Motivasi Islam: Yuk Kenali manfaat shalat sunnah rawatib

0
234
Motivasi Islam Yuk Kenali manfaat shalat sunnah rawatib

Ada beberapa macam shalat sunah, misalnya shalat dhuha, qiyamul lail, rawatib, dan lain-lain. Shalat sunah apabila dikerjakan pahalanya sangat besar meskipun tidak wajib dan tidak berdosa jika tidak dilaksanankan. Salah satu shalat sunah yang pahalanya besar jika dikerjakan adalah shalat sunnah rawatib. Sobat cahaya Islam tahu apakah shalat rawatib itu itu? Shalat rawatib ialah shalat sunah yang dilakukan sebelum dan sesudah shalat wajib 5 waktu. Shalat rawatib sebelum shalat wajib dinamakan shalat qabliyah. Sedangkan shalat rawatib yang dikerjakan setelah sholat wajib disebut shalat ba’diyah.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib dibagi menjadi 2 bagian, yakni sunah muakkad dan sunah ghairu muakkad. Salat  sunnah rawatib muakkad mempunyai pahala fadhilah yang paling besar. (1) Shalat rawatib muakkad waktunya yaitu shalat qabliyah shubuh dan dzuhur. Selain itu, shalat ba’diyah dzuhur, maghrib dan isya. (2) Shalat rawatib ghairu muakkad pahalanya lebih sedikit daripada rawatib muakkad. Shalat rawatib ghairu muakkad waktunya yaitu shalat qabliyah ashar, maghrib, dan isya. Sedangkan, shalat ba’diyah dzuhur.

Shalat sunnah rawatib merupakan shalat sunnah yang mempunyai pahala besar. Berikut hadits mengenai shalat rawatib:

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرُمَ عَلَى النَّارِ

barangsiapa merutinkan shalat sunnah empat raka’at sebelum zhuhur dan empat raka’at sesudah zhuhur, maka akan diharamkan baginya neraka.” H.R Abu daud no. 1269, an nasa-i no. 1816, dan at tirmidzi no. 428. Syaikh al albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.s

 di samping shalat wajib yang memiliki banyak sekali pahalanya, shalat sunnah seperti shalat rawatib juga memiliki banyak keutamaan serta pahala. Oleh karena itu jangan abaikan melakukan shalat rawatib. Berikut ini beberapa keutamaan melaksanakan shalat rawatib:

Shalat Sunnah Rawatib Tak Hanya Berpahala Besar, Tapi Juga Menjadi Cara Pengendalian Diri

Melaksanakan shalat sunnah rawatib pahalanya sangat besar apalagi ini merupakan salah satu mengamalkan sunnah rasullullah. Allah menjanjikan kepada siapapupun yang menjalankannya akan mendapati rumah di surga kelak. Jadi jika kita ingin tinggal di surga, berusahalah untuk selalu melakukan shalat rawatib.

Shalat memang bisa memunculkan energi yang positif kepada orang yang melakukannya. Sebab aspek spiritualitas di dalam diri kita menjadi lebih meningkat. Tingkat spiritualitas seseorang yang baik membuat orang tersebut mampu untuk mengendalikan diri serta mengontrol emosi. Dengan begitu seseorang menjadi lebih sadar untuk menjaga diri dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Andil Melestarikan Sunnah Rasul & Tentunya Lebih Dekat dengan Allah

Kebiasaan rasullullah di samping melaksanakan shalat wajib 5 waktu adalah melakukan shalat rawatib. Sebagai umat beliau sudah sepatutnya kita mengamalkan sunnah-sunnah beliau. Dengan selalu mengamalkannya, kita menjadi lebih mencintai Rasulullah dan memperoleh syafaat beliau hingga akhir zaman.

Shalat merupakan ibadah dan sarana bagi kita untuk lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri kita kepada sang khalik Allah SWT. Menambah shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat wajib tentu membuat kita menjadi lebih dekat pada Allah SWT.

Sholat Rawatib Bantu Kita Lebih Bersyukur dan Tidak Terlena Pada Dunia

Dunia merupakan ujian bagi orang-orang shalih dan manusia tidak selamanya tinggal di dunia. Jadi apapun yang berbau duniawi hanya kesenangan sesaat. Kebanyakan orang sibuk dengan memikirkan dunia yang justru malah membuat seseorang lupa akan tujuan sebenarnya yaitu akhirat. Keutamaan shalat rawatib banyak yakni salah satunya menjaga seseorang dari hal-hal keduniawian. Shalat sunnah rawatib mengingatkan kita kepada tujuan awal kita yaitu menyiapkan bekal untuk kehidupan akhirat yang kekal dan abadi.

Kita menjadi lebih banyak bersyukur seiring dengan banyak doa dan dzikir yang kita lantunkan. Kita biasanya melantunkan dzikir dan doa ketika kita shalat. Menambah shalat sunnah seperti ini tentu membuat kita juga menambah intensitas dalam berdoa dan dzikir. Dari doa dan dzikir itulah kita menjadi lebih banyak bersyukur kepada Allah atas karunianya.

***

Pada akhirnya, Shalat rawatib membuat kita menjadi lebih dekat kepada Allah. Saat hati kita sudah dekat dan menyatu kepada Allah maka kita pun akan takut melanggar perintah-perintahnya.

Keutamaan-keutamaan itulah yang akan mendorong kita supaya melaksanakan shalat sunnah rawatib. Semoga sobat cahaya Islam dan kita semua oleh Allah selalu beri kekuatan untuk selalu melaksanakan shalat sunnah rawatib.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY