Anjuran Mencari ilmu yang sangat dianjurkan dalam Islam

0
288
Anjuran Mencari ilmu yang sangat dianjurkan dalam Islam

Anjuran Mencari ilmu – Di dalam agama Islam mencari ilmu merupakan kewajiban bagi muslim dan muslimah. Ilmu merupakan kunci dari segala kebaikan. Dengan ilmu kita akan bisa melakukan kewajiban yang Allah perintahkan kepada kita. Kita bisa membedakan mana hal yang buruk dan baik hanya dengan kita mempelajari ilmu. Maka dari itu Allah memerintahkan kepada kita untuk wajib mencari ataupun menuntut ilmu. Pentingnya menuntut dan mencari ilmu tertera dalam hadits nabi sebagai berikut:

( وَقَوْله عَزَّ وَجَلَّ : رَبّ زِدْنِي عِلْمًا ) وَاضِح الدَّلَالَة فِي فَضْل الْعِلْم ؛ لِأَنَّ اللَّه تَعَالَى لَمْ يَأْمُر نَبِيّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِطَلَبِ الِازْدِيَاد مِنْ شَيْء إِلَّا مِنْ الْعِلْم ، وَالْمُرَاد بِالْعِلْمِ الْعِلْم الشَّرْعِيّ الَّذِي يُفِيد مَعْرِفَة مَا يَجِب عَلَى الْمُكَلَّف مِنْ أَمْر عِبَادَاته وَمُعَامَلَاته ، وَالْعِلْم بِاَللَّهِ وَصِفَاته ، وَمَا يَجِب لَهُ مِنْ الْقِيَام بِأَمْرِهِ ، وَتَنْزِيهه عَنْ النَّقَائِض

“firman Allah ta’ala (yang artinya),’wahai rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu’ mengandung dalil yang tegas tentang keutamaan ilmu. Karena sesungguhnya Allah ta’ala tidaklah memerintahkan nabi-nya shallAllahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta tambahan sesuatu kecuali (tambahan) ilmu. Adapun yang dimaksud dengan (kata) ilmu di sini adalah ilmu syar’i. Yaitu ilmu yang akan menjadikan seorang mukallaf mengetahui kewajibannya berupa masalah-masalah ibadah dan muamalah, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifatnya, hak apa saja yang harus dia tunaikan dalam beribadah kepada-nya, dan mensucikan-nya dari berbagai kekurangan”. (fathul baari, 1/92)s

Manusia dengan Cipta, Rasa dan Karsa Harus Mengisi jiwa dan Pikirannya dengan ilmu

Allah memberikan akal pada manusia agar supaya manusia berpikir. Akal bisa digunakan jikalau manusia mengisinya dengan ilmu. Tanpa ilmu dan akal manusia tidak akan pernah bisa menjalani kehidupan dengan baik. Ilmu agama kalau tidak dipelajari dengan akal maka ilmu tersebut tidak akan masuk ke otak kita dan kita tidak bisa mengamalkan ilmu agama dengan baik. Kalau kita tidak sungguh-sungguh mencari ilmu maka kebodohan akan menutupi kita dari ilmu Allah yang sangat luas.

Supaya sobat cahaya Islam tahu keutamaan mencari ilmu, berikut ini kita akan berikan ulasan tentang beberapa manfaat-manfaatnya:

Anjuran Mencari Ilmu Sebagai Bentuk Output Amal jariyah

Ada tiga hal yang tidak akan terputus amalnya yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh kepada kedua orang tuanya. Orang yang mencari ilmu kemudian membagikan ilmunya kepada orang lain, maka ia tetap akan menerima pahala meskipun ia sudah meninggal. Karena ilmu yang ditularkan juga ditularkan oleh seseorang yang ia ajari sebelumnya.

ilmu Ibarat Mendapat anugerah yang besar dari Allah karena Mencintai dan Takut KepadaNya

Di dalam ilmu terdapat hikmah dan anugerah dari Allah. Siapapun yang menuntut dan mencari ilmu, maka Allah akan memberikannya hikmah serta karunia yang banyak. Kita bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari setiap pelajaran yang Allah berikan kepada meskipun itu berupa musibah atau cobaan. Karena ilmu hikmah serta anugerah yang besar dari Allah itulah kita bisa mengambil pelajarannya.

Maksudnya adalah seseorang yang berilmu akan menjadi lebih takut kepada Allah, sehingga dia akan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah. Setelah mendapatkan ilmu, kita akan mengetahui betapa besarnya Allah. Takut kepada Allah merupakan salah satu ciri orang yang beriman dan taqwa pada Allah. Dalam hal ini, dengan ilmu kita bisa membedakan antara yang benar dan salah

Orang  berilmu akan memiliki prinsip hidup yang kuat. Ia tidak akan mudah terpengaruh hal-hal negative dari sembarang orang. Karena ia sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Anjuran Mencari ilmu Karena itu Sarana Mengangkat Derajat Kita & Sebagai jalan menuju surgaNya

Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu. Manfaat kita mencari ilmu adalah kita akan menjadi seseorang yang mempunyai ilmu. Ibnu abbas ra. Berkata bahwa orang yang berilmu mempunyai keunggulan 700 derajat di atas orang yang beriman, yang mana jarak antara dua derajat adalah perjalanan 500 tahun.

Allah menempatkan seseorang di surganya karena sewaktu hidup di dunia orang tersebut menjalankan segala perintahnya dan menjauhi hal-hal yang menjadi laranganNya. Seperti yang sudah kita jelaskan di atas bahwa orang yang berilmu bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Maka sewaktu hidup di dunia pun orang tersebut selalu melakukan perbuatan yang baik dan cenderung meninggalkan yang buruk. Karena ia sudah tahu ilmunya dan bisa membedakan antara yang baik dan buruk.

Sungguh beruntung orang yang memiliki ilmu yang luas. Orang berilmu biasanya akan menjadi alim. Oleh karena itu setiap alim mempunyai derajat yang tinggi di hadapan Allah. Begitupun dihadapan sesama manusia yang biasanya memberikan rasa segan dan hormat. Jadi sobat cahaya Islam, meskipun sudah tua jangan patah semangat dalam mencari ilmu. Gunakan waktu muda kita untuk terus semangat mencari ilmu untuk bekal di dunia maupun bekal di akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY