Membentengi Diri Dari Gangguan Syaitan, Lakukan Beberapa Hal Ini

0
189
Membentengi Diri Dari Gangguan Syaitan 1

Membentengi diri – Syaitan adalah salah satu makhluk yang seringkali membuat kaum muslimin tersesat atau terjerumus dalam kesesatan. Itu sebabnya, seorang muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran islam agar dapat menghindari gangguan ataupun godaan syaitan. Sehingga, seorang muslim dapat beriman kepada Allah SWT.

Dalam kehidupan, kita selalu berdampingan dengan hal-hal baik dan hal-hal buruk. Itu sebabnya, syaitan diciptakan untuk menguji iman dari seorang muslim. Siapapun yang beriman kepada Allah SWT sudah pasti tidak akan dapat diganggu oleh golongan syaitan maupun jin. Namun selain itu, ada beberapa hal yang dapat menjadi benteng diri agar kita terhindar dari gangguan syaitan.

Membentengi Diri Dari Gangguan Syaitan, Begini Menurut Islam

Membentengi Diri Dari Gangguan Syaitan 2

Membentengi diri dari gangguan syaitan tentu saja dapat menyelamatkan kita dari ketersesatan ataupun godaan untuk terjerumus dalam perbuatan dosa. Itulah kenapa, seorang muslim perlu meningkatkan keimanan agar senantiasa berpegang teguh pada ajaran Allah SWT. Dengan begitu, kita tidak akan mudah tersesat dengan cara-cara syaitan untuk menggoda manusia.

وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku”.

Ayat ini cukup menggambarkan bagaimana syaitan akan datang mengganggu kaum muslimin dan hanya kepada Allah lah kita dapat meminta perlindungan. Namun tentu saja hal ini dilakukan dengan meningkatkan iman kepada Allah dan cara-cara yang Allah anjurkan untuk membentengi diri kita.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai benteng agar terhindar dari gangguan syaitan?

Berdzikir

Berdzikir adalah sesuatu yang Allah anjurkan untuk dapat membentengi diri dari berbagai godaan. Termasuk juga godaan dan gangguan syaitan. Dengan berdzikir itu artinya kita selalu mengingat Allah SWT, mengagungkanNya dan tentu saja menjadikannya sebagai pelindung kita setiap saat. Dengan begitu, dzikir akan membantu menjadi pelindung diri kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

Membaca Al Quran

Salah satu pedoman hidup seorang muslimin atau umat islam adalah Al Quran. Bukan hanya itu saja, Al Quran yang berisi ayat-ayat suci dapat menjadi pelindung seorang muslim agar terhindar dari gangguan syaitan. Apalagi jika kita senantiasa membaca ayat kursi. Ini dapat menjadi benteng kuat untuk kita.

Masjid

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya masjid merupakan rumah Allah SWT. Sehingga barangsiapa yang menginjakkan kakinya di masjid, maka ia akan mendapatkan pahala sekaligus mendapatkan perlindungan. Hal ini karena masjid menjadi tempat berkumpulnya malaikat. Seorang muslim dapat terhindar dari berbagai godaan syaitan dan jin apabila berada dalam masjid.

Membentengi diri


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mu’minun Ayat 97-98

(2) – Surat Al-Ahzab Ayat 41-42

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY