Kisah Inspiratif Harun Al-Rasyid Tentang Keagungan Pemberian Allah

0
965

Kita, manusia yang penuh dengan dosa memang memiliki pandangan yang jauh dari mulianya pandangan Rasulullah maupun Allah dzat yang maha segalanya. Kita selalu memandang segala sesuatu dari nilai, bukan hikmah dibalik hal tersebut. Kita selalu memandang pemberian dan nikmat berdasarkan materi semata, namun melupakan banyak sekali aspek lain yang bahkan lebih agung dan mulia dari pada materi. Untuk mengubah cara pandang kita, kali ini kami akan memberikan kisah inspiratif Harun Al-Rasyid tentang keagungan pemberian Allah.

Segelas Air dan Pertanyaan penasehat kerajaan

Cerita ini dimulai ketika raja Harun Al-Rasyid merasa kehausan pada suatu siang yang memang cuacanya dilanda panas yang tidak seperti biasanya. Raja Harun Al-Rasyid meminta kepada salah satu pelayannya untuk dibawakan segelas air untuk menyembuhkan dahaganya. Setelah segelas air itu disajikan dihadapan beliau, penasehat kerajaan yang berada disisi beliau mengajukan pertanyaan kepada beliau sebelum beliau hendak meminum segelas minuman tersebut.

Dalam Kisah Inspiratif Harun Al-Rasyid yang banyak diceritakan oleh alim ulama yang kami temui, kami mendengar jelas bahwa dalam cerita tersebut penasehat itu bertanya kepada Raja Harun Al-Rasyid “Wahai Baginda Raja Harun Al-Rasyid, Bagaimana bila anda sedang haus seperti saat ini, namun tidak ada air yang bisa anda minum?”

Raja Harun Al-Rasyid menjawabnya dengan lantang “Bila hal itu terjadi, maka niscaya aku akan menggunakan kekuasaanku untuk mendatangkan air untuk diminum!” – Setelah menjawab demikian, beliau meminum segelas ar dihadapannya.

Tidak berhenti disitu saja. Sesaat setelah melihat Raja Harun Al-Rasyid meminum minuman tersebut, Penasehat itu kembali mengajukan pertanyaan kepada Raja “Wahai Baginda Raja Harun Al-Rasyid, lalu bagaimana bila air yang baginda minum tersebut tidak bisa dikeluarkan dari tubuh anda? Apa yang akan baginda lakukan” – tambah penasehat tersebut

Mendengar pertanyaan seperti itu, Raja harun Al-Rasyid kembali menjawab dengan jawaban yang sama dengan pertanyaan pertama “Bila hal itu terjadi, niscaya aku akan menggunakan pula kekuasaanku untuk mendatangkan mereka para tabib untuk mengeluarkan air ini dari tubuhku” – ujar Raja Harun Al-Rasyid dengan tegas.

Apa yang bisa dipetik dari cerita ini?

Tentu ada banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dari Kisah Inspiratif Harun Al-Rasyid diatas. Salah satunya adalah tentang agungnya pemberian dari Allah kepada kita. Dalam kisah Raja Harun Al-Rasyid ini, beliau selalu menjawab setiap pertanyaan penasehatnya dengan jawaban “menggunakan kekuasaannya” untuk mengatasi perkara air dan kesehatan (tidak bisa mengeluarkan air dari dalam tubuh). Jadi pada intinya, kita tidak bisa membandingkan kekuasaan kita bahkan hanya dengan sedikit nikmat pemberian dari Allah berupa segelas air. Dan jangan lupakan kesehatan yang senantiasa diberikan Allah kepada kita.

Betapa agung dan maha dahsyatnya pemberian dari Allah. Tetapi apa yang kita telah berikan kepadaNya. Kita malah sering mengeluh “kenapa ya? Keinginan kita masih banyak yang belum terkabul?”. Kita masih sering mengatakan bahwa Allah tidak adil. Kita masih kurang bersyukur kepada Allah. Kita masih banyak melakukan dosa-dosa dan kesalahan yang bahkan terus kita ulangi walaupun kita tahu hukum dan konsekuensinya. Nah, untuk itu sobat Cahayaislam, marilah kita bersama-sama mulai membenahi diri menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi. Lebih dekat dengan Allah dan lebih banyak bersyukur serta mengurangi sikap mengeluh kita. Semoga kisah inspiratif Harun Al-Rasyid ini bisa sama-sama kita ambil hikmahnya. Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!