Kajian Islam Tentang Bersikap Lemah Lembut Kepada Sesama Muslim

0
40

Kajian Islam – Sobat Cahaya Islam, Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan yang baik bagi umat islam. Segala tingkah laku dan perbuat beliau sesuai dengan tuntunan kitab suci Al Qur’an. Oleh sebab itulah sebagai umat islam harus meniru teladan yang telah rasululllah SAW contohkan kepada seluruh manusia. Salah satu sikap yang beliau contohkan kepada umat islam adalah bersikap lemah lembut. Dalam Kajian Islam Tentang Bersikap Lemah Lembut Kepada Sesama Muslim merupakan hal yang penting. Sikap lemah lembut di sini berarti seorang muslim harus berbuat baik kepada sesama manusia. Terutama kepada saudara seiman, maka sikap yang terpuji ini sangat dianjurkan untuk dilakukan kaum muslimin di seluruh dunia.

Kajian Islam Tentang Bersikap Lemah Lembut Kepada Sesama Muslim

Dalil Perintah Bersikap Lemah Lembut Kepada Saudara Muslim

Islam memang menjadi agama yang sangat lengkap. Setiap sendi kehidupan diatur oleh syariat yang dibawa oleh Nabi agung Muhammad SAW. Pengaturan oleh agam islam ini dilakukan agar para pemeluk memiliki sifat terpuji kepada siapa saja. Dengan memiliki sifat lemah lembuat maka akan disukai oleh sesama manusia.

Dalam kajian islam, sikap lemah lembut memang sangat penting. Seseorang yang memiliki perilaku ini akan disukai oleh orang lain. Agama isalam pun juga memerintah umatnya untuk selalu beriskap lemah lembut. Hal ini terbukti dengan adanya perintah berlemah lembut pada Al Qur’an :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. [1]

Menurut kajian islam, ayat di atas menjelaskan tentang tentang sikap berlemah lembuh. Allah swt telah memerintahkan umat islam untuk bersikap lemah lembut agar disukai orang lain. Apabila seorang muslim tidak memiliki sifat terpuji ini, maka dapat dipastikan akan dijauh oleh orang lain.

Manfaat Bersikap Lemah Lembut Dengan Saudara Muslim

Lemah lembut memang termasuk dalam sikap yang terpuji. Setiap Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT ke dunia pasti memiliki perilaku ini. Dalam kajian islam, memiliki sifat lemah lembut menjadi hal yang luar biasa. Seseorang yang mempunyai sifat ini akan sangat diuntungkan.

Bersikap lemah lembut ternyata juga diperintahkan oleh Nabi Agung Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan sabda beliau yang tertuang dalam hadits :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو التَّيَّاحِ، عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا، وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا

Nabi (ﷺ) berkata, “Memfasilitasi hal-hal kepada orang-orang (mengenai masalah agama), dan tidak menyulitkan mereka dan memberi mereka kabar baik dan tidak membuat mereka melarikan diri (dari Islam). [2]

Mempunyai sifat terpuji ternyata memiliki banyak manfaat. Berbagai manfaat dari sifat mulia ini akan dirasakan oleh para pelakunya. Berikut ini berbagai manfaat sifat terpuji yang perlu sobat Cahaya Islami ketahui :

Akan di sayangi manusia

Manfaat yang akan segera dirasakan jika seorang muslimin memiliki sifat lemah lembut yakni akan disayangi manusia. Seorang hamba Allah yang memiliki sifat mulai ini pasti akan menarik perhatian manusia lain. Dengan sendirinya manusia akan menyukai akhlak lemah lembut yang ada pada diri seorang muslimin.

Dapat pahala dari Allah SWT

Pahala memang menjadi hal yang diinginkan oleh setiap orang di dunia. Dalam ajaran agama islam, pahala akan mengantarkan seorang hamba menuju surga. Salah satu cara agar seorang hamba bisa mendapatkan pahala adalah dengan memiliki sifat lemah lembut. Sifat yang tergolong terpuji ini tentu saja sangat disukai umat manusia. Seorang manusia yang di dalam dirinya adanya sikap ini akan mendapatkan pahala dari sisi Allah SWT.

Salah satu sifat yang dicintai Allah SWT

Dalam kajian islam, sifat lemah lembut memang menjadi akhlak yang baik. Bahkan dalam berbagai ayat al qur’an Allah SWT memerintahkan kaum muslimin untuk bersikap lemah lembut. Seorang muslim yang memiliki sifat terpuji ini akan dicintai oleh Allah SWT. Oleh karenanya maka sudah sepantasnya sebagai umat islam sebisa mungkin untuk berlaku lemah lembut dalam kehidupan sehari – hari.


[1] Q.S. Ali Imron (3) ayat 159

[2] H.R. Bukhori nomor 69 (SHAHIH), bab: Nabi (saw) biasa merawat orang-orang dalam berkhotbah dengan memilih waktu yang tepat agar mereka tidak melarikan diri (tidak pernah membuat mereka benci atau bosan dengan pembicaraan agama dan pengetahuan sepanjang waktu)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!