Roy Suryo Kena Fitnah, Utamakan Tabayyun

0
68
roy suryo

Roy Suryo – Beberapa hari yang lalu, media sempat dikejutkan dengan pemberitaan Bapak Roy Suryo, mantan Menpora dengan Lucky Alamsyah, artis senior di negeri. Perseteruan ini bermula ketika Lucky membuat postingan di Instagram terkait kasus tabrak lari.

Lucky melayangkan tudingan pada Bapak Roy, sementara beliau ternyata memberikan serangan balik dnegan melaporkan Lucky atas pencemaran nama baik. Kasus ini akhirnya berujung di kepolisian setempat.

Sobat Cahaya Islam, kasus yang terjadi pada Roy Suryo juga pernah terjadi pada deretan artis lainnya. Namun, hal yang perlu digarisbawahi yakni perlunya menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan juga melakukan proses tabayyun.

Apa Manfaat Tabayyun untuk Kasus Roy Suryo?

Sebelum membahas tentang manfaat, sebaiknya umat perlu memahami apa definisi dari tabayyun. Tabayyun dalam Islam dimaknai secara sederhana sebagai proses menanyakan terhadap lawan bicara atas permasalahan yang dituduhkan maupun sedang terjadi kasus dengannya dengan kondisi kepala dingin.

Tabayyun dapat menjadikan ummat untuk tidak saling berseteru maupun bertengkar. Namun, terkadang proses ini jarang dilalui ummat sebab umat secara fitrah suka merasa tidak sabaran. Saking tidak sabaran, umat jadinya melewati proses tabayyun dan langsung saling tuduh menuduh. Tentu hal ini, bukan sikap sejati kaum muslimin.

Proses Tabayyun sendiri sesuai dengan apa yang telah Allah SWT firmankan yakni :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurat: 6).

Justru sikap tak membiasakan tabayyun dapat menjadikan umat terpecah belah. Fenomena hari ini sudah menunjukkan bagaimana umat saling menjatuhkan antar jamaah maupun komunitas Tentu, hal ini akan menjadi penyakit bagi kejayaan Islam.

Gemilangnya suatu peradaban tak dapat diraih dengan kondisi umat yang mudah dikotak – kotakkan bahkan bisa langsung saling berseteru sehingga akan menimbulkan kebencian. Kebencian ini juga akan menyebabkan umat tak fokus untuk meraih kemenangan, namun malah memupuk rasa benci.

Apa Dampak Negatif Tidak Menjalankan Proses Tabayyun?

roy suryo

Jika proses tabayyun dilewati, maka hal ini akan menyebabkan beberapa dampak negatif diantaranya adalah :

1.      Menimbulkan Kebencian

Salah satu hal yang harus dihindari antar ummat yakni sikap saling membenci. Bahkan Rasulullah SAW tidak pernah sekalipun mengajarkan ummat untuk membenci antar muslim bahkan non – muslim sekalipun. Rasulullah SAW pernah melakukan suatu amalan dengan menyuapi orang Yahudi, padahal orang tersebut amat sangat membencinya.

Maka dari itu, sebagai umat yang meneladani Rasulullah SAW sudah seharusnya ummat tidak senantiasa menyebar kebaikan. Jika terdapat masalah, ada baiknya diselesaikan dengan cara yang ahsan dan sesuai syariat.

2.      Menimbulkan Balas Dendam

Kebencian ummat yang teramat mendalam pada yang dianggap alwan, tentu akan bertranformasi menjadi rasa balas dendam. Bila sudah demikian, maka kedengkian akan terus menyelimuti dalam hati. Padahal, bisa jadi permasalahan yang sedang dialami sebab karena kesalahpahaman

Tentu hal tersebut akan menjadikan ummat enggan untuk menyambung silah ukhuwah dengan orang yang dianggap sebagai lawan. Padahal memutus jalinan silah ukhuwah tak diperbolehkan oleh Allah SWT.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah bahasan mengenai pandangan Islam terhadap kasus Roy Suryo yang sedang santer di media. Semoga ulasan ini dapat menjadikan umat lebih memahami urgensitas dari melakukan tabayyun sehingga kedamaian dan keharmonisan antar umat dapat terjaga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY