Perjuangan Reza Rahadian – 6 Keutamaan Bekerja Keras dalam Islam!

0
52

Reza Rahadian – Aktor papan atas Reza Rahadian merupakan sosok yang patut ditiru. Sedari kecil dirinya sudah diajarkan bagaimana harus bekerja keras untuk mennggapai kesuksesan. Karirnya yang kini begitu melejit, tidak lepas dari usaha dan perjuangannya. Selain itu, sedari kecil dirinya sudah mejadi tulang punggung untuk ibu dan adiknya.

Sobat Cahaya Islam, Allah SWT senantiasa memerintahkan untuk taat terhadap apa yang diperintahkan-Nya. Hal ini sebagai salah satu petunjuk bahwa seorang muslim hendaknya tidak hanya berpangku tangan. Dibutuhkan doa dan kerja keras. Sebagaimana Firman Allah SWT:

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar – Ra’d :11).

Untuk mendapatkan rezeki yang penuh berkah hendaknya diusahakan dengan ikhtiar yang disertai doa. Niatkan dalam hati, selanjutnya kebaikan yang dilakukan pun akan memberikan kebaikan. Terlagi jika Sobat Cahaya Islam mempu merealisasikan apa yang diniatkan.

Reza Rahadian Gapai Kesuksesan- Apa Saja Keutamaan Berusaha Keras?

Seperti yang disinggung sebelumnya, berusaha keras menjadi salah satu sikap yang amat dianjurkan dalam Islam. Banyak keutamaan yang bisa diraih dengan melakukan kerja keras dalam kehidupan sehari-hari. Di antara keutamaan tersebut yakni sebagai berikut:

1.   Mendapatkan Pahala

Meskipun melelahkan, tapi kerja keras yang dilakukan akan mendatangkan pahala. Hal ini bisa diraih jika kerja keras yang dilakukan dibarengi dengan keikhlasan dalam melakukannya. Lain halnya jika dilakukan secara terpaksa, hanyalah kerugian yang akan didapatkan. Maka dari itu, disertai dengan keikhlasan amatlah penting untuk diterapkan dalam kerja keras yang dilakukan.

2.   Memaknai Kehidupan dengan Penuh Bijak

Selanjutnya, akan menghargai kehidupan, karena dimaknai dengan penuh kebijakan. Waktu yang diberikan Allah SWT merupakan sebuah nikmat yang tidak boleh disia-siakan. Selaku muslim yang beriman, hendaknya memanfaatkannya dengan berbagai kegiatan yang positif. Kerja keras akan mengajarkan bahwa kehidupan dunia amatlah singkat, sehingga menyadarkan untuk beramal shaleh.

3.   Menjaga Kehormatan Diri Sendiri

Ketika seseorang mmapu bekerja keras, setidaknya kehormatannya akan lebih terjaga. Tidak akan ada orang yang meremehkan, serta citra pada pandanga masyarakat pun tidak akan buruk. Hal ini dapat dihindari dengan menghindari sikap bermalas-malasan atau pun enggan berusaha untuk memperjuangkan sesuatu, seperti halnya pekerjaan.

4.   Meningkatkan Sikap Menghargai Suatu Hasil

Apa pun hasilnya, berapa pun yang dihasilkan dengan usaha dan kerja keras sendiri, akan lebih menghargai suatu hasil. Hal ini dikarenakan, proses pencapaian yang dilakukan benar-benar dirasakan. Selanjutnya, akan berpikir dua kali untuk tidak berperilaku boros dan menghabiskannya untuk keperluan yang tidak penting.

5.   Meningkatkan Keseimbangan dalam Hidup

Keutamaan lainnya yakni meningkatkan keseimbangan dalam hidup. Hal ini bisa diperoleh dengan mengisi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat. Selanjutnya, sebagian waktunya hendakn diisi dengan istirahat. Sehingga antara kerja keras dan istirahat pun dapat seimbang. Di sinilah letak keseimbangan yang dimaksud, tidak melulu memperjuangkan dunia, juga memerhatikan akhirat yang akan dituju.

 Nah, Sobat Cahaya Islam itulas ulasan singkat terkait keutamaan dari kerja keras. Upaya yang dilakukan Reza Rahadian dalam mencapai kesuksesan pun tentu bukanlah hal yang mudah. Hal ini sebagai bukti, menggapai kesuksesan harus diperjuangan dengan niat, tekad, serta doa kepada sang Maha Kuasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY