Apa itu Ibrah dalam Islam dan Urgensinya bagi Pemuda

0
8369
apa itu ibrah

Apa itu Ibrah – Sebagian pemuda Islam pasti belum memahami sepenuhnya apa itu ibrah. Padahal, ibrah ini sangat penting agar cita – cita dan perjuangan pemuda dalam hidup dapat terwujud. Pun juga bisa menjadi motivasi bagi mereka.

Sobat Cahaya Islam, di era serba canggih seperti sekarang tentu mudah untuk memahami apa itu ibrah. Hanya saja, pemuda juga perlu memastikan sumber informasi yang mereka dapatkan merupakan sumber keilmuan Islam yang terpercaya. Bukan asal comot dan malah membahayakan pemikiran. 

Apa itu Ibrah dalam Pemahaman Islam

apa itu ibrah

Sebagai seorang pemuda Islam tentu merupakan hal yang wajar untuk belajar tentang apa itu ibrah. Menurut terminologi bahasa arab, sederhananya ibrah berasal dari kata abara-ya’buru-abratan.

Dimana kata ini mengandung makna menyeberang dari satu sisi (tepi) ke sisi (tepi) yang lain. sedangkan dari sisi istilahnya, ibrah dapat dimaknai dengan adanya kondisi untuk memahami kandungan inti dari perkara tertentu.

Kandungan inti dari perkara tersebut telah mengalami berbagai proses identifikasi sampai analisa sehingga menjadikan si pemikir memunculkan ketaatan dan mendorong perilaku untuk mencontoh keteladanan dari hal tersebut.

Sebagai contoh,itu yang dapat diambil dari kehidupan di dunia yakni bagaimana piawainya manusia dapat mencari jalan menuju surga dengan segudang cara namun tidak berbenturan dengan syariat.

Misalnya, ada suatu kisah masyhur terkait seorang ahli ibadah. Jika dipikir secara logika, tentu ahli ibadah tersebut sudah bisa masuk surga bukan?

Namun, di akhir kisah, ahli surga tersebut diseret ke neraka lantaran niat ibadahnya hanyalah ingin dipuji.

Ibrah yang bisa diambil yakni manusia harus senantiasa memastikan niatnya beribadah lillahita’ala. Hal ini merupakan konsekuensi pemuda Islam sebagaimana yang ada di surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Urgensi Mengambil Ibrah Bagi Pemuda Islam

apa itu ibrah

Ada beberapa hal yang menjadi urgensitas mengapa pemuda harus mengambil ibrah dari setiap kejadian. Beberapa diantaranya yakni :

1.    Sebagai Pemastian Keimanan Diri

Hal pertama yang menjadi urgensitasnya yakni ibrah diambil untuk dapat dijadikan unsur dalam meningkatkan keimanan.

Semakin banyak pemuda mengambil ibrah dari setiap kejadian yang ada di sekitar, maka semakin besar pula peluang mereka untuk meningkatkan keimanan diri.

Meningkatkan keimanan sampai pada level menerapkan syariat Islam secara keseluruhan. Sebagaimana halnya yang termaktub dalam firman Allah Ta’ala di surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

2.    Sebagai Upaya Menggapai Ketenangan Hidup

Hal selanjutnya yakni sebagai upaya pemuda untuk menciptakan ketenangan dalam hidup.

Alamiahnya, proses pembelajaran yang dilakukan seseorang akan memberikan dampak ketenangan dalam diri. Ketenangan akan semakin muncul manakala semakin banyak ibrah yang dikaji dari setiap kejadian.

Di era kehidupan yang serba membuat gamang seperti sekarang, tentu tidak mudah bagi pemuda agar bahagia bukan?

Maka, mencari dan mengusahakan sebuah ibrah dalam kehidupan adalah hal yang perlu ditingkatkan. Mencari ketenangan hidup sendiri tentu membutuhkan ilmu sehingga tidak semua aktivitas akan menghasilkan ibrah yang berorientasi akhirat.

Maka benar firman Allah Ta’ala dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan apa itu ibrah dan penjelasan mengenai urgensitasnya bagi pemuda. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY