Akhirnya Irwansyah Menjadi Ayah, Inilah Cara Menjadi Ayah yang Baik dalam Perspektif Islam!

0
44

Irwansyah – Kebahagiaan menghampiri pasangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Setelah 10 tahun lamanya, pasangan harmonis ini akhirnya dikarunia seorang jagoan. Lahirnya bayi laki-laki yang diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki, pada hari Selasa tanggal 30 Maret 2020. Hari tersebut menjadi hari yang amat membahagiakan untuk keduanya, dan kini Irwansyah resmi menjadi seorang ayah.

 Sobat Cahaya Islam, sosok ayah amatlah penting dalam sebuah keluarga. Peran yang dijalankannya akan memberi pengaruh pada keharmonisan keluarga. Melalui peran yang diembannya, hendaknya menjadi teladan bagi setiap anak-anaknya. Lalu, bagaimana cara menjadi ayah yang baik dalam Islam?

Irwansyah Resmi Menjadi Seorang Ayah, Berikut Ini Cara Menjadi Ayah yang Baik dalam Perspektif Islam

Dalam berabagi aspek kehidupan, Islam senantiasa menyajikan aturan yang jelas, selanjutnya dijadikan pedoman setiap muslim. Begitu pun, tata cara untuk menjadi ayah yang baik pun diatur dalam syariat Islam. Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjadi ayah yang baik?

1.   Menjadi Pemimpin yang Baik

Menjadi seorang ayah hendaknya mampu menjadi pemimpin yang baik. Dalam hal ini, mencakup istri dan anak-anaknya. Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah di muka bumi. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Firman Allah SWT:

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

 “Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs: An’am : 165)”

2.   Mencari Nafkah yang Halal

Selanjutnya, untuk menjadi ayah yang baik harus mampu memenuhi nafkah yang halal untuk keluarganya. Dalam kehidupan keluarga, nafkah adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.  Selain itu, baik proses atau pun hasilnya harus dengan cara yang halal. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surat An-Nahl ayat 114.

Melalui ayat tersebut, Allah SWT memerintahkan secara tegas untuk mencari rezeki yang bertebaran di muka bumi dengan cara halal. Selanjutnya, keberkahan pun dapay dirasakan dalam keluarga yang dibangun.

3.   Memenuhi Hak Anak

Senantiasa memenuhi hak anak, mulai dari kasih sayang yang tulus hingga pemenuhan pendidikannya agar anak bisa menimba ilmu dengan baik. Tidak sedikit kaum ayah yang acuh tak acuh terhadap kebutuhan yang satu ini. Pada dasarnya, kasih sayang yang diberikan oleh ayahnya akan berdampak baik pada perilaku sang anak.

Dalam pemenuhan hak anak ini, hendaknya dilakukan dengan tepat.  Sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan anak yang shaleh dan shalehah.

4.   Senantiasa Berlaku Adil

Seorang ayah hendaknya bisa berlaku adil bagi anak-anaknya. Hal ini mengarah pada seorang ayah yang memiliki anak lebih dari satu. Setiap anak memiliki kriteria yang berbeda sebagai salah satu kekhasan yang dimiliki masing-masing. Dalam hal ini, seorang ayah senantiasa berlaku adil, sehingga terhindar dari diskriminasi yang akan membuat sang anak sedih.

5.   Menjadi Pelindung untuk Keluarga

Cara lainnya yakni senantiasa menjadi pelindung bagi istri dan anak-anaknya. Hal ini menjadi kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi seorang ayah. Setiap ayah dituntut untuk bisa melindungi keluarga dari berbagai hal-hal yang membahayakan. Lindungan ayah akan menjadi pelukan hangat bagi keluarga, sehingga rasa aman dan nyaman bisa dirasakan keluarga.

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, cara yang bisa diterapkan untuk menjadi sosok ayah yang baik untuk keluarga. Resminya Irwansyah menjadi ayah, tentu menjadi salah satu hal yang amat membahagiakan. Semoga senantiasa istiqomah untuk bisa berusaha menjadi ayah yang baik untuk istri dan anak-anaknya. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY