Bacakan Cerita Untuk Anak? Ini Manfaat Bacakan Cerita Tentang Nabi dan Islam Kepada Anak Dalam Islam

0
100
Bacakan Cerita Nabi dan Islam Berikan Beberapa Manfaat

Bacakan cerita – Bukan rahasia lagi bahwa membacakan cerita kepada anak sangat penting untuk perkembangan anak. Bukan hanya perkembangan otak dan imajinasi saja, namun juga perkembangan bahasa dan emosi. Ini juga bisa menjadi langkah untuk mempererat hubungan orang tua dan juga anak. Itulah kenapa banyak orang tua mencoba untuk berkomunikasi dengan anak dengan cara membacakan cerita. Ada banyak cerita yang bisa menjadi bahan untuk bercerita.

Bacakan Cerita Nabi dan Islam Berikan Beberapa Manfaat

Dalam membacakan cerita untuk anak, tentu saja harus selektif juga menentukan cerita apa yang akan disampaikan. Bagaimanapun, apa yang disampaikan orang tua akan sangat berpengaruh terhadap ingatan anak juga. Maka dari itu, agar anak bisa memetik ingatan yang baik serta perkembangan yang baik. Alangkah lebih baik orang tua memilih cerita yang mengandung banyak pesan moral. Seperti cerita tentang Nabi dan Islam.

Bacakan Cerita Untuk Anak? Ini Manfaat Bacakan Cerita Tentang Nabi dan Islam Kepada Anak!

Bacakan Cerita Untuk Anak dan Manfaatnya

Bacakan cerita untuk anak memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Sebagai orang tua yang bijak kita juga harus bisa memilih cerita anak yang tepat untuk dibacakan. Sebagai umat muslim, penting lho menanamkan nilai-nilai islam sejak dini bagi anak. Maka dari itu, sobat CahayaIslam bisa membacakan cerita tentang Nabi sebagai teladan dan juga cerita-cerita islam. Ini untuk memperkenalkan agama islam kepada anak.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(1)

Dalam ayat ini disebutkan bahwasanya Rasulullah merupakan suri teladan yang baik. Itu artinya, Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menjadikan Nabi sebagai teladan. Dan untuk menanamkan hal ini kepada anak, maka bisa dengan membacakan cerita-cerita tentang Nabi dan islam.

Lalu apa manfaatnya membacakan cerita Nabi dan Islam kepada anak?

Bacakan Cerita Untuk Anak Menurut Islam

Mengenal Agama Islam dan Rasulullah

Manfaat membacakan cerita tentang islam dan Nabi salah satunya membuat anak mengenal agama islam dan juga Rasulullah. Dengan begitu, sejak dini anak sudah tahu tempatnya sebagai seorang muslim. Semakin banyak menanamkan nilai-nilai islam ini, maka anak juga akan semakin erat memegang teguh nilai-nilai agama nantinya.

Mencintai dan Meneladani Rasulullah

Dengan seringnya membacakan cerita tentang Nabi, maka anak akan lebih mencintai dan meneladani Rasulullah. Orang tua hanya perlu mengetahui bagaimana menanamkan kecintaan anak kepada Rasulullah. Melalui cerita-cerita teladan, bagaimana hebatnya Rasulullah, ini akan berpengaruh terhadap cara berpikir dan ingatan anak ketika dewasa nanti.

Memahami Kebenaran Tentang Islam

Manfaat lainnya dari membacakan cerita-cerita Nabi dan juga Islam kepada anak, ini akan membuat anak memahami tentang kebenaran. Anak menjadi lebih mengerti tentang agama islam, dan ini akan mendorong anak semakin cinta terhadap Islam. Dan tentu saja ini akan membantu anak menjadi seorang yang lebih sholeh dan sholehah.

Bacakan cerita – untuk anak memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Terutama cerita tentang Nabi dan Islam yang akan mengembangkan kecintaan anak terhadap agama islam dan Rasulullah. Maka dari itu sobat CahayaIslam, untuk menanamkan nilai-nilai agama bagi anak sangatlah penting mengajak anak mengenal islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY