Surah Al Ikhlas: Kandungan dan Keutamaan Membacanya

0
292
Surah Al Ikhlas Kandungan dan Keutamaan Membacanya

Surah Al Ikhlas – Adalah salah satu surah dalam Al Quran dengan ayat pendek. Walaupun begitu, banyak keutamaan dari surat Al Ikhlas yang penting untuk para umat islam ketahui.

Adapun surat Al Ikhlas menjadi salah satu surah populer di kalangan seluruh umat islam. Sebab meskipun ayatnya pendek, surah tersebut mempunyai arti yang mudah semua orang mengerti.

Kandungan di dalam Surah Al Ikhlas

Sebagai Informasi, surah Al Ikhlas merupakan surat ke 112 di dalam Al Quran. Karena itulah, ini termasuk dalam surah Makkiyah lantaran turun di Kota Mekkah.

Allah menurunkan surat Al Ikhlas sesudah surah An Nas. Allah SWT menurunkan setiap surat sesuai dengan keadaan yang tengah berlangsung.

Di dalam surat Al Ikhlas berisi perintah untuk mengesakan Allah dan menolak untuk mendoakannya. Ternyata surat tersebut mengandung berbagai fadhilah dariapda yang manusia bayangkan sebelumnya.

Secara keseluruhan, surat Al Ikhlas mempunyai nilai kesilaman terutama dalam pendidikan tauhid. Surat ini dinamkan Al Ikhlas karena sama halnya seperti tauhid yang dimaksudkan hanya beribadah kepada Allah.

Di dalam surat Al Ikhlas juga berisi tentang pokok tauhid atau keesaan Allah.

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas

Sobat Cahaya Islam, sebagai seorang muslim yang taat, Anda bisa sering-sering membaca surah Al Ikhlas. Sebab rupanya banyak sekali keutamaan bagi orang yang sering membaca surat Al Ikhlas apalagi jika sampai setiap hari.

Berikut ini ada sejumlah keutamaan bagi Anda yang sering membaca surat Al Ikhlas atau sampai setiap hari:

1.       Mendapat Pahala Seperti Membaca Sepertiga Al Quran

Tak semua orang sanggup jika harus membaca sepertiga Al Quran secara langsung atau dalam satu malam. Karena itulah, ganjaran pahala orang yang membaca sepertiga Al Quran sangatlah besar.

Walaupun begitu, Sobat Cahaya Islam bisa mendapat ganjaran pahala yang sama besarnya dengan membaca sepertiga Al Quran dengan membaca surat Al Ikhlas. Ini tertuang dalam HR Bukhari nomor 5013 yang berbunyi:

 إِنِّيْ قَدْ قُلْتُ لَكُمْ إِنِّيْ سَأَقْرَأُ عَلَيْكُمْ ثُلُثَ الْقُرآنِ, وَإِنَّهَاتُعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرآنِ

Artinya : “Sudah kukatakan kepada kalian bahwa aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al-Qur’an dan sesungguhnya ia (Al-Ikhlas) sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an. (HR. Ahmad: II/429 dan Muslim: VI/94)”

Kendati demikian, tetap saja penting untuk membaca Al Quran sesungguhnya sampai khatam. Pasalnya pahala dan pelajaran yang akan Anda dapatkan menjadi lebih lengkap.

2.       Allah Akan Mengampuni Dosa-Dosanya

Keutamaan dari surat Al Ikhlas lainnya ternyata lebih dari itu. Sebab dengan sering-sering membaca surat Al Ikhlas, maka Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya.

Ini seeperti dalam HR Ad Darimi II/461 yang berbunyi:

 مَنْ قَرَأَ “قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ” خَمْسِيْنَ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ خَمْسِيْنَ سَنَة

Artinya : “Barang siapa yang membaca Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas) sebanyak lima puluh kali, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang ada di sepanjang lima puluh tahun. (HR. Ad-Darimi: II/461).”

Meskipun ini merupakan keutamaan dari memabca surat Al Ikhlas, bukan berarti Anda hanya perlu membacanya untuk mendapat ampunan Allah. Tetap saja, Anda perlu bertaubat nasuha dengan istighfar atau sholat taubat untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

3.       Akan Dibangunkan Rumah di Surga

Bagi orang yang membaca surat Al Ikhlas sampai 10 kali, maka Anda akan dibangunkan rumah di surga. Keutamaan tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam HR. Ahmad 2/437 yakni:

 مَنْ قَرَأَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْراً فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membaca ‘QUL HUWALLAHU AHAD’ (surah Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya istana di surga.” (HR. Ahmad, 3/437) 

Walaupun seperti itu, tetap saja amalan surat Al Ikhlas yang Anda terapkan harus bersamaan dengan sifat baik dan taat beribadah kepada Allah SWT.

Itulah Informasi tentang surah Al Ikhlas dan keutamaan jika membacanya. Anda bisa menerapkan bacaan surat Al Ikhlas sesering mungkin dan memperbaiki diri terus menerus demi mendapat semua keutamaan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY