5 Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Sahur

0
43
mengisi waktu sahur

cahayaislam.id – Sahur adalah salah satu aktivitas makan yang dilakukan umat Muslim pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa setelah makan, kita pun bisa mengisi waktu sahur dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat.

Saat bulan Ramadhan, seharusnya setelah sahur tidak langsung tidur. Sebab, kemungkinan bisa membuat awal pagi menjadi berantakan. Misalnya, jadwal berangkat kerja yang kesiangan.

Terlebih lagi, tidur setelah makan sahur juga tidak dianjurkan karena kurang baik bagi kesehatan. Dampak buruk yang harus diperhatikan adalah pada sistem pencernaan di mana menjadi gagal bekerja dengan baik.

Mengisi Waktu Sahur dengan Kegiatan Bermanfaat

Nah, Sobat Cahaya Islam, di bawah ini merupakan beberapa kegiatan yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah diri agar tidak tidur usai makan sahur. Apa saja?

1.      Memperbanyak Membaca Alquran

mengisi waktu sahur

Yang pertama, salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW untuk mencegah kantuk saat setelah sahur adalah dengan membaca Alquran. Selain itu, ibadah ini juga akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT jika kita melakukannya di bulan suci Ramadhan.

Usahakan pula menyertainya dengan tadaburi maknanya, agar bisa menambah kekhusyukan setiap kali melantunkan ayat-ayatnya tersebut.

اَلصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْمُنْفِقِيْنَ وَالْمُسْتَغْفِرِيْنَ بِالْاَسْحَارِ

“(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar.” (QS. Ali ‘Imran Ayat 17)

2.      Olahraga

mengisi waktu sahur

Berolahraga di pagi hari juga mampu menjadi pencegah datangnya rasa kantuk usai kenyang makan sahur, Sobat. Sebab waktu itu udara masih segar, suasana pun cenderung masih sepi.

Ada baiknya tetap menjaga kesehatan di bulan puasa Ramadhan dengan cara rutin melakukan olahraga. Namun hindari olahraga berat yang bisa melebihi batas kemampuan tubuh kita.

3.      Membersihkan Rumah

Kemudian, kita juga bisa menghindari rasa malas dengan cara membersihkan rumah. Mulai dari menyapu lantai, mencuci baju kotor, merapikan kamar atau kegiatan bersih-bersih lainnya.

Ingat, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Yang paling penting, apabila rumah dalam keadaan bersih, kita pun akan menjadi lebih betah di rumah.

4.      Melakukan Hobi yang Positif

Bukan karena bulan Ramadhan yang mewajibkan kita melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh, sehingga menjadikan kita tidak lagi produktif seperti bulan-bulan biasanya.

Bahkan saat berpuasa pun, kita juga harus tetap melakukan banyak hobi-hobi yang positif untuk menghindari kantuk setelah sahur. Misalnya, menggambar, menulis, memotret, atau membuat desain.

Pagi hari bisa mendatangkan vibes yang baik, sekaligus memberikan inspirasi yang bisa kita tuangkan menjadi satu karya yang bagus.

5.      Membaca Buku

mengisi waktu sahur

Membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain menambah ilmu, wawasan, serta pengalaman, membaca juga membuat kita jadi lebih mudah menghindari kantuk setelah makan sahur dini hari.

Sobat bisa memilih buku sesuai dengan kesenangan masing-masing, bahkan karena sekarang sudah serba digital maka bisa juga membaca artikel terkini online, artikel tentang ibadah puasa, atau melihat beberapa hal yang ramai dibahas karena terjadi di akhir-akhir ini.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai cara mengisi waktu sahur dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat. Hal ini bertujuan agar kita tidak melanjutkannya dengan tidur seusai makan dini hari.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY