Olahraga Yoga Mampu Hilangkan Kecemasan, Begini Cara Kelola Rasa Cemas Menurut Islam

0
31
Olahraga Yoga 1

Olahraga yoga – Dalam beberapa waktu terakhir, yoga menjadi salah satu olahraga yang cukup digandrungi. Yoga bukan hanya dipercaya bisa membantu menyehatkan tubuh namun juga bisa membantu untuk menghilangkan stress hingga kecemasan. Dan untuk melakukan olahraga yoga ini tidaklah sulit. Yoga bukan hanya soal gerakan-gerakan yang rumit. Namun melatih untuk konsentrasi, mengatur nafas ataupun olah tubuh. Selain itu juga membuat kualitas hidup kita meningkat lho.

Olahraga Yoga 2

Olahraga yoga bisa dilakukan dengan mudah dengan gerakan yang sederhana. Ini bisa menyehatkan tubuh dan juga membantu melepaskan kecemasan. Dalam kehidupan, hal yang lumrah jika seseorang merasakan cemas akan sesuatu. Namun tentu saja cermas yang berlebihan bisa mengganggu. Apalagi dalam islam sendiri, kaum muslimin dianjurkan untuk tidak berlebihan akan sesuatu. Begitu juga ketika merasa cemas, ini tidak seharusnya dilakukan dengan berlebihan.

Olahraga Yoga Mampu Hilangkan Kecemasan, Begini Cara Kelola Rasa Cemas Menurut Islam

Olahraga Yoga 1

Olahraga yoga mampu menghilangkan rasa cemas juga lho sobat CahayaIslam. Kegiatan olahraga biasanya dilakukan agar tubuh menjadi sehat. Sementara olahraga seperti yoga ini bisa membantu hilangkan stress atau kecemasan. Ini akan sangat membantu seseorang yang bermasalah dengan rasa cemas dalam kehidupan sehari-hari. Dan lagi islam juga tidak menganjurkan kaum muslimin untuk melakukan sesuatu berlebihan, begitu juga dengan rasa cemas.

Dalam kehidupan, hal yang lumrah ketika kita merasakan kesedihan atau rasa cemas. Namun untuk tidak berlebihan dalam hal itu, kita juga harus mengetahui bagaimana untuk mengelola rasa cemas. Sehingga kecemasan yang dirasakan tidak mengganggu ya sobat CahayaIslam. Beberapa hal ini adalah cara mengelola rasa cemas dengan baik.

Mengingat Allah SWT

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.(1)

Agar terhindar dari kecemasan yang berlebihan, maka ingatlah Allah SWT. Dengan mengingat Allah, saat itulah kita tahu bahwa banyak hal yang terjadi pun kita masih memiliki Allah. Dan ini tercermin dalam ayat Al Quran dimana dengan mengingat Allah akan membuat hati merasa tenang.

Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Hati

Untuk mengelola rasa cemas bisa dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya dengan olahraga yoga misalnya, atau melakukan hobi lainnya. Pastikan mencari kegiatan yang bermanfaat dan membuat suasana hati menjadi baik. Dengan begitu kita akan melupakan perasaan cemas yang dialami, atau setidaknya mengurangi perasaan cemas yang berlebihan.

Positive Thinking

Ini juga membantu untuk mengendalikan kecemasan. Saat cemas melanda, itu artinya ada beberapa hal yang mungkin sedang kita khawatirkan atau mengganggu pikiran kita. Itulah kenapa kita perlu berpikiran yang positive. Ini berguna untuk menjauhkan dari kecemasan berlebihan.

Olahraga yoga – merupakan olahraga yang bisa membantu berikan ketenangan. Sehingga kecemasan bisa hilang. Sobat CahayaIslam juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengelola kecemasan yang berlebihan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Az-Zumar Ayat 23

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY