Adu Parang Karena Dipicu Hutang, Ini Bahayanya Berhutang Menurut Islam

0
36
Adu Parang Karena Dipicu Hutang 2

Adu parang – Seorang pria di Berau, Kalimantan Timur tewas akibat luka bacok di sekujur tubuhnya. Pria ini tewas setelah ditebas parang oleh temannya. Kabarnya peristiwa ini terjadi akibat persoalan hutang. Sebelumnya korban mendatangi temannya dan melemparkan parang karena merasa tidak terima dengan cara temannya menagih hutang. Namun karena hal tersebut, temannya justru masuk dan mengambil parang kemudian ditebaskan di sekujur tubuh korban. Hingga membuatnya tewas.

Adu Parang Karena Dipicu Hutang 2

Persoalan hutang memang sesuatu yang cukup serius. Apalagi uang adalah persoalan yang sensitif. Namun meskipun begitu, melakukan perbuatan keji karena permasalahan hutang juga tidak dibenarkan dalam islam. Apalagi dalam ayat Al Quran juga dituliskan bahwasanya barangsiapa memberikan tenggang waktu bagi orang yang berhutang. Maka itu bisa menjadi amalan atau pahala untuk pemberi hutang.

Adu Parang Karena Dipicu Hutang, Tahukah? Ini Bahayanya Berhutang Menurut Islam

Adu Parang Karena Dipicu Hutang

Adu parang karena dipicu persoalan hutang ini menewaskan seorang pria di Kalimantan Timur. Hutang adalah persoalan yang cukup pelik. Meskipun islam tidak melarang kaum muslimin untuk berhutang, namun islam mengatur tentang adab berhutang. Dan lagi sebaiknya ini dilakukan jika memang dalam keadaan yang sangat mendesak. Hal ini karena hutang juga akan dipertanggung jawabkan hingga ke akhirat nanti lho sobat CahayaIslam.

Jika kamu dalam perjalanan (dan bermu’amalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seorang penulis, maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh yang berpiutang). Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya;

Ayat ini menunjukkan bahwa hutang adalah suatu kewajiban yang harus dipegang amanatnya. Sehingga bagi pelaku yang berhutang hendaknya membayar kewajibannya. Karena ini merupakan salah satu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

Dan tahukah sobat CahayaIslam, bahwa berhutang juga bisa menyebabkan beberapa kerugian lho. Apa bahaya berhutang menurut islam?

Adu Parang Karena Dipicu Hutang 3

Perselisihan atau Rusaknya Hubungan

Uang adalah persoalan yang sangat sensitif, begitu juga dengan berhutang. Dalam situasi tertentu dan mendesak, beberapa orang mungkin memutuskan untuk berhutang. Islam tidak melarang kaum muslimin untuk berhutang namun dengan syarat amanat dan dalam keadaan mendesak. Namun berhutang juga bisa menimbulkan perselisihan lho sobat CahayaIslam, dan merusak hubungan dengan orang lain.

Banyak Terjadi Tindak Kriminal Karena Hutang

Hutang juga bisa menyebabkan tindak kriminal. Hal ini karena biasanya dipicu pelaku hutang yang tidak membayar kewajibannya. Sehingga pemberi hutang akhirnya terbawa emosi akibat uangnya tak juga dibayarkan.

Itu sebabnya, islam memberikan aturan bahwasanya hutang wajib untuk dibayarkan. Karena bagaimanapun ini juga dipertanggung jawabkan sampai akhirat nanti. Dan bagi pelaku hutang juga seharusnya mengetahui kewajibannya.

Menjadi Dosa Mengalir

Hutang juga bisa menyebabkan dosa mengalir lho sobat CahayaIslam. Dosa hutang hanya bisa diselesaikan dengan membayarkan kewajiban hutangnya. Maka dari itu, berbahaya jika seorang muslim lupa membayarkan hutangnya. Ini bisa menjadi dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT meskipun setelah meninggal dunia.

Adu parang – karena permasalahan hutang merupakan tindakan yang tidak dibenarkan dalam islam. Namun sebagai seorang muslim, berhutang juga dianjurkan hanya jika dalam keadaan mendesak. Dan akan lebih baik jika tidak berhutang.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 283

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY