Artis Inisial ST dan MA, Publik Figur yang tidak Perlu Ditiru, Sebaiknya Publik Figur Muslim itu Seperti Apa?

0
65

Artis Inisial ST dan MA – Sangat disayangkan, publik figur itu kembali meneteskan noktah negatif di kalangan artis Indonesia. Pasalnya kedua artis itu masuk dalam daftar pelaku prostitusi online, sebenarnya sudah ada artis yang terjerat kasus serupa.

Dikarenakan tindakan artis inisial ST dan MA yang menyalahi hukum perundang-undangan Indonesia, mereka dikenakan pidana. Apalagi posisi mereka sebagai publik figur tentu tidak pantas jika menyalahi hukum, karena dikhawatirkan bisa menjadi contoh buruk bagi masyarakat umumnya.

Berposisi sebagai publik figur sebuah kesempatan tersendiri yang mana bisa menjadi acuan masyarakat secara luas. Akan tetapi tidak jarang ditemukan publik figur yang tertangkap basah melakukan tindakan yang dilarang baik agama maupun negara.

Sobat Cahaya Islam, menjadi publik figur yang menjalankan syariat agama Islam, sebaiknya bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat luas dengan melihat posisinya yang efektif berpengaruh.

Oleh karena itu, mari kita telaah  bersama bagaimana kriteria publik figur muslim yang baik menurut pandangan agama Islam? Setidaknya bisa menjadi pengetahuan dan pengingat kita untuk senantiasa menjalankan ajaran agama Islam.

Tidak Patut Meniru Artis Inisial ST dan MA, Publik Figur Muslim yang Baik Menurut Islam

Publik figur yang memberikan kesan tidak baik, sebaiknya umat Islam janganlah ditiru. Adapun jika memberi kesan baik sudah sepatutnya ditiru, berbicara tentang kesan yang baik berikut kriteria publik figur muslim yang baik.

  1. Memberi Teladan yang Baik

Muslim yang baik sebaiknya bisa memberi teladan yang baik terutama dengan cara amaliahnya (perbuatan). Seperti kesantunan dalam bergaul, budaya membantu sesama, atau bahkan caranya memilih konsisten dengan prinsip yang baik.

  • Menjaga Nama Baik Agama

Jika pun lewat perilaku belum mampu menjalankan secara penuh syariat-syariat agama. Setidaknya publik figur muslim bisa menjaga nama baik agama Islam. Tidak mendiktekan agama lain dengan kata-kata yang tidak mengenakkan. Mengingat pada hakikatnya semua agama mengajarkan nilai kasih sayang.

  • Menghindari Hal yang Dilarang Agama

Merasa belum juga pantas sebagai publik figur yang pantas untuk ditiru. Tidak dipermasalahkan, bisa dengan cara menghindari (mencegah) hal-hal yang dilarang menurut agama, semisal melakukan hubungan di luar nikah, terjerumus kasus narkoba, prostitusi online, dan kejahatan lainnya.

  • Mengajak kepada Kebaikan

Ajak masyarakat kepada kebaikan, semisal dengan tanggap bencana membantu sesama yang membutuhkan. Peka terhadap keadaan sekitar, dan lainnya yang notabene terlihat sepele tetapi justru tidak boleh disepelekan.

Pada hakikatnya mengajak kebaikan adalah bentuk menabung pundi-pundi pahala. Sebagaimana dalam dalil berikut yang menyatakan bahwa orang yang mengajak kebaikan akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berbuat kebaikan.

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

  • Sebagai Penguat Muslim Lainnya

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah” pepatah itu mungkin sudah sering kita dengar dari mulut ke mulut maupun lewat literasi. Apabila ada yang terkena musibah sebaiknya bisa menjadi penguat setidaknya dengan memberikan motivasi agar tidak terpuruk dalam dilema.

Sobat Cahaya Islam, itu lima poin ciri-ciri publik figur muslim yang baik. Semoga artis inisial ST dan MA segera menyadari kesalahannya dan tidak ada lagi publik figur yang mengikut kasus-kasus serupa hingga berujung tindak pidana. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY