Zakat Fitrah Online, Bagaimana Cara Membayarnya?

0
22
zakat fitrah online

cahayaislam.id – Zakat fitrah merupakan kewajiban atas setiap jiwa baik lelaki maupun perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan hingga menjelang shalat ied.

Selain dibayarkan langsung, zakat fitrah online juga bisa menjadi opsi di tengah pandemic. Lalu, bagaimana caranya?

Biasanya, kita membayar zakat fitrah dengan mendatangi masjid terdekat atau Lembaga amil zakat yang bisa dipercaya atau amanah. Adapun besarnya zakat yang wajib untuk dikeluarkan adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per orang.

Jika menggunakan uang, maka bisa ditunaikan setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Yang mana nominalnya harus menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Cara Membayar Zakat Fitrah Online

Nah, Sobat Cahaya Islam, di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menunaikan pembayaran zakat fitrah secara online melalui dua platform yang ada di Indonesia. Demikian ulasannya.

1.      Melalui BazNas

BazNas atau Badan Amil Zakat Nasional adalah Lembaga penghimpun serta penyalur zakat di Indonesia. Kini pun telah membuka layanan pembayaran zakat lewat jalur online.

Bagaimana caranya?

Pertama, kunjungi laman https://baznas.go.id/bayarzakat

Lalu pilih jenis dana dan isi jumlah zakat sesuai dengan yang akan dibayarkan. Masukkan jumlah nominal sebagaimana ketentuan isi data diri pembayar, yakni berupa nama lengkap, alamat email dan nomor telepon yang berstatus aktif.

Setelah itu, ikuti petunjuk pembayaran hingga transaksi selesai. Bisa melalui w-wallet, virtual account, atau transfer bank.

2.      Melalui Dompet Dhuafa

zakat fitrah online

Selain melalui BazNas, ada platform lain yaitu Dompet Dhuafa. Situs ini juga memberikan layanan pembayaran zakat secara online. Ikuti prosedurnya dengan cara-cara berikut ini:

Pertama, kunjungi laman https://donasi.dompetdhuafa.org/

Lalu pilih kolom donasi, serta isi dengan pilihan ‘zakat’. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi jumlah nominal zakat fitrah yang akan dibayarkan.

Setelah itu, lengkapi data diri pembayar zakat mulai dari nama lengkap, alamat email dan nomor telepon yang berstatus aktif.

Kemudian pilih metode pembayaran melalui online payment atau transfer bank. Klik ‘Donasi Sekarang’.

Melalui Lembaga Zakat NU

Kita juga bisa melakukan kewajiban menunaikan zakat fitrah melalui Lembaga zakat yang dikelola oleh PBNU bernama NU Care-LazizNU secara online. Demikian caranya.

Pertama, kunjungi laman nucare.id

Lalu pilih menu ‘zakat’, pilih ‘zakat fitrah’, masukkan data diri pembayar zakat, mulai dari nama lengkap, alamat email dan nomor telepon yang berstatus aktif. Kemudian kita bisa melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan.

Melalui Lembaga Zakat Muhammadiyah

zakat fitrah online

Selanjutnya, kita juga bisa memilih Lembaga Zakat yang dikelola oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah atau disebut Lazismu dengan cara online.

Pertama, kunjungi laman lazismu.org

Lalu pilih menu ‘zakat’, pilih ‘zakat fitrah’, masuk ke kolom hitung kalkulator digital zakat, isi data lengkap pembayar zakat mulai dari nama lengkap, alamat email dan nomor telepon yang berstatus aktif.

Yang terakhir, tunaikan pembayaran sesuai dengan nominal yang telah ditentukan.

Sedangkan golongan yang berhak menerima zakat dirangkum dalam firman Allah SWT:

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah:60)

Demikian di atas adalah ulasan mengenai cara melakukan pembayaran zakat fitrah online melalui beberapa platform Indonesia yang telah tersedia dan siap melayani. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY