Berbagai Alasan Perlunya Mencari Rezeki Yang Halal

0
226
Alasan Perlunya Mencari Rezeki Yang Halal

Ceramah Agama – Rezeki memang menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seorang hamba di dunia. Pada dasarnya, rezeki menjadi bagian penting dalam kehidupan di dunia. Bahkan dalam ceramah agama islam telah dijelaskan bahwa Allah SWT pasti memberikan rezeki bagi semua makhluknya di dunia. Entah itu yang ada di darat dan di laut pasti di jamin akan urusan rezeki. Berikut ini berbagai Alasan Perlunya Mencari Rezeki Yang Halal

Sebagai seorang muslim yang beriman, dengan adanya Allah SWT sudah sepantasnya tidak berputus asa mengenai rezeki. Seorang muslim yang taat kepada Allah SWT hanya diperintahkan untuk mencari karunia berupa rezeki yang halal. Mencari rezeki yang halal menjadi sebuah anjuran yang harus dilakukan oleh setiap insan yang beriman kepada Allah SWT.

Sobat cahaya islami, seorang muslim yang hidup di dunia pasti memiliki tanggungan untuk menafkahi keluarga. Khususnya bagi kaum muslim laki – laki yang berkeluarga, maka ia memiliki tanggungan untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak – anaknya. Apabila pemenuhan kebutuhan terhadap diri sendiri dan keluarga tidak dipenuhi akan terjadi ketimpangan dalam kehidupan manusia di muka bumi. Oleh karena itulah, seorang muslim harus tetap semangat dalam mencari rezeki.

Mencari rezeki dalam kehidupan dunia tergolong sebagai tindakan yang harus dilakukan. Walaupun pada dasarnya Allah SWT telah menjamin rezeki setiap makhluk tidak serta merta membuat umat manusia berpangku tangan. Dalam ceramah agama, seorang muslim yang baik harus berikhtiar atau berusaha untuk mencari karunia Allah SWT berupa rezeki. Tindakan dalam mencari rezeki ini perlu dilakukan agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi.

Dalam ajaran agama islam berusaha untuk mendapatkan karunia Allah SWT berupa rezeki adalah sebuah hal yang perlu dilakukan. Seorang muslim yang berusaha untuk mencari rezeki akan mendapatkan pahala dari sisi Allah SWT. Pahala seorang muslim yang berjuang mencari rezeki sangatlah besar. Bahkan Allah SWT akan memberikan ganjaran berupa kenikmatan di surga.

Akan tetapi, dalam mencari rezeki seorang muslim harus tetap berpatokan kepada syariat islam. Dalam syariat islam yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW ini telah diatur sedemikian rupa tentang cara seorang mukmin dalam mencari rezeki. Oleh karena itulah sudah sepantasnya untuk selalu berpegang teguh pada tata cara mencari rezeki sesuai syariat islam.

Berdasarkan ceramah agama, umat islam harus mencari rezeki yang halal. Maksud rezeki yang halal di sini adalah mengenai tata cara dalam mendapatkannya. Dalam islam, rezeki yang halal akan memberikan dampak yang positif bagi diri sendiri. Dampak positif dari rezeki yang halal tentu saja akan memberikan keuntungan bagi umat islam.

Perintah Mencari Rezeki Yang Halal Dalam Agama Islam

Pada dasarnya setiap makhluk hidup yang ada di dunia pasti memerlukan yang namanya rezeki. Secara umum rezeki dapat diperoleh oleh makhluk hidup asalkan ia mau berusaha. Hal ini juga berlaku bagi makhluk hidup ciptaan Allah SWT bernama manusia. Sebagai ciptaan Allah SWT yang sempurna, manusia di karunia akal. Adanya akal dalam diri manusia membuat seseorang dapat berusaha untuk mendapatkan rezeki.

Mencari karunia Allah SWT berupa rezeki adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap manusia. Dalam ceramah ajaran islam, seorang muslim harus berusaha untuk mendapat rezeki yang halal. Langkah ini perlu dilakukan agar seorang muslim mendapat ridho dari sisi Allah SWT. Adanya ridho Allah SWT tersebut membuat kehidupan di dunia menjadi lebih baik dan menyenangkan hati.

Sobat cahaya islami, mencari rezeki secara halal merupakan bagian yang penting dalam kehidupan seorang muslim. Semua itu bisa terjadi lantaran dalam ceramah agama islami dianjurkan untuk mencari karunia Allah SWT secara halal. Dalam ajaran islam terdapat begitu banyak dalil yang menganjurkan untuk memperoleh karunia rezeki dengan jalan halal. Salah satu dalil tentang bab ini ada dalam kitab suci Al Qur’an yaitu :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. [1]

Berdasarkan kajian islam ayat di atas, Allah SWT memerintahkan kepada umat manusia untuk mencari rezeki halal. Bagi manusia yang tidak menaati perintah dalam ayat ini, maka dianggap mengikuti langkah – langkah syaitan. Di akhir itu Allah SWT kembali menegaskan kepada umat manusia bahwa syaitan adalah musuh yang nyata dan benar – benar ada.

Alasan Perlunya Mencari Rezeki Yang Halal

Sobat cahaya islami, agama islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk sealau menjalankan semua perintah dari Allah SWT. Berbagai macam perintah dari Allah SWT pastilah akan memberikan manfaat yang begitu besar. Sudah sepantas sebagai muslim yang taat wajib menjalankan perintah Sang Pencipta tersebut.

Dalam ajaran islam, berikhtiar dalam mencari rezeki secara halal adalah sebuah kewajiban. Dikatakan sebagai kewajiban lantaran dalam ceramah agama para pemuka kaum muslimin menyerukan untuk bekerja guna memperoleh rezeki halal. Seruan para pemuka agama islam tentu saja berdasarkan perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al Qur’an dan Hadits.

Selain karena perintah Allah SWT, seorang muslim perlu mencari rezeki yang halal lantaran beberapa alasan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai alasan perlu mencari rezeki secara halal. Berikut ini berbagai alasan yang perlu kaum muslimin ketahui.

Agar rezeki penuh barokah

Alasan pertama seorang muslim perlu mencari rezeki halal adalah agar mendapat barokah dari Allah SWT. Sobat cahaya islami, barOkah adalah bagian penting dalam kehidupan seorang muslim. Diberikan barokah kepada seorang manusia menjadikan semua urusannya menjadi lancar dan berpahala. Oleh sebab itulah, maka setiap umat islam pasti menginginkan hal tersebut. Maka dari itulah perlu mencari rezeki halal agar barokah turun kepada seorang muslim.

Agar dihitung pahala oleh Allah SWT

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti menginginkan pahala bukan? Pada dasarnya menurut ceramah agama, pahala merupakan ganjaran dari Allah SWT bagi orang yang beriman dan berbuat baik. Semakin banyak pahala yang terkumpul, maka seorang muslim akan semakin dekat dengan surga Allah SWT. Salah satu cara memperoleh pahala yakni dengan mencari rezeki yang halal. Tindakan ini akan menbuat Alkah SWT ridho dan memberikan pahala kepada seorang hamba.


Catatan Kaki :

[1] Q.S. Al Baqarah (2) ayat 168

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!