4 Cara Membaca Pertanda dari Allah

0
914

Sebenarnya Allah selalu memberikan pertanda kebesaranNya kepada kita! Namun hanya saja kita sebagai manusia yang serba kekurangan dan merupakan tempat dari dosa dan kesalahan ini seringkali tidak peka dan tidak menyadari bahwa hal-hal yang terjadi disekeliling kita ini pada dasarnya atas kehendak dari Allah. Ketidak mampuan kita dalam membaca pertanda dari Allah itulah yang kemudian menjadikan kita melenceng dari rahmat Allah, sering merasa bahwa Allah itu tidak adil, dan bahkan sering menyalahkan Allah atas kemalangan yang terjadi dalam hidup kita.

Tentunya sobat Cahayaislam tidak mau dong menjadi hamba-hamba Allah yang selalu mengeluh kepada Allah dengan bodohnya, namun tidak menyadari bahwa Allah telah banyak memberikan rahmat dan pertandaNya kepada kita? – Ada 4 cara yang oke yang bisa sobat Cahayaislam lakukan untuk bisa membaca pertanda dari Allah. Kami akan jelaskan detail dibawah:

Menyadari bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah

Sebagai orang islam yang mengaku beriman, kita tahu bahwa ada rukun iman yang mengharuskan kita untuk percaya kepada Takdir. Kita harus percaya bahwa Allah sang penguasa alam semesta ini telah menuliskan ketentuan-ketentuan yang akan terjadi kepada setiap makhluknya di dunia ini. Menyadari bahwa segala hal di dunia ini terjadi karena kehendak Allah adalah salah satu cara jitu untuk bisa membaca pertanda dari Allah.

Menyadari ketentuan-ketentuan Allah disini oleh para ulama juga bisa diartikan sebagai sifat ikhlas dalam menjalani hidup. Bisa menerima dengan hati yang lapang bila mungkin sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi kepada kita dan percaya bahwa itu terjadi karena kehendak Allah. Atau bisa juga belajar ikhlas melepaskan sesuatu dengan ikhlas, seperti yang telah kami ulas dalam artikel kami disini.

Bertanya kepada diri sendiri dan berkontemplasi

Untuk bisa membaca pertanda dari Allah, sesekali kita perlu merenung dan berdiam diri. Menengadahkan pandangan keatas dan bertanya kepada diri kita sendiri tentang arti hidup yang dianugerahkan Allah kepada kita ini. Kita harus berkontemplasi dan sadar betul bahwa Allah adalah pembuat skenario yang terbaik dalam hidup kita. Hal yang menurut kita baik belum tentu baik dimata Allah.

Sama halnya dengan kesuksesan kita dalam hidup ini. Cara Allah memberikan rahmat kesuksesan untuk kita tidak selalu diiringi dengan alunan musik nan merdu atau datang bersama para wanita dengan paras cantik bersamanya. Kadang bahkan rahmat Allah datang bersama suatu hal yang kita benci. Ada satu kisah inspirasi yang telah kita ulas dikesempatan sebelumnya tentang hal ini. Yakni cerita katak kecil dan hujan.

Husnudzon billah (Berprasangka baik kepada Allah)

Berprasangka baik kepada Allah adalah salah satu sifat orang iman. Allah secara langsung bahkan memerintahkan kita orang-orang beriman untuk menjauhi prasangka buruk dalam surat Al Hujurat 12, karena berprasangka buruk adalah dosa dan tidak bermanfaat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

kita mengenal pula istilah “Allah bersama prasangka hambanya”. Lalu untuk apa kita berprasangka buruk kepada Allah bila kemudian dari prasangka tersebut kita malah tertimpa kemalangan dan tidak tenang? Bila sobat ingin bisa membaca pertanda dari Allah, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk lebih Husnudzon billah.

Membudayakan Bersyukur dan Istirja’

Tips keempat untuk bisa membaca pertanda dari Allah adalah dengan membiasakan dua ucapan ini (1) Hamdallah (ucapan syukur) dan (2) Istirja’ (ucapan bila terkena musibah atau cobaan). Kedua hal ini saling menguatkan dan berhubungan erat dengan tips poin pertama, yakni menerima dan percaya bahwa segala hal di dunia ini adalah karena kehendak Allah. Yang bisa kita manusia lakukan adalah mencoba untuk tawakkal dan mengembalikan semuanya kepada Allah karena Allah itu maha luas pengetahuannya. Semoga bermanfaat!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!