Anjay: Bahasa Gaul Anak Medsos, Ini Pentingnya Gunakan Bahasa Yang Baik Dalam Medsos

0
36

Anjay – sebuah kata yang sangat populer di kalangan anak muda zaman sekarang. Kepopuleran kata ini juga sampai viral di media sosial seperti facebook, instagram, dan whats app. Namun dibalik kepopulerannya, ternyata banyak orang yang belum paham dengan arti kata-kata tersebut. Anjay merupakan sebuah ungkapan yang berasal dari kata “anj*ng”. Kata-kata tersebut dinilai sangat kasar, sehingga sering dipelesetkan dengan kata “anjay”.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan untuk berbicara yang baik. Sehingga masyarakat akan menghargai kita ketika berbicara dan tidak mendapatkan dosa dari kata-kata yang buruk tentunya.

Ada baiknya kita gunakan bahasa yang baik, terutama di media sosial. Hal itu disebabkan media sosial merupakan tempat berkumpulnya banyak manusia dari seluruh dunia. Bahasa merupakan cermin dari kepribadian. Baik buruknya perkataan kita akan mempengaruhi karakter diri kita sendiri.

Alasan Pentingnya Menggunakan Bahasa Yang Baik Dalam Medsos

Perilaku seorang muslim merupakan contoh bagi anak-anaknya. Jika seorang muslim selalu berkata kasar, maka anak-anaknya nanti juga akan berkata kasar. Hal itu akan terus-menerus diwariskan pada generasi selanjutnya. Berikut alasan pentingnya menggunakan bahasa yang baik:

  1. Rasulullah SAW mengajarkan untuk berbicara yang baik atau diam

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Hadist tersebut jelas memerintahkan kita untuk berbicara yang baik. jika kita hendak berbicara kasar, maka lebih baik diam. Hal itu disebabkan orang yang paling menyesal ialah orang yang tidak pandai menjaga lisannya. Tidak pandai dalam menjaga lisan yang dimaksudkan disini adalah dia menggunakan mulutnya untuk mengadu domba orang lain, ghibah, fitnah, serta memanggil seseorang dengan nama yang buruk.

  1. Dihargai orang lain

Jika ada seseorang yang memanggil kita dengan sebutan yang buruk seperti “anj*ng”, apakah kita akan menoleh kepada orang tersebut dan menyahuti panggilannya? Atau jika kita chatting dengan dosen yang galak dan kita kemudian berkata “anjay”, apakah dosen tersebut akan peduli terhadap kita?. Tentu saja tidak. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan kata-kata anjay merupakan sebuah kata yang sangat tidak sopan. Dengan kita berkata kasar seperti anjay, maka kita sudah membuat orang lain tidak akan menghargai diri kita.

Lalu, apa akibatnya?. Dengan tidak adanya orang yang menghargai diri kita akan menimbulkan rasa minder dalam diri kita dan berdampak pada pergaulan kita. Selain itu, kita juga akan dijauhi orang lain seperti dosen dan teman-teman sekelas.

  1. Bahasa adalah cerminan kepribadian

Mungkin kita pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa bahasa adalah cerminan dari bangsa. Hal tersebut tidaklah salah dikarenakan tutur bahasa yang baik mencerminkan bagaimana karakter bangsa serta kepribadian dari seseorang. Jika orang tersebut terbiasa bertutur kata dengan bahasa yang baik, bisa dipastikan orang tersebut memiliki karakter dan kepribadian yang baik. begitupun dengan sebaliknya.

Itulah tiga alasan penting menggunakan bahasa yang baik di media sosial. Semoga kita dijauhkan dari segala perkataan yang buruk seperti yang dilakukan pemuda sekarang yang selalu mengucapkan kata anjay kepada orang lain. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya menjadi lebih baik lagi.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!