Bella Hadid, Dukung Solidaritas Palestina? Inilah Hukum Membela Hak Kaum Muslimin

0
105
Bella Hadid

Bella Hadid –  Peristiwa berdarah yang dialami Palestina telah mengundang sejumlah perhatian besar dari dunia tak terkecuali model berketurunan Palestina yakni Bella Hadid. Dilansir dari beberapa berita, bahwa sang model cantik ini ikut turut ke jalan dan memberikan dukungan solidaritas pada tragedi yang dialami warga Palestina.

Sobat Cahaya Islam, dukungan Bella Hadid untuk warga Palestina bukanlah hal yang pertama. Sebab, beberapa negara di belahan dunia juga turut menyuarakan kesedihan yang dialami Palestina. Walaupun hal tersebut dilakukan oleh non – muslim, tentu terdapat semangat yang bisa diteladani.

Bagaimana Umat Menyikapi Perilaku Bella Hadid?

Bella Hadid

Sudah semestinya, aktivitas dukungan untuk Palestina yang dilakukan oleh Bella patut dicontoh. Sebab membela jiwa kaum muslimin adalah kewajiban bagi umat muslim lainnya. Bagi non muslim, pembelaan terhadap umat lain adalah bentuk perwujudan dari rasa toleransi serta menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan.

Sebab, kondisi yang terjadi di Palestina adalah peristiwa kekejaman dan kedzaliman yang nyata. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kutukan serta kecaman dari negeri – negeri muslim yang dilayangkan kepada Israel. Bahkan sejak dipilihnya Presiden Turki Erdogan, salah satu fokus utamanya yakni untuk meredam peristiwa berdarah di Palestina.

Sebagai kaum muslimin, sudah selayaknya pembelaan dilakukan. Sebab, nyawa seorang manusia lebih berharga dibandingkan dunia dan seisinya. Hal ini telah termaktub dalam hadits yang disampaikan Rasulullah SAW yakni :

Dari al-Barra’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللَّهِ مِنْ قَتْلِ مُؤْمِنٍ بِغَيْرِ حَقٍّ

“Hilangnya dunia, lebih ringan bagi Allah dibandingnya terbunuhnya seorang mukmin tanpa hak.” (HR. Nasai 3987, Turmudzi 1455, dan dishahihkan al-Albani).

Maka dari itu, umat akan sangat merugi bila tidak melakukan pembelaan semaksimal mungkin untuk warga Palestina, khususnya yang terdampak di Jalur Gaza. Di wilayah ini, para mujahid meregang nyawa dan melahirkan generasi Shohibul Quran.

Apa Dampak Bila Umat Acuh dengan Kondisi Palestina?

Bella Hadid

Bagi kaum muslimin yang masih belum merasakan kesedihan kondisi di Palestina, bisa jadi karena beberapa opsi. Opsi pertama, terdapat kaum muslimin yang masih belum mengetahui akar penyebab masalah antara Israel dan Palestina. Sehingga hal ini menjadikan rasa acuh dalam diri kaum muslimin.

Opsi kedua, terdapat sebagian kaum muslimin yang mengetahui kondisi di Palestina namun merasa bahwa diri tak dapat memberikan kontribusi baik berupa tenaga dan dana. Sehingga malah memilih posisi untuk netral dan tidak peduli.

Opsi ketiga, terdapat sebagian orang yang sengaja tidak menggubris permasalahan di Palestina sebab tak ingin berfikir terlalu mendalam dan menguras tenaga. Tentu, karakter semacam ini sangat dimurkai Allah SWT. Pasalnya, antara muslim yang satu dengan yang lainnya adalah satu tubuh. Jika rusak salah satunya maka bisa dipastikan anggota tubuh lain juga digerogoti.

Bahkan, segolongan orang yang termasuk dalam kategori ketiga adalah orang – orang yang tak termasuk dalam umat Nabi SAW karena bangunnya di pagi hari tak untuk memikirkna ummat melainkan hanya diri sendiri.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan sederhana mengenai viralnya berita Bella Hadid ikut mendukung Palestina. Semoga aktivitas yang dilakukannya dapat menjadikan inspirasi bagi seniman lainnya agar dukungan Palestina tetap mengalir deras dan peristiwa berdarah segera dhentikan oleh persatuan negeri – negeri Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY