Keutamaan Shalat Istikharah, Kaum Muslimin Harus Tahu Ini

0
215
Keutamaan Shalat Istikharah 1

Keutamaan shalat istikharah – Shalat istikharah merupakan jenis shalat atau amalan yang hukumnya sunnah untuk dilaksanakan. Biasanya kita mengenal shalat istikharah ini dengan tujuan untuk menentukan pilihan dengan tepat dari beberapa pilihan yang ada. Dalam islam kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah ini ketika bimbang untuk memastikan suatu pilihan.

Pelaksanaan dari shalat sunnah ini pun dapat dilakukan kapan saja. Namun, waktu malam hari seperti pelaksanaan shalat tahajud atau hajat dianggap lebih mustajab, Hanya saja, apabila kaum muslimin ingin melaksanakannya di waktu selain malam hari pun ini diperbolehkan. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa melaksanakan shalat istikharah juga ada keutamaannya lho.

Keutamaan Shalat Istikharah, Ini Yang Harus Diketahui Kaum Muslimin

Keutamaan Shalat Istikharah 2

Keutamaan shalat istikharah ada beberapa hal. Meskipun shalat ini merupakan amalan shalat sunnah, namun ternyata kita dapat memetik banyak manfaatnya. Hanya saja, shalat istikharah memang memiliki fungsi untuk dapat membantu kita menentukan pilihan ketika merasa bimbang atau bingung. Hal ini juga termasuk dalam anjuran Rasulullah SAW.

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Ini adalah salah satu ayat yang bermakna anjuran untuk melaksanakan sholat sunnah. Amalan sholat sunnah ini bukan hanya mendekatkan diri kita kepada Allah SWT namun juga dapat menjadi salah satu penyelamat dan penghapus dosa kita.

Lalu apa keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah menurut pandangan dalam islam?

Keutamaan Shalat Istikharah 3

Memberikan Ketenangan Diri

Dalam kebimbangan akan suatu pilihan, kita cenderung dilanda perasaan bingung dan juga tidak tenang. Hal ini karena ada kekhawatiran-kekhawatiran apakah sesuatu yang kita pilih ini benar atau salah. Namun, dengan melaksanakan shalat istikharah ini dapat memberikan ketenangan diri dan juga hati. Apalagi sama halnya dengan memasrahkan segala pilihan pada ketetapan Allah SWT. Tentunya kita akan merasa lebih tenang.

Mendapat Pilihan Takdir Terbaik

Sebagaimana tujuan untuk melaksanakan shalat istikharah, yang tidak lain adalah agar mendapatkan keyakinan untuk menentukan suatu pilihan. Maka shalat sunnah ini dapat menjadi jalan untuk mendapatkan pilihan takdir yang terbaik. Allah akan menunjukkan dengan berbagai cara pilihan mana yang seharusnya baik untuk kita pilih. Dengan begitu, kita dapat menjalani takdir yang sesuai dengan ketetapan-Nya tentu saja.

Anjuran Rasulullah SAW

Shalat sunnah istikharah ini adalah salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sehingga dengan melaksanakannya, itu artinya kita mengamalkan apa yang Rasulullah anjurkan. Selain itu, kita juga dapat memetik kebaikan dari amalan sunnah yang kita kerjakan tersebut.

Keutamaan shalat istikharah – Keutamaan dari amalan sunnah shalat istikharah ini ternyata bukan hanya untuk membantu kita menentukan pilihan. Melainkan juga memberikan ketenangan diri dan juga menjadi salah satu amalan untuk mendekatkan diri lebih dekat kepada Allah SWT. Maka dari itu sobat CahayaIslam, yuk kita mengamalkannya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Hud Ayat 114

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY