SWT berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS Ar-Rum: 21).

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa pandangan islam terkait pernikahan seperti yang dijalani oleh aktor Sahrul Gunawan. Karena itu, menikahlah jika Anda mampu agar mendapat keberkahan dan terhindar dari maksiat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY