4 Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan!

0
31
haid

Amalan ramadhan saat haid – Bulan Ramadhan dilipatgandakannya semua amalan bagi kaum muslimin yang ikhlas menjalankan ibadah, termasuk bagi para muslimah yang sedang haid. Hal ini merupakan keistimewaan dari Allah SWT.  Walaupun haid menyebabkan ibadah seperti shalat wajib dan Sunnah tak bisa dijalankan, tapi porsi pahala tetap Allah berikan lewat jalan yang lain.

Sobat Cahaya Islam, haid tidak seharusnya menjadikan diri berhenti untuk mendulang pahala di bulan Ramadhan. Para muslimah juga dapat tetap menjalankan amalan lain selain shalat dna membaca AlQur’an.

Apa saja yang bisa dilakukan Para Muslimah Saat Haid ?

Terdapat beberapa rekomendasi amalan agar para kaum muslimah yang sedang haid tidak menjadi futur. Futur sendiri didefinisikan sebagai kondisi keimanan yang sedang menurun. Hal ini kadang menjangkiti hati para muslimah yang sedang haid. Amalan yang bisa dilakukan yakni, mengikuti majelis ilmu, berdzikir, murajaah atau bahkan belajar buku – buku islami.

4 Amalan Ramadhan Saat Haid

Berikut terdapat beberapa amalan bagi Sobat Cahaya Islam yang bisa dilakukan di rumah diantaranya adalah :

1. Berdzikir

Biasanya, dzikir dilakukan selepas mengakhiri shalat dan sebagai permulaan do’a. Para muslimah yang sedang berhalangan juga dapat melakukannya sepanjang waktu. Misal, momen ketika menyapu lantai, memasak dan mengurus keperluan berbuka. Jadikan dzikir sebagai sesuatu hal yang biasa dilisankan.

2. Perbanyak Muraja’ah

Bulan Ramadhan adalah bulan AlQur’an. Di bulan ini para sobat cahaya Islam pun juga menginginkan khatam berkali – kali bukan? Namun, planning tersebut bisa saja tertunda semisal sedang mengalami haid. Jangan khawatir, seharusnya hal tersebut tidak menjadi hambatan. Malah gunakanlah waktu haid untuk melakukan Muraja’ah.

Hal tersebut dimaksudkan agar hafalan yang sudah dijalankan tidak mudah hilang. Selain ituz mengistiqomahkan Muraja’ah adalah hal yang sangat sulit kan? Sehingga, Allah SWT pun juga memberikan kemaksimalan bonus berupa pahala jika umat bersungguh – sungguh melakukannya.

3. Datangi Majelis Ilmu

Selain berdzikir, jangan lupa pasang alarm untuk lebih sering mengunjungi majelis ilmu. Hal ini dimaksudkan agar para muslimah tetap belajar terkait khazanah Islam yang super luas. Waktu yang seharusnya digunakan buat sholat dan membaca Al – Qur’an bisa digantikan dengan mendatangi suatu majelis ilmu di musim pandemi seperti sekarang, jika tidak memungkinkan mencari kajian di luar rumah, kajian online juga dapat dijadikan pilihan.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

4. Perbanyak Bacaan Islami

Selain kajian, bekali diri dengan bacaan Islami. Mengapa harus melakukannya? Sebab, Allah SWT sangat mencintai da memuliakan para kaum yang berilmu. Dengan ilmu, umat muslim khususnya para muslimah akan mampu mencetak generasi peradaban untuk masa depan yan gemilang. Tentu hal ini adalah impian para calon ibu bukan?

Maka membaca buku adalah salah satu jalan membuka gerbang seseorang menjadi intelektual. Selain itu, membaca buku Islami juga merupakan hak yang produktif dibandingkan waktunya dipergunakan menonton suatu hal yang tak bermanfaat.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa rekomendasi amalan yang bisa dilakukan para muslimah saat musim haid melanda. Jangan khawatir karena tidak bisa melanjutkan shalat wajib dan tarawih. Sebab Allah SWT sudah mempersiapkan amalan lain yang bisa dilakukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY