Bahasa Arab Harus Dipelajari Muslim, Ini 7 Alasannya

0
120
bahasa arab

Bahasa Arab – Umat Islam pasti tidak asing dengan Bahasa Arab. Sebab Al-Qur’an, bacaan doa semuanya berbahasa Arab. Rasulullah juga seorang penutur Arab asli. Bukan sesuatu yang mengherankan apabila Sobat Cahaya Islam mempelajari bahasa ini, meskipun tidak tinggal di Arab.

Malah, sebaiknya kita mempelajari bahasa Arab, sehingga kita bisa paham bahasa ini dan tentunya bisa berbicara Arab. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya seorang muslim mempelajari bahasa ini.

bahasa arab

Alasan Harus Mempelajari Bahasa Arab

1. Al-Quran Berbahasa Arab

Mempelajari bahasa ini memiliki keutamaan tentunya. Kitab umat Islam seluruh dunia, yaitu Al-Quran diturunkan dengan berbahasa Arab. Bahkan di dalam kitabullah keistimewaan bahasa ‘Arab disebutkan lebih dari 10 ayat.

Itulah mengapa belajar bahasa ‘Arab memili keutamaan. Salah satunya keseluruhan surat dan ayat Al-Qur’an menggunakan Bahasa ‘Arab. Menurut Ibnu Taimiyah, bahasa ‘Arab merupakan syiar Islam dan syiar kaum muslimin.

2. Lebih Mudah Memahami Isi Al-Quran

Al-Quran diturunkan berbahasa Arab. Sobat Cahaya Islam akan lebih mudah menghapalkan, memahami, dan mengamalkan isi Al-Quran apabila fasih serta paham berbahasa Arab.

Dengan memahami Bahasa Arab, kita juga lebih bisa memahami hadist-hadist Rasulullah SAW. Jadi, mempelajari bahasa ‘Arab sangat penting, khususnya bagi muslimin. Allah berfirman dalam sebuah ayat, Dia menurunkan AL-Quran dengan bahasa ‘Arab agar kita (manusia) memahaminya.

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ قُرْءَٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Arti: Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (QS. Yusuf ayat 2)

3. Lebih Memahami Islam

Pemahaman terhadap bahasa ‘Arab terutama kaidah ilmu nahwu akan membuat seseorang jauh lebih memahami Islam. Bagi pendakwah, ustadz, kyai wajib hukumnya menguasai bahasa ‘Arab. Karena dalam menyampaikan dakwah ke masyarakat luas, para pendakwah harus paham ilmu-ilmu serta kitab-kitab karya ulama yang kebanyakan berbahasa Arab.

bahasa arab

4. Sebuah Bahasa Penuh Kelembutan

Siapa yang tidak tentram hatinya saat mendengar lantunan ayat Al-Quran yang berbahasa Arab. Bahasa ‘Arab merupakan bahasa yang penuh kelembutan, menentramkan jiwa bagi siapapun yang mendengarnya. Sebab bahasa ini memiliki kefasihan bahasa tingkat tinggi, luas maknanya, jelas, dan memiliki makna yang menentramkan jiwa.

bahasa arab

5. Mudah Memperoleh Ilmu dari Karya Ulama

Para ulama besar pasti memiliki karya kitab yang ilmunya dituliskan di kitab tersebut. Para ulama yang memiliki kedalaman ilmu agama tinggi menuliskannya dengan bahasa Arab. Jika kita ingin mempelajari kitab karya para ulama besar, sangat mudah bila menguasai bahasa Arab.

Sebaliknya sulit bahkan tidak bisa membaca secara langsung kitab tersebut kalau tidak bisa bahasa ‘Arab sama sekali. Mungkin masih bisa mendapatkan ilmunya melalui kitab terjemahan. Inilah salah satu alasan mengapa bahasa Arab harus dipelajari dan dipahami oleh seorang muslim.

6. Bahasa Paling Mulia

Tidak ada bahasa paling mulia selain Bahasa Arab di dunia ini. Mengapa disebut sebagai bahasa paling mulia? Al-Quran merupakan kitab paling mulia, ia diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, dan diajarkan oleh Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat termulia, diturunkan di tempat yang paling dimuliakan di bumi, serta diturunkan di bulan yang paling mulia, yaitu bulan Ramadhan.

7. Bahasa yang Lurus dan Mudah Dipahami

Bahasa “Arab adalah bahasa yang lurus, tidak ada kebengkokan di dalamnya. Dan juga sebuah bahasa yang mudah dipahami. Sangat mudah digunakan sebagai bahasa hukum bagi umat manusia.

Sobat Cahaya Islam, itulah alasan mengapa muslim harus mempelajari Bahasa Arab. Bahasa ‘Arab adalah bahasa yang memiliki keutamaan dan kemuliaan dibanding bahasa lainnya

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!