YouTube Eror, Simak Tips Belajar Agama dari YouTube

0
173

YouTube Eror – Media online yang berhasil mengiring masyarakat luas beberapa hari kemarin pada Kamis, 12 November 2020 dikabarkan mengalami eror. Ada beribu laporan terkait eror tersebut. Pasalnya video di Channel YouTube tidak bisa diputar.

Kondisi YouTube eror ini, ternyata bukan hanya dialami oleh masyarakat Indonesia. Melainkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan lainnya mengalami hal yang sama. Dari pihak YouTube sendiri menjelaskan memang sedang mengalami gangguan.

Media menjadi andalan di masa pandemi ini, di mana tatap muka dibatasi, pembelajaran dilakukan dengan Google Meet, Zoom, maupun aplikasi lainnya. Mau tidak mau dakwah agama Islam pun mengikut menggunakan media.

Sobat Cahaya Islam, mempelajari agama dengan merujuk pada media memang lebih efektif, mudah dan tentunya bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Keistimewaan semua itu, juga memiliki berbagai kelemahan belajar lewat media, terkhusus dari segi isinya.

Oleh karena itu, menyikapi kekurangan atau kelemahan belajar agama lewat media yakni bisa kita lakukan dengan beberapa tips berikut ini. Setidaknya bisa menjadi pencerahan untuk lebih hati-hati dalam mengambil pelajaran.

Kemarin YouTube Eror, Tips Belajar Agama dari YouTube

Ada beberapa cara tips belajar agama lewat Channel satu ini, yang bisa umat Islam lakukan di masa pandemi ini, yang notabene banyak da’i yang memanfaatkan media sebagai wadah. Berikut tips-tipsnya antara lain.

  1. Memilih Guru yang Tepat

Dakwah lewat media, mudah kita peroleh, kemudahan tersebut sejalan pula dengan mudahnya orang menyebarkan dakwah ajaran agama Islam. Maka, muslim perlu cermat dalam memilih guru ketika mengambil pelajaran lewat media, mengingat biasa siapa saja yang mengunduhnya.

Memilih guru yang tepat sangat diperlukan, jangan sampai justru awalnya ingin memperbanyak ilmu agama malahan terjerembap ke dalam lingkaran kesesatan. Anjuran untuk memilih guru yang tepat sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Rajab

إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم

“Ilmu ini adalah bagian dari agama kalian, maka perhatikanlah baik-baik dari siapa kalian mengambil ilmu agama” (Diriwayatkan oleh Ibnu Rajab dalam Al Ilal, 1/355).

Hal yang telah dipaparkan di atas, intinya muslim perlu hati-hati dalam mengambil dengan melihat terlebih dahulu siapa yang menyampaikan. Ada pun tokoh ulama yang bisa menjadi modal kita mencari ilmu agama di antaranya: Gus Baha’, Buya Yahya, Habib Quraisy Shihab, Ustadz Abdul Somad, dan lainnya.

  1. Berdasarkan Sumber yang Kredibel

Bukan hanya dilihat dari siapa ilmu agama itu disampaikan, muslim perlu memperhatikan berasal dari sumber apa? Tentunya perlu yang kredibel dipercaya kebenarannya, tidak asal-asalan comot sana-sini. Dikhawatirkan bisa menyesatkan nantinya.

  1. Menyaring dengan Cermat Isinya

Cermat dan teliti mengambil dengan menyaring bisa jadi dalam penyampaian dakwah ada yang salah, atau tidak sesuai. Tidak dibenarkan lantas muslim yang terlanjur memilih media sebagai pembelajaran agama Islam mengalihkan belajar agama secara tatap muka.

Belajar agama langsung kepada guru yang bersangkutan dengan bersedia datang, jauh lebih baik daripada lewat media. Keutamaan-keutamaannya tergolong langkahnya menuju majelis ilmu sebagai ibadah, mendapatkan ilmu serta lebih berkah InsyaAllah.

Sobat Cahaya Islam, tiga poin tips belajar agama lewat YouTube yang bisa diterapkan umat Islam. Semoga YouTube eror tidak lagi terjadi, yang bisa mengganggu proses pembelajaran maupun dakwah. Serta, semoga bermanfaat dan menerapkan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY