7 Amalan Ramadhan dan Keistimewaanya

0
149
amalan ramadhan 1

Amalan Ramadhan – Amalan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban untuk dilaksanakan. Sebab pada bulan ini pahalanya akan dilipatgandakan. Baik amalan sunnah maupun wajib.

Tepat pada bulan 1442 H tahun ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat islam di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Tidak hanya pahala saja yang dilipatgandakan. Namun juga bulan yang pernuh dengan rahmat dan keberkahan.

Seluruh umat muslim diwajibkan menahan lapar dan haus, serta hawa nafsu. Dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum melaksanakan puasa, umat muslim dianjurkan untuk makan sahur.

Setelah berbuka puasa saat terbenamnya matahari atau maghrib. Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat malam atau tarawih. Salat ini bisa dilaksanakan secara berjamaah atau pun sendiri.

Amalan Ramadhan Lebih Istimewa dari Bulan Lainnya

Keistimewaan bulan Ramadhan tercantum dalam Al Quran. Berikut ini hadist tentang Ramadhan yang tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”

Amalan Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Sebagai bulan yang istimewa, banyak umat muslim yang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Sebab pada bulan yang penuh ampunan ini, pahala akan dilipatgandakan.

Terlebih lagi kesempatan untuk meraih pintu surga pada bulan ramadhan sangat terbuka lebar. Dan belum tentu kita bisa bertemu dengan Ramadhan di tahun berikutnya.

Untuk itu, simak amalan yang dilakukan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan. Agar pahala yang didapat berlimpah.

1. Puasa

Pada bulan Ramadhan, puasa adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan bagi orang-orang yang mampu. Jika setiap amalan akan dilipatgandakan ratusan kali, namun untuk amalan puasa tidak ternilai. Sebab Allah sendiri yang akan membalasnya.

2. Fokus Beribadah di 10 Hari Terakhir

Pada 10 hari terakhir bulan Ramdhan, Allah akan memberikan ampunan kepada umat muslim yang fokus beribadah. Hal ini menjadi kesempatan emas yang patut dilakukan.

3.I’tikaf

Satu malam diantara sepuluh terakhir bulan Ramadhan merupakan malam Lailatur Qadar. Tentunya ini menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan pahala yang amat besar.

4.Membaca Al Quran.

Membaca Al Quran pada bulan Ramadhan, tentu berbeda dengan bulan lainnya. Sebab pada bulan ini satu huruf yang dibaca akan bernilai sepuluh kebaikan. Sebagai umat muslim tentu kesempatan ini tidak boleh terlewatkan.

5.Berbuka dengan yang Manis

Berbuka dengan makanan yang manis adalah sunnah. Rasulullah SAW pun mempunyai kebiasaan mengawali berbuka puasa dengan memakan kurma.

6. Memperbanyak Sedekah

Sama halnya dengan membaca Al Quran. Bersedekah di bulan Ramadhan juga akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat. Maka jangan lupa untuk bersedekah.

7.Tarawih dan Witir

Di bulan Ramadhan, tidak afdol jika tidak menjalankan salat Tarawih. Salat ini hukumnya sunnah. Namun termasuk dalam amalan yang istimewa dikerjakan pada bulan Ramadhan.

Sobat Cahaya Islam, masih banyak Amalan Ramadhan lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapat ampunan Allah SWT. Semoga kita diberikan umur yang panjang agar bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY