Doa Sebelum Belajar Dan 4 Manfaatnya

0
75

Doa Sebelum Belajar – Belajar adalah proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Ilmu sangat penting sebagai bekal kehidupan dunia dan akhirat. Ilmu dapat membuat manusia yang tadinya tidak paham menjadi paham dan mengerti.

Islam mewajibkan umatnya untuk mencari ilmu sampai tua. Melalui belajar Sobat Cahaya Islam bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Allah memberikan derajat yang tinggi pada hamba-Nya yang beriman dan berilmu. Iman tanpa ilmu bagaikan orang buta, sedangkan ilmu tanpa iman seperti orang rapuh.

“Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

Mencari ilmu adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap kaum muslim. Proses belajar tidak mengenal batas umur. Ketika sudah tua, kita tetap harus belajar untuk mencari ilmu. Ilmu merupakan salah satu dari tiga hal yang tidak akan terputus amal jariyahnya meskipun sudah meninggal.

Ilmu yang manfaat bagi semua akan terus mengalirkan amal jariyah si pengajarnya. Ilmu adalah pegangan untuk kita semua untuk menjalani kehidupan di dunia dan akhirat. Tanpa ilmu, kita tidak akan mendapat solusi untuk maslah atau cobaan yang dihadapi.

Doa Sebelum Belajar Agar Ilmunya Barokah

Sebelum belajar sebaiknya Sobat Cahaya Islam berdoa terlebih dahulu. Belajar merupakan salah bentuk ibadah. Oleh karena itu, kita harus berdoa sebelum maupun sesudah belajar. Dengan berdoa, ilmu kita akan memberikan keberkahan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Doa sebelum belajar juga untuk mendapatkan ridho Allah. Tanpa ridho dari Allah, apa-apa yang kita lakukan tidak akan memberikan ketentraman hati dan mengundang murka Allah. Maka dari penting sekali agar melantunkan doa sebelum belajar.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Manfaat Berdoa Sebelum Belajar

Setiap doa yang dilantunkan pasti akan memberikan manfaat bagi seseorang. Demikian juga dengan orang yang berdoa sebelum belajar. Banyak manfaat yang akan diperolehnya. Tahukah Sobat Cahaya Islam apa saja manfaat berdoa sebelum belajar?

1. Dijauhkan Dari Masalah

Berdoa sebelum belajar berguna untuk menjauhkan diri kita dari masalah-masalah. Masalah bisa muncul kapan saja selama kita belajar. Akibatnya, proses mencari ilmu menjadi terhambat. Berdoa membuat kita mudah dalam memahami dan memperoleh ilmu.

Allah akan membantu kita dalam memahami ilmu. Masalah -masalah yang muncul saat belajar tidak akan mengganggu kita, karena allah selalu menolong. Dengan berdoa, ilmu yang kita dapatkan akan menjadi ilmu yang barokah dan manfaat.

2. Dimudahkan Mendapat Jawaban Benar

Ujian sekolah atau tes kemampuan adalah salah satu rangkaian belajar. Sebelum melaksanakan tes atau ujian kita pun berdoa dengan doa akan belajar. Membaca doa sebelum tes akan memudahkan kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. Jawaban yang dipilih insyaallah sebagian besar adalah jawaban benar.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keikhlasan

Berdoa kepada Allah sebelum belajar meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Selama belajar dia akan percaya dan ikhlas bahwa ilmu yang didapatnya adalah dengan seijin Allah. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, hasilnya Allah lah yang memutuskan.

4. Ilmunya Barokah Dunia dan Akhirat

Sesuatu yang diawali dengan doa maka apa yang dilakukannya mendapat keberkahan dari Allah. Ilmu yang barokah dunia dan akhirat akan bermanfaat bagi pencarinya. Allah juga akan memberikan pahala menuntut ilmu padanya.

Berdoa sebelum belajar menjadi amalan yang sangat penting. Jangan sampai Sobat Cahaya Islam lupa berdoa, supaya ilmu yang kita dapatkan barokah dunia dan akhirat.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!