Ar Rahman Artinya “Maha Pemurah” Ini Keutamaan Beserta Manfaatnya yang Luar Biasa

0
31

Ar Rahman artinya – Ar Rahman merupakan salah satu nama baik Allah yang tercantum di dalam Asmaul Husna. Ar Rahman artinya adalah “Yang Maha Penyayang”, nama Ar Rahman juga Allah jadikan sebagai salah satu nama surat di Al-Quran, tak lain dan tak bukan surat Ar Rahman yang akrab dijadikan sebagai mahar pernikahan.

Dalam Asmaul Husna, Ar Rahman menggambarkan sifat Allah yang penuh kasih sayang terhadap semua makhluk yang telah diciptakannya di alam semesta ini. Ar Rahman juga termasuk ke dalam salah satu bahasa yang suci, Alif Lam Ra Ha Min Nun. Dalam Al-Quran, ke enam huruf ini disebut dengan Hijaiyyah Ismun Jami’ yang artinya tiada nama yang baik selain daripada nama Allah SWT.

Ar Rahman Artinya Allah Maha Pemurah, Ini 5 Keutamaannya!

Selain salah satu Asma Allah, Ar Rahman juga dikenal sebagai Arus Al Quran, jika di artikan secara harfiyah maka artinya adalah pengantinnya Al-Quran. Mengapa bisa dikatakan demikian? Penamaan surat Ar Rahman artinya sebagai pengantinnya Al-Quran ini muncul akibat keindahan dari surah ini serta terdapat pengulangan kata fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadzibaan.

Ar Rahman artinya “Maha pemberi nikmat dunia serta akhirat”, begitu pemurahnya Allah sampai Ia jadikan satu surat dalam Al-Quran yang fokus membahas segala nikmat yang telah Ia karuniakan kepada umat manusia.

Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman: 50-51)

  1. Memuji Allah

Ar Rahman merupakan salah satu nama Allah yang indah, melantunkannya sama saja halnya dengan memuji Allah atas semua kasih sayang yang telah Ia limpahkan di bumi ini. Membaca secara keseluruhan surat Ar Rahman sama halnya dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.

  1. Mengingatkan Diri Bahwa Allah Memiliki Sifat Ar Rahman

Mengingat Allah Sebagai Ar Rahman, yakni Allah maha pengasih kepada semua makhluknya di alam semesta. Dengan menyebut asma Allah dalam dzikir, akan mengingatkan kepada kita untuk senantiasa berkasih sayang kepada sesama makhluk ciptaan-Nya, entah itu binatang maupun tumbuhan.

Jika Allah saja maha pemurah kepada semua makhluknya di muka bumi, siapakah kita sehingga layak berlaku angkuh kepada sesama?

  1. Mengingatkan Kita Agar Terhindar dari Kufur

Sobat Cahaya Islam, apabila kita membaca dan menghayati dengan benar apa yang Allah sampaikan melalui surat Ar Rahman ini, sungguh kita akan menemukan betapa banyaknya nikmat dan karunia yang Allah berikan untuk kita.

  1. Memberitahu Kepada Manusia Bahwa Ia Makhluk Pelupa

Pengulangan ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadzibaan  yang terapat dalam surat Ar Rahman ini merupakan bentuk sindiran Allah kepada manusia yang kerap kali melupakan nikmat Allah dan bersifat kufur.

  1. Matinya Orang yang Membaca Surat Ar Rahman Seperti Mati Syahid

Dalam sebuah Tsawabul A’mal dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda mengenai keutamaan lain dari membaca surat Ar Rahman ini. Jika seseorang membaca surat Ar Rahman pada malam hari, dan keesokan harinya ia meninggal, maka matinya sama dengan mati syahid.

Sobat Cahaya Islam, ada begitu banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca surat Ar Rahman, semoga dengan ini kita menjadi manusia yang senantiasa bersyukur dan terhindar dari kufur atas nikmat Allah. Wallahualam bissawaab

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!