Yuk, Raih Bersama Keistimewaan Olahraga

0
25
Keistimewaan Olahraga

Keistimewaan Olahraga – Olahraga adalah hal wajib yang harus umat lakukan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan. Keistimewaan olahraga sangat banyak sehingga umat akan sangat merugi bila tak memanfaatkannya dengan baik.

Sobat Cahaya Islam, keistimewaan olahraga di masa sekarang tentu tak akan pernah terganti nikmatnya. Sebab selain menyehatkan fisik, olahraga juga dapat menjadikan mental menjadi tenang dan tak gampang stress. Nah, selain itu apa aja ya?

Apa Saja Keistimewaan Olahraga Bagi Umat Islam?

1.    Menjernihkan Hati

Salah satu keistimewaan terbesar yang umat dapatkan yakni kejernihan hati dan pikiran. Menurut berbagai peneliitan terpercaya, orang yang seringkali berolahraga dapat menjernihkan hatinya sebab segala permasalahan yang dimiliki telah dialihkan ke seluruh tenaga yang ia pergunakan untuk olahraga. Wah, mantap ya?

Selain itu, Olahraga juga dapat melatih umat untuk senantiasa menjaga imunitas tubuh melalui keistiqomahan dalam berolahraga. Hal ini terjadi sangat urgen, apalagi di masa pandemi yang tak kunjung usai.

2.    Menyehatkan Badan

Selain menjernihkan hati, olahraga juga dapat menjadikan badan lebih sehat. Kebugaran pada badan adalah suatu hal yang sangat berharga di masa sekarang. Sebab umat dapat melaksanakan segala aktivitas dengan tenang serta nyaman bila keadaan badannya sehat.

3.    Sama Dengan Menyegerakan Sunnah

Selain kedua hal di atas, ternyata olahraga juga termasuk salah satu aktivitas yang Rasulullah SAW laksanakan di masa hidup beliau serta termasuk dalam kategori aktivitas yang dapat umat tiru. Hal ini bermakna, berolahraga dapat menjadikan umat memiliki pahala sunnah dari Allah SWT. Wah, beruntung ya!

Apa Olahraga Sunnah Menurut Anjuran Rasulullah SAW?

Walaupun olahraga termasuk aktivitas yang sunnah, namun umat juga perlu mengtahui bahwa tak semuanya sunnah. Berikut beberapa olahraga yang Rasulullah SAW sunnahkan untuk umat laksanakan di antaranya adalah :

1.    Berenang

Keistimewaan Olahraga

Salah satu olahraga yang Rasulullah SAW anjurkan yakni berenang. Secara ilmiah berenang ternyata memilliki banyak manfaat. Misalnya dapat menyehatkan jantung serta memperpanjang tinggi badan. Selain itu, berenang juga dapat umat gunakan untuk melatih pernafasan agar terhindar dari penyakit asma.

2.    Memanah

Memanah merupakan salah satu olahraga yang jarang umat lakukan. Sebab, alat serta medan lapangan kadang sulit untuk dicari. Selain itu, memanah juga tak dapat umat lakukan secara serampangan.

Alhamdulillah, di beberapa masjid perkotaan serta kampus, memanah menjadi salah satu cabang olahraga yang terwadahi. Kalau di kampus, memanah juga dapat ikut dalam kategori UKM kampus. Sedangkan di masjid maupun di lembaga keislaman memanah menjadi salah satu olahraga di akhir pekan.

3.    Berkuda

Keistimewaan Olahraga

Selain kedua olahraga diatas, berkuda juga merupakan olahraga yang perlu umat coba. Sebab, selain menantang olahraga ini juga menuntut adanya keikhlasan serta kesabaran dalam mempelajarinya. Jika diri tak pandai mengontrol emosi, alih – alih lancar malah sang kuda akan mengamuk. Harus hati – hati ya!

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai keistimewaan olahraga dalam pandangan Islam serta beberapa rekomendasi aktivitas olahraga yang dapat umat lakukan. Semoga, umat dapat menjadi umat terbaik dari segala sisi baik dari segi fisik maupun pemikirannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY