Pahamilah Apa Itu Ahlul Bait Indonesia

0
230
apa Itu Ahlul Bait Indonesia

Apa Itu Ahlul Bait Indonesia – Dewasa ini istilah ahlul bait kurang terdengar aktif di telinga khalayak umum. Hal ini disebabkan karena banyaknya para muslim generasi muda yang belum mengenal ahlul bait. Dalam hal ini hendaknya sobat memahami konsep apa Itu Ahlul Bait Indonesia dan siapa saja tokoh di dalamnya. Hal tersebut bertujuan guna menjaga dan menghormati para ahlul bait dari Rasulullah SAW.

Kenali Apa Itu Ahlul Bait Indonesia dan Keistimewaannya

Konsep Ahlul bait sejatinya perlu dipahami oleh seluruh umat muslim di dunia. Ahlul bait merupakan julukan yang diberikan kepada “orang rumah” atau merujuk pada para keluarga Nabi Muhammad SAW serta keturunannya. Untuk lebih dalam, pahamilah istilah ahlul bait melalui pemaparan berikut.

1.      Konsep Ahlul Bait Menurut Islam

apa Itu Ahlul Bait Indonesia

Dalam konsep Ahlussunnah Wal Jamaah, ahlul bait dimaknai sebagai Dzurriyah atau keturunan Rasulullah SAW. Para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah berpendapat bahwa ahlul bait merupakan seluruh anak cucu garis keturunan nabi melalui jalur hasan dan husein bin Ali. Ahlul bait juga tergolong kaum yang dilarang menerima zakat. Hal ini sesuai dengan kutipan berikut.

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Anfal:41)

Pemaparan firman Allah di atas ialah anjuran untuk membagi harta ghanimah, salah satunya kepada ahlul bait. Hal inilah yang melatarbelakangi dilarangnya ahlul bait menerima zakat karena Allah mencukupkan rezeki mereka melalu harta ghanimah.

Pendapat lain dikemukakan oleh kaum salafi, bahwa ahlul bait tidak hanya mencakup garis keturunan Ali. Kaum salafi berpendapat bahwa ahlul bait ialah seluruh umat muslim yang memiliki ketaatan dalam beragama. Hal ini dipicu dengan argumen yang menyatakan bahwa hubungan kelurga kekeluargaan dengan nabi dapat diukur melalui ketaatannya.

2.      Keistimewaan Ahlul Bait

apa Itu Ahlul Bait Indonesia

Selain mengenal konsep apa Itu Ahlul Bait Indonesia, Sobat juga perlu memahami keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada para ahlul bait. Rasulullah sangat mencintai semua keturunannya. Untuk itu, beliau memberikan imbauan kepada seluruh umatnya untuk senantiasa menghargai dan menghormati para ahlul bait. Hal ini ditekankan dalam ayat berikut.

لأهل بيت رسول الله صلى الله عليه وسلم شرف، ولرسول الله صلى اللهعليه وسلم  بهم مزيد عناية وقد أكثر على أمته من الوصيّة بهم والحث على حبّهم ومودتهم. وبذالك أمرالله تعالى في كتابه في قوله تعالى: “قل لا أسألكم عليه أجرا إلا المودة في القربى” .(الشورى، ٢٣) ـ

Artinya: “Ahlul Bait memiliki kemuliaan tersendiri, dan Rasulullah telah menunjukkan perhatiannya yang besar kepada mereka. Beliau berulang-ulang berwasiat dan mengimbau agar umatnya mencintai dan menyayangi mereka. Dengan itu pula Allah subhanahu wataála telah memerintahkan di dalam Al-Qur’an dengan firman-Nya: “Katakanlah wahai Muhammad, tiada aku minta suatu balasan melainkan kecintan kalian pada kerabatku.” (QS 42:23).

Ayat tersebut menegaskan bahwa sesungguhnya ahlul bait diberi karunia kemuliaan berupa cinta kasih dari Rasulullah SAW. Rasul mengimbau pula agar seluruh umat muslim turut menyayangi mereka karena ahlul bait merupakab bagian dari diri Rasulullah SAW. Untuk itu, cintailah ahlul bait seperti Sobat mencintai Rasulullah SAW.

Melalui pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa ahlul bait merupakan anak keturunan nabi yang wajib dihormati dan disayangi. Untuk para generasi muda, hendaknya memahami secara mendalam konsep  apa Itu Ahlul Bait Indonesia. Hal ini untuk menerapkan anjuran serta mencari ridho dari Rasulullah SAW dan Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY