Apa Saja Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban?

0
37
Malam Nisfu Sya’ban

Malam Nisfu Sya’ban – Malam yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, Malam Nisfu Sya’ban pada tahun 1442 H jatuh pada tanggal 28 Maret 2021. Nisfu Sya’ban merupakan istilah yang disebutkan untuk malam pertengahan pada bulan ke delapan  (bulan Sya’ban) yang terdapat dalam kalender Hijriyah. Di bulan ini terdapat malam di mana memiliki banyak keutamaan.

Sobat Cahaya Islam, mendengar Malam Nisfu Sya’ban tentunya bukan hal tabu di telinga. Hal ini menjadi salah satu malam yang amat ditunggu-tunggu. Pasalnya, banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Maka dari itu dianjurkan setiap muslimin untuk melakukan amalan-amalan yang bermanfaat guna meraih keutamaan di Malam Nisfu Sya’ban.

Keutamaan Nisfu Sya’ban

 Dalam menyongsong malam yang penuh dengan keutamaan serta keberkahan, hendaknya dipenuhi dengan amalan-amalan yang baik. Malam pertengahan bulan Sya’ban disebut juga nisfu Sya’ban. Hal ini hendaknya disongsong dengan semangat melakukan ragam amalan baik dan bermanfaat.

Firman Allah SWT:

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون  

 “Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kalian beruntung” (QS al-Hajj: 77)”   

Ayat di atas sebagai salah satu perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan amal perbuatan yang baik guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Begitu pun di Malam Nisfu Sya’ban yang akan segera tiba. Banyak keutamaan yang bisa diraih, yakni sebagai berikut:

1.   Dikabulkannya Doa

Dalam hadits yang dirimayatkan imam Ibnu Majjah, menyatakan bahwa siap saja kaum muslimin yang memanjatkan doa di bulan Sya’ban, maka Allah SWT akan mendengar dan mengabulkannya.

Keutamaan ini bisa diraih dengan melakukan amalan, seperti shalat, membaca surat Yaasin, berdzikir dan berdoa. Baik di bulan Sya’ban maupun waktu lainnya, kehendak Allah SWT tidak akan pernah berubah, baik doa maupun sedekah yang dilakukan seseorang adalah bentuk penghambaan diri terhadap Allah SWT.

2.   Diampuni Dosa

Nisfu Sya’ban juga memiliki keutamaan yakni diampuninya dosa. Hal inilah yang membuat Malam Nisfu Sya’ban  disebut pula sebagai malam maghfirah/ malam pengampunan.

Allah SWT senantiasa memberikan maghfirah bagis etiap hamba-Nya yang beriman dan melakukan amal shaleh. Sebaliknya, Allah SWT tidak akan memberikan maghfirah-Nya terhadap semua orang yang menyekutukannya.

Malam Nisfu Sya’ban

3.   Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Sobat Cahaya Islam, mari jadikan nisfu Sya’ban sebagai kesempatan untuk melakukan amalan yang bermanfaat seperti puasa, shalat di malam hari dan amalan baik lainnya.

Hal ini dilakukan duna mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Nisfu Sya’ban senantiasa menjadi langkah untuk memperbaiki diri, serta bisa menjalin persaudaraan yang baik dengan sesama muslim. Selain itu, sebagai salah satu kesempatan untuk menghilangkan akhlak tercela yang tersematkan dalam diri.

Keberadaan Malam Nisfu Sya’ban senantiasa menjadi salah satu kesempatan kaum muslimin untuk menabar kebaikan serta amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal ini mengingat keutamaan yang bisa diraih di Nisfu Sya’ban yang akan segera tiba. Meskipun begitu, pada malam-malam lainnya pun , Sobat Cahaya Islam senantiasa menebar kebaikan guna meraih Rahmat dan Maghfirah-Nya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY