Berbagai Keutamaan Berdo’a Pada Sepertiga Malam

0
1409
Berbagai Keutamaan Berdo'a Pada Sepertiga Malam

Kajian Islam – Do’a merupakan senjata bagi orang beriman. Pernyataan atau ungkapan ini pasti pernah di dengar oleh para sobat cahaya islami. Memang benar adanya, do’a termasuk senjata yang ampuh bagai seorang yang beriman kepada Allah SWT. Dengan berdo’a, maka seorang hamba meminta langsung suatu hal kepada Sang Penguasa Alam Raya ini yaitu Allah SWT. Lalu sudahkah sobat CahayaIslam mengetahui Berbagai Keutamaan Berdo’a Pada Sepertiga Malam?

Oleh karena itu, maka kaum muslimin dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Dalam ajaran agama islam terdapat waktu-waktu mustajab. Salah satu waktu mustajab tersebut yakni pada malam hari. Pada waktu ini, terdapat keutamaan do’a malam yang perlu diketahui oleh kaum muslimin.

Berbagai Keutamaan Berdo’a Pada Sepertiga Malam

Definisi Atau Pengertian Do’a

Sobat cahaya islami pasti tidak asing lagi dengan kata do’a bukan? Lalu apakah definisi dari do’a tersebut? bagaimana pembahasan tentang kajian islam? Secara pengertian atau definisi doa yaitu sebuah permintaan hamba kepada Allah SWT. Permohon seorang hamba kepada Tuhannya tersebut sangat beragam.

Permintaan yang dilantunkan dalam sebuah do’a sesuai kebutuhan individu tersebut. Sebenarnya sebuah do’a bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi dalam ajaran agama islam ini terdapat beberapa waktu yang memiliki kelebihan. Salah satunya terdapat sebuah keutamaan do’a malam.

Allah SWT merasa senang kepada para hamba yang selalu memohon kepadanya. Menengadahkan tangannya seraya berucap memohon kepada Nya dengan tutur kata yang lembut dan sopan. Bahkan di dalam syariat islam sendiri terdapat sebuah perintah untuk berdoa. Salah satu dalil Perintah untuk berdoa terdapat dalam surah An Nisa ayat 32 :

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. [1]

Dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan secara langsung kepada umat islam untuk berdo’a kepada Nya. Sebuah lantunan do’a yang terucap dari mulut seorang hamba sangat di sukai oleh Allah SWT. Seorang muslim yang berdoa juga menjadi tanda bahwa manusia ini makhluk yang lemah tanpa adanya campur tangan Allah SWT.

Kelebihan Berdo’a Pada Malam Hari

Do’a merupakan sebuah permohonan seorang insan kepada Tuhannya. Di dalam kajian islam ini, terdapat berbagai waktu yang mustajab untuk memanjatkan permohonan atau do’a. Bahkan dalam sehari pun terdapat waktu dimana doa akan lebih diperhatikan oleh Allah SWT. Salah satu waktu tersebut adalah malam hari. Oleh karena hal ini, maka terdapat keutamaan do’a malam bagi orang yang melakukannya.

Malam hari termasuk salah satu waktu yang baik untuk berdoa. Banyak keutamaan do’a malam yang membuat seorang muslim rela bangun malam untuk menghadap Allah SWT. Akan tetapi tidak semua orang islam dapat dengan mudah bangun malam lalu memanjatkan do’a. Hanya orang-orang dengan iman kuat dan bersihnya hati yang dapat melakukan ini semua. Hal ini dikarenakan pada sepertiga malam terakhir menjadi sebuah waktu yang nyaman untuk beristirahat.

Karena begitu sulitnya melakukan perbuatan ini, maka Allah SWT menjanjikan berbagai keutamaan do’a malam bagi para pelakunya. Keutamaan atau kelebihan berdo’a pada waktu sepertiga malam akhir merupakan sebuah hadiah yang Allah SWT berikan kepada umat Nya. Berikut ini berbagai keutamaan atau kelebihan berdo’a pada malam hari yang wajib kaum muslimin ketahui.

Lebih khusyuk dalam berdo’a

Kajian islam tentang berdo’a sepertiga malam terakhir termasuk salah satu waktu yang nyaman untuk berdo’a. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut suasana masih sepi. Dengan keadaan yang sepi jauh dari hiruk pikuk manusia ini, maka seorang hamba akan lebih khusyuk dalam memohon kepada Allah SWT. Bahkan karena begitu nikmatnya waktu ini tidak terasa air mata membasahi pipi dikala memanjatkan doa kepada Allah SWT Tuhan Semesta Alam.

Do’a lebih mudah terkabul

Dalam ceramah islam sering disinggung tentang keutamaan do’a malam yaitu permohonan lebih mudah terkabul. Pada waktu sepertiga malam terakhir, Allah SWT turun ke langit dunia. Allah SWT akan melihat secara langsung hamba-hamba Nya yang memanjatkan doa. Allah SWT berjanji akan mengabulkan permohonan dalam doa seorang hamba di sepertiga malam terakhir. Keterangan tersebut terdapat dalam sebuah hadits berikut ini :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْأَغَرِّ وَأَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Telah menceritakan kepada kami [Abdul Aziz bin Abdullah] telah menceritakan kepada kami [Malik] dari [Ibnu Syihab] dari [Abu Abdullah Al Aghar] dan [Abu Salamah bin Abdurrahman] dari [Abu Hurairah] radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Rabb kita Tabaraka wata’ala setiap malam turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir, lantas Dia berfirman; ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengijabahinya, siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya.” [2]


Catatan Kaki :

[1] Surat An-nisa(40) ayat 32

[2] H.R. Bukhori 5846 (shahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!