Aksi Teror Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, Inilah Anjuran Islam untuk Membela Tanah Air

0
60

Papua  Tepat pada hari Jumat, 22 Januari 2021, dua prajurit TNI tewas karena aksi teror KKB di kawasan Papua. Aksi penembakan berjarak 200 meter ini meninggalkan duka bagi TNI bangsa Indonesia. Zaman yang semakin berkembang pun masih marak dengan aksi-aksi jahil yang merugikan banyak orang. Hal ini sebagai salah satu dobrakan agar senantiasa membela tanah air dengan segenap jiwa.

Sobat Cahaya Islam tentunya paham betu terkait anjuran Islam dalam membela tanah air. Hal ini sebagai salah satu bentuk ketaatan terhadap ulil amri. Tanah air merupakan tempat di mana seseorang dilahirkan atau pun tinggal. Kecintaan terhadap tanah airnya secara alami akan melekat pada sifat alami seorang manusia.

Islam merupakan agama yang sempurna yang senantiasa ikut mengatur setiap muslim. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk membentuk manusia yang memiliki peran dalam membangun suatu bangsa. Selain itu, hal ini menjadi salah satu upaya membentuk keseimbangan antara dunia dan akhirat.

Anjuran Islam untuk Membela Tanah Air

Sobat Cahaya Islam, sebagai muslim yang baik senantiasa memiliki kecintaan khas terhadap tanah airnya.Terdapat ungkapan bahasa Arab “Hubbul Wathan” yakni cinta tanah air. Bentuk kecintaan ini bisa dibuktikan dengan berbagai hal. Sebagai contoh, untuk pelajar maka bisa dibuktikan dengan senantiasa belajar dengan giat dan sungguh-sungguh.

1.    Mentaati Ulil Amri

Selain itu, Islam mengajarkan untuk mentaati ulil amri yang merupakan salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah swt.

Firman Allah swt dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 59:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(-Nya) serta ulil amri di antara kamu” (QS. An-Nisa: 59).

Selanjutnya, bentuk ketaatan terhadap ulil amri bisa dibuktikan dengan membela tanah air. Senantiasa memerangi di antara mereka yang membenci serta melawan tanah air.

2.    Menjaga Persatuan

Kecintaan seseorang terhadap negerinya dibuktikan dengan berbagai bentuk. Salah satu yang dicontohkan oleh prajurit TNI yakni melawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap meresahkan kawasan Papua. Hal ini sebagai salah satu bentuk perlawanan terhadap mereka yang ingin merusak persatuan suatu bangsa.

Jika di antara kaum muslim terdapat golongan yang ingin memecah belah persatuan, maka perangilah mereka. Begitu pun halnya dengan mereka yang ingin memecah belah persatuan suatu bangsa, hendaknya diperangi.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sabda Rasululullah saw:

مَنْ أَتَاكُمْ وَأَمْرُكُمْ جَمِيعٌ عَلَى رَجُلٍ وَاحِدٍ، يُرِيدُ أَنْ يَشُقَّ عَصَاكُمْ، أَوْ يُفَرِّقَ جَمَاعَتَكُمْ، فَاقْتُلُوهُ

“Jika ada orang yang datang kepada kalian, ketika kalian telah sepakat terhadap satu orang (sebagai pemimpin), lalu dia ingin merusak persatuan kalian atau memecah jama’ah kalian, maka perangilah ia”. (HR. Muslim, nomor 1852)

Selain itu, tanah air bagaikan rumah bagi siapa saja yang menempatinya. Ketika ada yang datang untuk mengusik ketenteraman rumah tentunya tidak akan nyaman. Hal ini juga akan menimbulkan berbagai hal yang merugikan. Oleh  karena itu, Islam mengajarkan untuk senantiasa memeranginya.

Demikianlah ulasan singkat terkait anjuran membela tanah air dalam Islam. Tragedi yang terjadi di Papua menjadi salah satu bentuk kecintaan tanah air. Semoga mereka yang wafat dalam memerangi kejahatan, meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY