Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

0
80

Niat Puasa Senin Kamis – Setiap muslim perlu untuk mengetahui jenis-jenis ibadah wajib maupun sunah. Tentu tidak pantas bagi muslim yang berakal untuk tidak mau belajar agama. Manusia diciptakan di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Ibadah yang dilakukan oleh muslim ada yang sudah diatur tata caranya dan ada juga yang tidak diatur tata caranya.

Contoh ibadah yang sudah diatur tata caranya adalah seperti solat, puasa, zakat, haji dan yang lainnya. Sedangkna da juga ibadah lain yang tidak diatur niat, takaran, dan lain sebagainya. Misalnya saja seperti bersedekah, menolong orang, membahagiakan orang dan perbuatan baik lainnya.

Puasa senin kamis adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Bahkan Rasulullah juga sering melakukan puasa yang satu ini. Sobat cahaya Islam perlu untuk mengetahui bagaimana tata cara puasa sunnah ini mulai dari niat dan lain sebagainya.

Niat Puasa Senin Kamis

Tata cara puasa senin kamis tidak jauh berbeda dengan puasa lainnya seperti puasa ramadhan, puasa syawal dan puasa sunnah lain. Hal yang membedakan adalah pada niatnya.

Niat merupakan sesuatu yang paling penting dalam ibadah karena ibadah akan diterima sesuai dengan niatnya. Jadi sobat cahaya Islam perlu untuk meluruskan niat ketika melakukan ibadah apapun.

Berikut ini adalah bacaan Niat Puasa Senin Kamis yang perlu sobat cahaya Islam ketahui:

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala” (Hari Senin)

Artinya: Saya niat puasa sunah hari senin karena Allah ta’ala.

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala” (Hari Kamis)

Artinya: Saya niat puasa sunah hari kamis karena Allah ta’ala

Apabila kita sudha mengetahui niatnya, maka selanjutnya bisa mulai untuk menjalankan puasa sunah ini. Puasa sunah senin kamis sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin setiap minggunya.

Rasulullah juga rutin mengamalkan puasa senin kamis karena pada hari senin dan kamis seluruh amal akan disetorkan. Oleh karena itu Rasulullah senang jika ketika amalnya disetor sedangkan Rasulullah dalam keadaan menjalankan puasa.

Rasulullah juga pernah bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

Membaca Niat Puasa Senin Kamis ini bisa dilakukan di dalam hati. Sedangkan melafalkan niat hukumnya adalah sunnah. Membaca niat bisa dilakukan pada malam hari atau sebelum matahari terbit.

Namun jika lupa maka bisa juga membaca niat di pagi hari asalkan belum melakukan sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan dan lain sebagainya. Hukum ini diperbolehkan karena puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Sobat cahaya Islam perlu tahu bahwa merutinkan puasa sunnah ini memberi banyak mnafaat bagi kehidupan. Beberapa manfaat yang akan sobat dapatkan diantaranya seperti :

– Tubuh menjadi lebih sehat

– Membantu mengatasi ketergantungan atau kecanduan pada makanan/ minuman tertentu

– Melatih diri lebih disiplin

– Jiwa semakin kuat

– Mampu mengendalikan hawa nafsu lebih baik

– Mendapatkan ridho Allah

Sobat cahay islam, betapa menjalankan puasa sunnah senin kamis merupakan ibadah yang sangat luar biasa. Selain bermanfaat bagi kehidupan, rutin emngamalkan puasa ini juga memberikan pahala yang luar biasa di akhirat nanti.

Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa dan juga selalu berusaha untuk mendapatkan ridho dariNya. Semoga setelah mengetahui Niat Puasa Senin Kamis, sobat cahaya Islam dapat memulai untuk menjalankan puasa sunnah ini dengan sungguh-sungguh.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!