Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua, Ini Pemicunya Dalam Pandangan Islam

0
59
Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua 1

Dugaan penyalahgunaan – Polri, Kejagung hingga KPK saat ini masih terus menindaklanjuti dugaan adanya penyalahgunaan dana Otsus Papua. Otsus Papua ini merupakan penyelesaian untuk konflik di tanah Papua yang mana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Dana yang digelontoran untuk Papua sekitar 93 triliun dan 33 triliun untuk Papua Barat. Namun justru timbul permasalahan adanya penyimpangan anggaran tersebut. Dan hingga hari ini masih dilakukan koordinasi untuk penyelesaian kasus ini.

Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua 1

Penyalahgunaan anggaran atau dana tentu saja tindakan yang sudah merujuk pada tindak pidana. Sayangnya saat ini, justru semakin banyak saja penyelewengan dana yang tidak seharusnya. Dalam islam, tindakan ini termasuk bentuk penyimpangan hak orang lain. Sementara islam juga melarang untuk kaum muslimin memakan harta atau hak orang lain. Itu artinya, siapapun yang menyalahgunakan dana yang bukan haknya sama saja telah berbuat dosa besar.

Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua, Ini Pemicunya Dalam Pandangan Islam

Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua 3

Dugaan penyalahgunaan dana Otsus tentu saja menjadi permasalahan yang serius. Dalam islam, menyalahgunakan dana yang bukan menjadi haknya tentu saja menyimpang dari syariat islam. Ini bahkan termasuk perbuatan keji karena memakan hak orang lain. Itu sebabnya, islam melarang untuk kaum muslimin memakan harta dengan cara yang batil. Memang, harta merupakan satu-satunya hal yang bisa membutakan kita sehingga tidak pernah puas.

Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak memakan harta orang lain dengan jalan yang batiL. Seperti halnya menyalahgunakan dana yang bukan haknya, ini termasuk bentuk kebatilan. Dan ini juga menyimpang dari ajaran islam tentu saja. Lalu apa sebenarnya yang memicu penyalahgunaan dana yang seringkali terjadi menurut pandangan islam?

Dugaan Penyalahgunaan Dana Otsus Papua 2

Rasa Tidak Pernah Puas

Ini merupakan salah satu pemicu banyaknya terjadi penyalahgunaan hak orang lain. Rasa tidak pernah puas terhadap apa yang kita dapatkan membuat kita terus saja mencari lebih dan lebih. Dan jika ini dilanjutkan maka menyebabkan seseorang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Salah satunya dengan perbuatan merampas hak atau harta orang lain. Dan ini menjadi sebab dosa besar bagi orang yang melakukannya.

Kurangnya Bersyukur

Kurang bersyukur juga menjadi pemicu seseorang untuk mendapatkan harta dengan cara yang batil. Banyak orang menyalahgunaan hak orang lain, memakan harta yang bukan miliknya, tidak lain karena kurangnya rasa syukur. Maka dari itu sobat CahayaIslam, penting untuk kita mensyukuri apa yang kita punya. Jangan sampai karena kurang bersyukur menjadikan kita berbuat yang melanggar ajaran islam.

Kurangnya Iman Kepada Allah

Kurangya iman dalam diri juga bisa menyebabkan kita menghalalkan berbagai cara untuk memenuhi apa yang diinginkan lho. Termasuk harta yang bisa membuat seseorang terlena. Itu sebabnya, untuk menghindarkan kita dari perbuatan keji sangatlah perlu meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Dugaan penyalahgunaan – terhadap dana Otsus Papua ini sedang ditindaklanjuti. Dengan mengetahui pemicu dari perbuatan penyalahgunaan dana semacam ini. Semoga kita bisa menghindari perbuatan keji ini ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 188

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY