Keutamaan Membaca Ayat Kursi sebelum Masuk Rumah Bagi Umat Islam

0
982
Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Keutamaan membaca ayat kursi – Islam adalah agama yang sempurna di mana segala sesuatu telah tersusun dan terstruktur, tak terkecuali mengenai adab masuk rumah.

Manfaat luar biasa dari surat Al-Baqarah ayat 255 ini terletak pada maknanya. Yang menjelaskan ungkapan-ungkapan tauhid serta merumuskan sikap dan prinsip seorang muslim.

Berdasarkan uraian di atas Sobat Cahaya Islam tahu tidak apasaja sih, keutamaan ayat kursi menurut hadits-hadits sahih? Yuk kita simak keutamaan membaca ayat kursi Bagi Umat Islam di bawah ini.

KEUTAMAAN MEMBACA AYAT KURSI

1.      Ayat Yang Paling Agung

Apa sih yang penyebab ayat kursi lebih agung? Imam Nawawi menyebutkan, para ulama berkata bahwa hal itu di sebabkan di dalamnya terdapat nama dan sifat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sangat penting, yaitu al-Hayyu, Al-Qayyum, Sinnah, Kursiyyuhua’uduhu. Itulah nama-nama dan sifat dasar yang terdapat di dalam ayat kursi.(Syarh ShahihMuslim,6:85)selain itu, terdapat pula hadis

Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?” Aku menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dadaku dan berkata, “Semoga engkau mudah memperoleh imu, wahai Abul Mundzir.” (HR. Muslim no. 810)

Al-Qadhi ‘Iyadh menyatakan, “Hadits ini adalah dalil akan bolehnya mengutamakan sebagian Al-Qur’an dari lainnya dan mengutamakannya dari selain kitab-kitab AllahSubhanahu Wa Ta’ala. Maknanya ialah pahala membacanya begitu besar, itulah makna hadits.”

2.      Bacaan Zikir Sebelum Tidur

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Terdapat beberapa sunnah yang harus kita kerjakan sebelum tidur, mulai dari doa, zikir hingga posisi tidur, diantaranya ialah membaca ayat kursi, hal ini berlandaskan pada hadis di bawah ini:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

3.      Penyebab Masuk Surga

Mengamalkan dan membaca ayat al-qur’an dapat memberikan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Ayat kursi merupakan ayat yang terdapat pada al-qur’an. Sehingga apabila Sobat Cahaya Islam rutin membaca dan mengamalkan  ayat kursi maka akan mendapatkan keutamaan serta manfaat yang sangat banyak.

Hendaknya setiap muslim terus bersemangat dan berlomba-lomba dalam hal beribadah dan mengerjakan segala sesuatu yang bermanfaat baginya dan juga akhirat.

Setelah kita melihat berbagai keutamaan dan keunggulan dari ayat kursi tentu, sobat cahaya islam penasaran. Apasih keutamaan dari ayat kursi lainya? Nah ini dia, mari kita simak keutamaan membaca ayat kursi sebelum masuk rumah bagi umat islam.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Masuk Rumah

Berdasarkan uraian di atas terdapat banyak sekali faedah dari mengamalkan ayat kursi. Lalu, apasih keutamaan membaca ayat kursi sebelum masuk rumah, yuk Sobat Cahaya Islam mari kita belajar lebih jauh dan simak keutamaan membaca ayat kursi sebelum masuk rumah yang akan di uraikan dibawah ini.

1.      Didoakan Oleh Malaikat

Sebagai umat Islam, kita hanya boleh mengingat dan berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Namun siapa sih yang tidak ingin di doakan oleh malaikat ketika sedang beraktifitas di luar ataupun di dalam rumah, pastinya diri akan merasa lebih aman.

2.      Selalu Dalam Lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Sobat Cahaya Islam salah satu keutamaan membaca ayat kursi sebelum masuk rumah yang bisa kita rasakan adalah mendapat perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ketika Sobat Cahaya Islam membaca ayat kursi pada sore hari maka akan di lindungi hingga malam hari begitu pula sebaliknya.

Hal ini beralandaskan dengan hadis yang diriwayatkan Ubay bin Ka’b radhiallahu ‘anhu, disebutkan bahwa si jin mengatakan:

مَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُمْسِيَ

“Barangsiapa membacanya ketika sore, ia akan dilindungi dari kami sampai pagi. Barangsiapa membacanya ketika pagi, ia akan dilindungi sampai sore.” (HR. ath-Thabrani no. 541, dan al-Albani mengatakan bahwa sanadnya bagus)

3.      Tidak Ada Yang Menghalangi Masuk Surga

Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani no. 7532, dihukumi shahih oleh al-Albani)

Maksud hadits ini, tidak ada yang menghalanginya masuk syurga selain kematian adalah setelah ia meninggal dan berada di akhirat nanti. Tentu, yang bisa mendapatkanya adalah orang yang senantiasa taat dan istiqomah dalam mengamalkan  ayat kursi, serta yang beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Nah, Sobat Cahaya Islam, setelah kita simak keutamaan membaca ayat kursi sebelum masuk rumah bagi umat islam serta keutamaan lainya. Hendaklah kita senantiasa menghafalkan dan mengamalkanya, semoga kita selalu di beri kemudahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY