Abuya Uci Meninggal Karena Sakit, Ini 4 Hikmah Adanya Penyakit dalam Islam

0
117
Abuya uci

Abuya Uci – Salah satu ulama di Banten dan pimpinan Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah yang bernama Abuya Uci meninggal sebab penyakit yang di deritanya. Rencanya jasad dari Abuya Uci akan di semayamkan di sebuah pemakaman keluarganya yang letaknya berdekatan dengan Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk mengambil hikmah dari segala sesuatu yang Allah ciptakan. Hal tersebut di sebabkan Allah menciptakan sesuatu pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah penyakit. Oleh karena itu, kita melihat penyakit sebagai sesuatu yang sangat merugikan.

Padahal, Allah menciptakan penyakit bukan untuk menjadi sesuatu yang sia-sia. Allah mempunyai maksud dan tujuan dalam menciptakan penyakit. Salah satunya untuk menguji manusia.

4 Hikmah Adanya Penyakit dalam Islam Seperti yang Abuya Uci Alami

Umumnya, orang menganggap penyakit adalah sesuatu yang merugikan di dunia ini. Tidak ada orang yang mau mengalami sakit seperti Abuya Uci. Padahal, penyakit di ciptakan Allah tidak hanya untuk memberikan rasa sakit saja kepada manusia. Tetapi, juga untuk menyadarkan manusia bahwa manusia bukanlah mahluk super kuat yang tidak bisa tumbang.

Ada beberapa hikmah di balik penciptaan penyakit, empat di antaranya adalah:

1. Penggugur Dosa

Penyakit dapat menggugurkan dosa. Hal tersebut di karenakan jika kita sakit, Allah menggugurkan dosa-dosa kita sebagai ganti dari rasa sakit dari penyakit yang Allah ciptakan. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam hadist yang berbunyi:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari no. 5660)

2. Penghalang Siksa Api Neraka

Sakit dapat menghalangi kita dari siksa api neraka. Salah satu contoh penyakit yang dapat menjadi penghalang dari siksa api neraka adalah sakit demam yang biasa orang-orang pada umumnya alami.

Biasanya, kita khawatir apabila salah satu anak kita mengalami penyakit demam ini. Hal tersebut karena penyakit demam dapat memicu step atau kejang-kejang yang jika terjadi berulang-ulang dapat membahayakan anak. Salah satu resiko dari adanya step atau kejang-kejang yang berulang ini adalah penurunan kecerdasan anak.

3. Salah Satu Penyebab Mati Syahid

Adanya penyakit juga dapat menjadi salah satu penyebab mati syahid. Mati syahid merupakan Gambaran seseorang yang meninggal dunia sebab menegakkan agama Allah. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab mati syahid adalah penyakit pada perut dan penyakit pada paru-paru.

4. Sebagai Ujian Bagi Manusia

Penyakit di jadikan suatu cara untuk menguji manusia tentang sejauh mana keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah. Hal tersebut di sebabkan kebiasaan manusia yang lupa kepada Allah saat senang dan ingat kepada Allah saat mereka merasakan kesusahan dan kesulitan.

Oleh karena itu, kita sebagai mahluk yang Allah ciptakan hendaknya selalu mengingat Allah di manapun dan kapanpun, baik saat kita merasa senang ataupun saat merasa kesedihan dan kesusahan melanda kita seperti yang Abuya Uci lakukan. Hal tersebut kita lakukan sebagai ibadah dan bentuk rasa syukur kita kepada-Nya.

Itulah 4 hikmah adanya penyakit dalam Islam seperti yang Abuya Uci lakukan. Semoga kita sebagai mahluk Allah selalu mengingat-Nya dan bersabar apabila di berikan suatu penyakit sebagai cobaan. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY