Harga BBM Naik, HMI Lakukan Demonstrasi

0
91
BBM naik

BBM Naik – Berita BBM naik seolah terus meresahkan masyarakat. Kemarin, kabar ini masih menjadi isu-isu belaka, pada bulan agustus ini pun pemrintah menyampaikan keputusannya.

Mendengar keputusan tersebut, Himpunan Mahasiswa Islam pun turun ke jalanan untuk melakukan demo pada hari ini, Senin 29 Agustus 2022. Apa yang menyebabkan para mahasisawa ini memutuskan turun ke jalanan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Alasan HMI Tolak BBM Naik

BBM naik

HMI tidak sembarangan mengambil keputusan, pihak pengurus harian sudah memikirkan dan membahas secara matang-matang. Lalu, apa saja alasan yang membuat organisasi mahasiswa ini turun ke jalan?

1.       Menyulitkan masyarakat kalangan bawah

HMI hendak mendesak pemerintah untuk membatalkan kenaikan harga BBM. Karena hal ini akan menyulitkan masyarakat kalangan bawah serta UMKM.

Organisasi mahasiswa sangat menolak kenaikan harga BBM, sehingga mereka akan melakukan demonstrasi secara serentak di berbagai wilayah. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat PB HMI (pengurus besar himpunan mahasisawa islam), pada tanggal 27 Agustus 2022 lalu.

2.       Ekonomi masyarakat belum pulih

HMI juga menilai bahwa jika BBM naik,ini akan menyulitkan dan mengorbankan kondisi ekonomi masyarakat.

 Terutama masyarakat kalangan bawah dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), kalangan ini dianggap masih rentan dan belum pulih dari dampak COVID-19.

3.       Banyak dampak negatif

Rencana kenikan BBM ini, memang tidak terlepas dari harga minyak mentah yang mencapai US$100/barelnya. Hal inilah yang membuat beban APBN untuk Subsidi BBM menjadi bengkak.

 APBN subsidi BBM tahun 2022 berjumlah 502 triliun, angka subsidi yang besar tersebut parahnya bisa mencapai 698 triliun jika kuota BBM yang ditetapkan untuk pertalite 23,05 jt liter, dan untuk solar 15,1 jt pun bisa jebol.

Menurut pengurus HMI, kenaikan BBM subsidi memiliki efek yang bercabang-cabang. Seperti inflasi yang tinggi, meningkatnya kemisiknan, dan kurangnya daya beli masyarakat.

4.       Menuntut pencabutan tarif dasar listrik

Tidak hanya mendesak agar harga BBM diturunkan, HMI juga memberikan tuntutan untuk mencabut tarif dasar listrik. Karena persoalan lain yang tengah dihadapi oleh masyarakat Indonesia, adanya mafia dalam sektor migas.

Keberadaan mafia ini harus diusut tuntas, karen sangat merugikan masyarakat. Mafia ini memperpanjang persoalan negeri Indonesia sehingga mengalami kesulitan mewujudkan swasembada energi di negeri ini. Tulis pengurus HMI.

Melihat anak-anak muda Indonesia yang memikirkan kepentingan rakyat, membuat mereka harus turun ke jalananan untuk melakukan demonstrasi. Apa kah demonstrasi sendiri diperbolehkan dalam agama islam?

Demonstrasi Dalam Islam

BBM naik

Majelis Ulama Indonesia, menyampaikan baik dalam Al-Qur’an maupun hadits, tidak membahas aksi unjuk rasa secara langsung. Karena pada zaman nabi, khilfah, bahkan empat imam madzhab juga tidak ada yang membahasnya karena tidak terjadi pada zaman mereka.

Tapi sejak dulu, sebagai muslim kita harus mengamalkan amar ma’ruf nakhi munkar. Ayat-ayat Al-Qur’an yang membahasnya juga banyak. Beberapa contohnya di bawah ini.

1.       Amar makruf nahi munkar dalam surah Ali Imran

Contoh ayat yang membahasnya, terdapat pada surah Ali Imran ayat 104 dan 110.

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104).

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.”(QS. Ali Imran: 110)

2.       Amar makruf nahi Munkar dalam surah At-Taubah

Allah juga membahasnya dalam surah At-taubah ayat 71.

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS. At-Taubah: 71)

Nah, Sobat aksi demonstrasi ini bisa kita dasarkan pada ayat-ayat tersebut. Oleh karena itu Huzaemah selaku Ketua UMI bidang fatwa, menyampaikan aksi demonstrasi boleh dilakukan. Aksi ini termasuk dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tadi.

Itulah informasi terkait BBM naik, yang mendorong HMI untuk melakukan demonstrasi. Sekian artikel ini dibuat, untuk menambah informasi bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY