Dita Karang Berulang Tahun, Bagaimana Cara Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam?

0
151

Dita Karang – Ulang tahun merupakan sebuah momen spesial yang mengingatkan kita tentang waktu dimana kita lahir. Orang-orang merayakan hari ulang tahunnya dengan berbagai macam cara, tidak terkecuali dengan Dita Karang.

Dia menghabiskan waktu hari ulang tahunnya dengan berkumpul bersama anggota SECRET NUMBER. Selain itu, banyak penggemar Dita Karang yang merayakan hari ulang tahunnya dengan memberikan hadiah birthday ads. Mereka selalu berharap agar idolanya selalu sehat dan bahagia.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu mensyukuri hidup kita. salah satunya adalah dengan mengingat bertambahnya usia kita. merayakan ulang tahun sebenarnya tidak salah apabila kita merayakannya dengan cara yang benar menurut Islam. Lalu, bagaimana cara merayakan ulang tahun menurut Islam?

Cara Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam Seperti yang Dilakukan Dita Karang

Ada banyak versi dan cara merayakan ulang tahun. Setiap orang pasti berbeda caranya. Ada yang merayakannya dengan mewah, tetapi ada juga yang merayakannya dengan sederhana seperti Dita Karang . Tidak peduli bagaimana cara setiap orang merayakan ulang tahun, hal yang lebih penting adalah makna dalam ulang tahun tersebut.

Ulang tahun bukan berarti kita akan mengulang tahun dimana waktu kita lahir dengan sama persis. Ulang tahun menandakan bahwa umur kita di dunia ini sudah semakin tua dan dekat dengan kematian yang sudah ditentukan di dalam takdir kita oleh Allah.

أَيۡنَمَا تَكُونُواْ يُدۡرِككُّمُ ٱلۡمَوۡتُ وَلَوۡ كُنتُمۡ فِي بُرُوجٖ مُّشَيَّدَةٖۗ وَإِن تُصِبۡهُمۡ حَسَنَةٞ يَقُولُواْ هَٰذِهِۦ مِنۡ عِندِ ٱللَّهِۖ وَإِن تُصِبۡهُمۡ سَيِّئَةٞ يَقُولُواْ هَٰذِهِۦ مِنۡ عِندِكَۚ قُلۡ كُلّٞ مِّنۡ عِندِ ٱللَّهِۖ فَمَالِ هَٰٓؤُلَآءِ ٱلۡقَوۡمِ لَا يَكَادُونَ يَفۡقَهُونَ حَدِيثٗا ٧٨

Artinya: Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: “Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun ( Q. S. Lukman: 22).

Selain itu, ulang tahun juga menandakan betapa panjangnya hidup kita di dunia ini yang seharusnya kita syukuri. Coba lihat, betapa banyak orang yang meninggal saat masih muda atau meninggal sebelum terlahir ke dunia ini.

Lalu, Bagaimana cara merayakan ulang tahun yang sesuai dengan ajaran agama Islam?

Caranya adalah:

1. Tasyakuran

Kita bisa melakukan tasyakuran dengan mengundang anak-anak yatim piatu atau orang-orang yang fakir miskin untuk menikmati hidangan makanan di rumah kita. Setelah itu, melakukan doa bersama agar kita selalu diberi kesehatan, rezeki, serta umur yang bermanfaat. Kemudian, kita memberikan shodaqoh sesuai dengan kemampuan kita kepada anak-anak yatim piatu atau orang-orang fakir miskin tersebut.

2. Berkumpul Dengan Keluarga

Cara yang lainnya lagiKita juga bisa menyambung silaturahmi keluarga dengan cara berkumpul bersama keluarga ketika merayakan ulang tahun. Perayaannya pun tidak perlu mewah mewah, dengan perayaan yang sederhana saja sudah bisa menjaga silaturahmi dan komunikasi antar anggota keluarga atau teman seperti Dita Karang.

3. Melakukan Introspeksi Terhadap Diri Sendiri

Selain itu, melakukan introspeksi terhadap diri kita sendiri. Introspeksi ini bertujuan untuk mengevaluasi sikap, perilaku, akhlak, dan ibadah kita selama setahun belakangan ini. Dengan melakukan introspeksi diri, kita dapat memperbaiki semua kekurangan kita dan menjadi lebih berusaha untuk menghargai hidup yang telah diberikan oleh Allah.

4. Melakukan Amal Jariyah

Daripada kita memboroskan harta untuk sebuah perayaan ulang tahun yang mewah, lebih baik kita banyak melakukan amal jariyah. Masih ingat bahwa pahala amal jariyah akan terus mengalir sampai hari akhir? Jika masih mengingatnya, tentu kita tidak lupa bahwa kita pun akan meninggal nantinya.

Amal jariyah dapat kita jadikan sebagai salah satu amal saleh kita untuk bekal di akhirat nantinya.  Untuk pembangunan masjid atau membuat sumber mata air untuk kepentingan orang banyak.

Itulah cara merayakan ulang tahun seperti yang dilakukan oleh Dita Karang. Semoga umur kita selalu diberkahi dan dirahmati oleh Allah. Amiinn….

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY