Menjaga Kesehatan Tubuh adalah Bentuk Rasa Syukur kepada Allah

0
67
Menjaga Kesehatan Tubuh adalah Bentuk Rasa Syukur kepada Allah

Menjaga kesehatan tubuh – Sobat cahaya islam pernah ngalamin gak? Pas lagi harusnya puasa tapi harus batal karena lagi sakit cukup parah dan harus minum obat? – Atau mungkin kebangun buat sholat subuh tapi badan lagi gregesin dan lemes banget? Gimana kebayang nggak enaknya kan?

Kesehatan sungguh sangat penting. Tidak hanya untuk kita bisa menjalankan kehidupan kita dengan normal dan lancar. Namun juga termasuk untuk mendukung kemulusan tidak ibadah kita kepada Allah.

Kesehatan adalah nikmat Allah yang banyak dilalaikan manusia

حَدَّثَنَا الْمَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ ـ هُوَ ابْنُ أَبِي هِنْدٍ ـ عَنْ أَبِيهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ـ رضى الله عنهما ـ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ ‏”‏‏.‏
قَالَ عَبَّاسٌ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم مِثْلَهُ‏.

Diceritakan dari Ibnu Abbas dalam hadits sahih Bukhari 6412 diatas bahwa Rasulullah pernah bersabda: Sungguh ada dua nikmat Allah yang dilalaikan oleh manusia. Yaitu (1) Nikmat Sehat, dan (2) Nikmat Waktu luang (untuk berbuat kebajikan)

Bisa dicerna dengan jelas ya sobat cahaya islam semuanya. Bahwasanya kesehatan adalah termasuk dalam nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita. Salah satu anugerah yang akan selalu diberikan dan kita sebagai manusia akan merasakan bahwa itu adalah hal terbaik untuk kita ketika kita kedatangan sakit. Ngaku nggak?!!

Kalau tubuh sehat adalah nikmat Allah, Bukankah Menjaga kesehatan Tubuh adalah penting untuk menghindari siksa Allah yang pedih

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Kutipan surat Ibrahim ayat 7 diatas menjelaskan satu hal penting. Bahwa Allah akan menambah nikmat yang diberikan olehNya kepada hambaNya yang bersyukur. Dan jika tidak bersyukur, maka Allah akan menyiksa dengan siksaan yang pedih.

Menjaga kesehatan tubuh adalah satu bentuk dari mensyukuri nikmat Allah, dan dengan membiasakan pola hidup sehat, badan kita akan senantiasa sehat (nikmat sehat ditambah oleh Allah). Namun bila kita tidak bersyukur (membiasakan kebiasaan buruk yang tidak menyehatkan badan) niscaya kita akan disiksa dengan siksaan yang pedih. Bisa jadi kita akan terserang penyakit dan lain lainnya.

***

Sekarang sobat cahaya islam sudah sedikit banyak paham ya soal kenapa penting banget untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semua ini kita lakukan semata mata bukan karena kita terlalu mencintai dunia, bukan begitu cara pandangnya. Mulai sekarang yuk diganti cara pandangnya menjadi menjaga kesehatan tubuh untuk memaksimalkan ibadah dan merawat pemberian anugerah dari Allah dalam tubuh kita. Organ tubuh yang bekerja dengan lancar dan sehat. Limpahkan gaya hidup sehat dan kebiasaan baik untuk kebugaran sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah. Bukankah kita wajib untuk mensyukuri nikmat Allah? Semoga bermanfaat yaa

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!