Zac Efron Oplas Wajah, Bolehkah Ditiru Oleh Kaum Muslimin?

0
25
Zac Efron

Zac Efron – Zac Efron adalah aktor sekaligus penyanyi Amerika yang cukup terkenal. Baru – baru ini dia diberitakan telah melakukan olas pada wajah sehingga tampak jelas terdapat perbedaan dengan struktur wajah sebelumnya. Terlepas dari benar dan tidaknya, ternyata trend oplas wajah itu sendiri memiliki daya tarik di mata kaum muslimin.

Sobat Cahaya Islam, fakta terkait oplas wajah ini perlu dikaji hukumnya sebelum umat menjadi latah. Pasalnya, kaum muslimin tidak mungkin melakukan suatu hal tanpa melihat bagaimana Islam memandangnya.

Bagaimana Hukum Oplas Wajah dalam Islam?

Zac Efron

Secara sederhana operasi oplas (operasi plastik) wajah adalah upaya menurut Ilmu Kedokteran yang ingin merekonstruksi bagian pada wajah. Biasanya, oplas ini dilakukan apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan struktur wajah mengalami kerusakan, luka bakar dan musibah yang terjadi pada wajah.

Namun, lambat laun fungsi oplas berganti menjadi wasilah untuk merubah wajah yang tak sesuai dengan keinginan alias menginginkan kecantikan secara instan. Misal, jika Sobat Cahaya Islam merasa kurang percaya diri dengan hidung yang tak terlalu mancung, oplas dapat membantu menjadikan hidung lebih mancung.

Padahal, sejatinya kemuliaan kaum muslimin tidak distandarkan pada cantiknya rupa wajah, melainkan derajat ketaqwaan yang dimiliki. Selain itu, melakukan oplas wajah tanpa niat yang syar’i akan menjadikan diri terjerumus pada ketidakyakinan akan ciptaan Allah SWT terhadap makhluknya.

Islam pun telah jelas melarang dan mengharamkan umat muslim untuk operasi wajah dengan tujuan mempercantik diri. Seharusnya umat muslim tidak tersibukkan dengan hal semacam ini. Sebab definisi cantik dalam Islam adalah muslimah yang rajin merawat akal dengan tsaqafah Islam dan berkarakter Islam.

Syaikh Muhammad bin Shalih menuturkan bahwa terdapat keharaman pada seseorang yang melakukan operasi plastik dengan tujuan kecantikan (Fatawa Islamiyyah 412). Keharaman ini didadasarkan pada firman Allah SWT dalam surat An – Nisa ayat 19 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا 

Wahai orang-orang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

Maka dari itu, mengubah wajah hanya mengejar kecantikan diharamkan karena sama saja hal tersebut menggugat ciptaan Allah SWT. Jika dilanggar, tentu operasi wajah yang sudah dilakukan umat muslim tak akan diridhoi bahkan terkesan menantang Allas SWT.

Bagaimana Umat Muslim Menghindari Trend Operasi Plastik Seperti Zac Efron?

Umat muslimin adalah umat yang terbaik seperti yang Allah SWT janjikan dan diabadikan dalam surat Ali Imron. Namun, aspek terbaik ini masih belum terwujud karena faktanya hari ini masih banyak didapati umat yang melanggar Syariat Islam bahkan ada yang melakukan kriminalisasi terhadap para ulama’.

Taqarrub Ilallah

Zac Efron

Aktivitas kebaikan adalah lawan dari kebathilan. Maka, agar pola pikir umat muslim tidak dirasuki dengan trend operasi plastik pada wajah, seringlah berkomunikasi dengan Allah SWT. Komunikasi tersebut bisa dalam bentuk shalat maupun dzikir.

Nah Sobat Cahaya Islam, begitulah penjelasan Islam mengenai oplas wajah seperti Zac Efron secara sederhana. Agar tidak mudah terjerumus cobalah berkonsultasi secara langsung pada asatidz yang secara sukarela mau menasehati umat muslim. Jangan sampai aktivitas yang dilakukan malah mendatangkan suatu keburukan. Tentu, Sobat Cahaya Islam akan sangat merugi dan menyesal di akhir kehidupan. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY