Artis Lucinta Luna Tansgender? Bagaiamana Hukumnya dalam Islam

0
472
Artis Lucinta Luna

Artis Lucinta Luna – Artis Lucinta Luna selama ini santer diisukan sebagai transgender. Hal tersebut memang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat, terutama di kalangan media sosial. Bagaimana Islam memandang seorang transgender?

Makhluk ciptaan Allah SWT, laki-laki atau perempuan, telah ditentukan oleh Allah SWT. Ketetapan tersebut selalu didasarkan pada rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Allah SWT Maha mengetahui segala sesuatu yang tidak kita ketahui.

Hukum Islam Tentang Artis Lucinta Luna yang Diisukan Transgender

Allah SWT mengetahui mana di antara ciptaan-Nya yang laki-laki dan mana yang perempuan. Oleh karena itu, kita manusia memiliki akal dan pengetahuan yang terbatas, harus yakin sepenuhnya dengan takdir Allah SWT, dan selayaknya berserah diri kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadisnya, beliau melaknat orang-orang yang merubah ciptaan Allah, laki-laki yang berubah menjadi perempuan atau sebaliknya. Wajib kuta ketahui bahwa setiap perbuatan yang dilaknat oleh Allah dan RasulNya adalah berarti dosa besar. Berikut hadis yang dimaksud.

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari 5885).

Menjadi Transgender Adalah Bujuk Rayu Setan

Artis Lucinta Luna

Mengubah-ubah ciptaan Allah SWT ada dalam rencana visi upaya setan untuk menyesatkan umat manusia. Setan berjanji akan berbisik kepada manusia sampai mereka mengubah ciptaan ALLAH SWT. Kemudian, manusia yang tergoda bujuk rayu setan, akan benar-benar mengubahnya.

Rencana tersebut bukan lagi sebatas godaan, tetapi setan benar-benar sudah berhasil menggoda manusia. Sehingga kita bisa melihat sekarang ini, seorang pria yang mengubah dirinya menjadi seorang wanita. Seperti isu yang beredar tentang artis Lucinta Luna. Peringatan Allah terhadap hal tersebut, ada dalam ayat di bawah ini.

إِنْ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ إِلاَّ إِناثاً وَإِنْ يَدْعُونَ إِلاَّ شَيْطاناً مَرِيداً لَعَنَهُ اللَّهُ وَقالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبادِكَ نَصِيباً مَفْرُوضاً وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذانَ الْأَنْعامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْراناً مُبِيناً

‘’Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka,yang dilaknati Allah dan setan itu mengatakan: “Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya) dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya”. Barang siapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. An-Nisa : 117-119)

Akibat Mengubah Ciptaan Allah

Perbuatan merubah ciptaan Allah SWT, adalah perbuatan yang menyenangkan setan. Setan senang jika manusia terjerumus dalam bujuk rayunya. Karena ketika seorang manusia merubah ciptaan Allah, berarti setan sudah berhasil menyesatkan manusia dalam beberapa poin, di antaranya adalah ;

  • Membuat manusia benci terhadap ciptaan Allah SWT
  • Malu atas ketetapan Allah SWT
  • Membuat manusia sombong, dengan yakin bahwa apa yang mereka ciptakan dengan tangan mereka sendiri lebih baik daripada ciptaan Allah SWT.
  • Tidak ridho atau menentang takdir Allah SWT.

Itulah poin-poin penyesatan dari setan untuk manusia yang tergoda pada bujur rayunya. Sobat Cahaya Islam, memang ada beberapa pengecualian Islam terhadap kasus ini. Karena ada beberapa orang yang lahir dengan kelamin ganda bahkan tanpa kelamin. Akan tetapi, tetap ada batasan dan aturan dalam merubah hal-hal tersebut.

Batasan Merubah Ciptaan Allah

Dalam beberapa kasus, meskipun jarang ditemui, ada orang-orang yang terlahir dengan kelamin ganda atau tanpa kelamin. Kasus-kasus seperti ini diatur dalam Islam dan memiliki syarat dan ketentuan yahg berlaku. Diantara kasus-kasus tersebut adalah:

1.      Orang Normal Tanpa Diagnosa Medis Tertentu

Yaitu orang yang telah memiliki satu jenis kelamin, dan lengkap dengan semua organ yang menunjangnya. Misalkan, seorang lelaki memiliki kelamin laki-laki dan juga memiliki semua organ reproduksi laki-laki lainnya. Dalam keadaan seperti ini, haram melakukan perubahan dengan alasan apa pun.

Meskipun dia memiliki paras yang cantik, kulit yang lembut dan kriteria perempuan lainnya. Atau bahkan jika dia memiliki ketertarikan dengan sesama jenisnya. Tetap tidak bisa dilakukan perubahan. Karena yang menjadi acuan bukan parasnya dan ketertarikannya. Apalagi jika hanya untuk kepentingan suatu perkerjaan seperti kabar dari artis Lucinta Luna yang beredar.

2.      Orang Yang Belum Nampak Jenis Kelaminnya

Artis Lucinta Luna

Bayi yang lahir dengan kelamin atau reproduksinya belum tumbuh, sejak lahir memiliki ciri fisik lelaki, namun kelamin lelakinya belum nampak dengan sempurna. Dalam hal ini, diperbolehkan melakukan tindakan medis yang sesuai, untuk memacu atau menumbuhkan  kelaminnya secara normal.

3.      Orang Yang Lahir  Dengan Dua Kelamin Sekaligus

Ada beberapa kasus orang yang lahir dengan kelamin ganda. Dalam kasus ini dia harus menunggu sampai usia tertentu hingga diketahui alat kelamin yang dominan, kemudian dilakukan operasi membuang alat kelamin yang tidak berfungsi. Proses itu harus didampingi tenaga medis sesuai ahlinya.

Sobat Cahaya Islam, isu yang beredar tentang artis Lucinta Luna kita harapkan hanya sekedar isu, bukan fakta. Karena sebagai umat Islam, perbuatan merubah ciptaan Allah SWT itu adalah haram. Perbuatan yang dilaknat Rasulullah SAW.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY